BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gawat, Barcelona Disebut Bisa Seperti Milan dan Manchester United

18-07-2020 03:31 | Dimas Ardi Prasetya

Skuat Barcelona (c) AP Photo Skuat Barcelona (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona saat ini bisa menjadi AC Milan atau Manchester United yang baru dan tak akan bisa bersaing merebut trofi juara, menurut Victor Font.

Barcelona sempat memuncaki klasemen La Liga pada musim 2019-20 ini. Akan tetapi mereka kemudian terpeleset.

Real Madrid lantas berhasil melakukan kudeta. Barca ternyata tak kunjung bisa membenahi performanya untuk bisa bersaing melawan Los Blancos.

Hal ini berakibat fatal. Lionel Messi dkk dikalahkan oleh Madrid dalam perburuan trofi La Liga.

1 dari 2 halaman

Terancam Ikuti Jejak AC Milan dan Manchester United

Kegagalan Barcelona pada musim ini disoroti oleh Victor Font. Ia pun mengaku saat ini di benaknya ada kekhawatiran yang besar.

Ia takut Barca bisa jadi seperti AC Milan dan Manchester United, yang gagal bersaing meraih trofi juara dalam beberapa tahun terakhir ini. Maka dari itu ia mendesak adanya perubahan besar dalam klub.

"Persaingan selama dekade terakhir telah menjadi semakin dan semakin profesional. Anda lihat di Premier League dengan klub-klub yang dikelola dengan baik, dan bahkan 'negara-negara' yang memiliki klub [merujuk pada PSG dan Manchester City] menyimpan banyak uang pada saat di mana keuangan klub dan model ekonomi diperluas hingga batasnya," serunya pada BBC.

"Kecuali jika kita melakukan apa yang kita coba, Barca memiliki risiko menjadi Milan baru atau Manchester United," cetus Victor.

2 dari 2 halaman

Merosotnya AC Milan dan Manchester United

AC Milan merupakan salah satu klub terbesar Italia dan salah satu raksasa Eropa. Mereka mengoleksi tujuh gelar Liga Champions sejauh ini dan 18 gelar Serie A.

Namun mereka terakhir kali jadi juar Serie A pada tahun 2011 dan Liga Champions pada 2007. Milan terakhir bermain di Eropa pada tahun 2014. Prestasi mereka merosot karena faktor finansial.

Sementara itu Manchester United merupakan salah satu tim terbesar dan tersukses di Inggris. Mereka terakhir jadi juara Liga Champions pada tahun 2008.

Kemudian di Premier League, mereka terakhir kali jadi juara pada musim 2012-13. Prestasi mereka kemudian merosot setelah ditinggalkan Sir Alex Ferguson.

Victor Font sendiri merupakan salah satu calon kandidat Presiden Barcelona. Ia akan bersaing dengan Josep Maria Bartomeu pada pemilihan presiden klub yang akan digelar pada tahun 2021 mendatang.

(BBC)

KOMENTAR