BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gara-Gara Hal Ini, Mauricio Pochettino Batal Jadi Pelatih Barcelona

23-03-2021 08:59 | Aga Deta

Mauricio Pochettino (c) AP Photo Mauricio Pochettino (c) AP Photo

Bola.net - Eric Abidal mengungkapkan bahwa Mauricio Pochettino sempat menjadi pilihan nomor satu untuk menggantikan Ernesto Valverde di Barcelona. Akan tetapi, pernyataan yang pernah dibuat Pochettino pada tahun 2018 membuat hal itu urung terjadi.

Pochettino saat ini sedang bertugas di PSG. Ia mengambil alih raksasa Prancis itu pada bulan Januari lalu setelah cukup lama menganggur usai meninggalkan Tottenham pada November 2019.

Sebelumnya Pochettino juga cukup santer dikaitkan dengan Barcelona. Ia masuk dalam bursa calon pelatih baru Blaugrana untuk menggantikan Ernesto Valverde.

Valverde dipecat oleh Barcelona pada Januari 2020 lalu. Serangkaian hasil buruk membuat mantan pelatih Athletic Bilbao itu harus angkat kaki dari Camp Nou.

1 dari 3 halaman

Pochettino Diinginkan Barcelona

Mantan direktur olahraga Barcelona Eric Abidal mengungkapkan bahwa dirinya sebenarnya menginginkan Pochettino untuk menggantikan Valverde. Namun, pihak klub akhirnya menunjuk Quique Setien.

“Dalam daftar saya ada Mauricio Pochettino, Quique Setien, Max Allegri dan Xavi Hernandez,” kata Abidal kepada The Telegraph.

“Quique ditunjuk, tapi pilihan pertama saya adalah Pochettino. Saya mengatakan kepada dewan,'Saya harus membawa pelatih terbaik yang kami bisa di bursa. Saya di sini bukan untuk politik karena dia sebelumnya di Espanyol'.

"Bagi saya, ini bukan politik. Saya menginginkan yang terbaik dan Pochettino adalah salah satu yang terbaik dalam sepak bola."

2 dari 3 halaman

Filosofi Pochettino

Abidal menilai Pochettino memiliki filosofi bermain yang bagus. Karena itu, Pochettino dinilai sangat cocok untuk melatih Lionel Messi dan kolega.

"Dia mencapai final Liga Champions bersama Tottenham, Anda harus menghormati ini," lanjutnya.

"Dia memiliki filosofi bermain yang baik, filosofi latihan yang baik, para pemain menyukainya dan saya pikir dia akan menjadi pelatih yang lebih baik sekarang untuk situasi ini, tetapi dengan proyek yang nyata."

3 dari 3 halaman

Pochettino Tak Hormati Barcelona

Saat masih di Tottenham, tepatnya pada 2018, Pochettino pernah menyatakan bahwa dirinya tidak akan pernah melatih Barcelona di masa depan. Saat itu Pochettino mengatakan bahwa dia memilih bekerja di ladang daripada melatih Blaugrana.

"Saya lebih baik bertani di Argentina daripada bekerja di tempat itu (Barcelona)," kata Pochettino.

Pochettino sudah meralat penyataannya tersebut. Namun, pernyataannya tersebut ternyata tidak bisa diterima oleh petinggi Barcelona.

“Saya tahu ada masalah politik karena saya memberikan argumen saya kepada dewan dan beberapa jawaban difokuskan pada Espanyol dan bukan pada bagian teknis," beber Abidal.

"Dan saya pikir karena dia melakukan wawancara beberapa tahun lalu. Saya tidak akan mengatakan dia berbicara buruk tentang klub, dia mengatakan sesuatu tentang pergi ke Argentina terlebih dahulu sebelum dia akan melatih Barcelona.

"Ini adalah masalah bagi ego beberapa orang dan mereka berkata 'tidak karena dia tidak menghormati klub'."

Sumber: Football Espana

KOMENTAR