BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ganjilnya Cedera Ousmane Dembele, Barcelona Salah Langkah?

12-02-2020 08:30 | Richard Andreas

Ousmane Dembele. (c) AFP Ousmane Dembele. (c) AFP

Bola.net - Ousmane Dembele dipastikan tidak bisa membela Barcelona hingga enam bulan ke depan. Penyerang Prancis ini baru saja menuntaskan operasi untuk cedera otot paha kaki kanannya.

Kehilangan Dembele sampai setengah tahun jelas merugikan. Untungnya, Barca sekarang diizinkan mendatangkan pemain baru sebagai pengganti. Dengan syarat pemain itu terdaftar di sepak bola Spanyol.

Memang Dembele mungkin bisa pulih lebih cepat dari yang diperkirakan, tapi tetap saja Barca merugi. Sejak pertama kali tiba di Camp Nou, Dembele mungkin lebih sering cedera daripada bermain.

Kasus cedera Dembele ini pun cukup aneh. Mengapa? Baca halaman berikutnya ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Cedera di Tempat Terbaik

Cedera panjang Dembele ini tidak datang tiba-tiba. Sejak awal musim dia sudah cedera beberapa kali, pulih sebentar, lalu menepi lagi. Artinya, ada kemungkinan Barca keliru mengelola cedera Dembele.

Kasus ini terbilang aneh dan mencoreng reputasi Barca. Selama bertahun-tahun, Barcelona dikenal sebagai salah satu kota dengan fasilitas medis terbaik di dunia. Banyak pemain-pemain Eropa yang menjalani proses pemulihan di Barcelona ketika cedera.

Sebab itu, kasus cedera Dembele ini mungkin menunjukan kelalaian Barcelona. Mereka seharusnya bisa mencegah cedera panjang ini jika tidak memaksakan Dembele bermain sebelum waktunya.

2 dari 3 halaman

Cedera Otot yang Kompleks

Ousmane Dembele. (c) AFPOusmane Dembele. (c) AFP

Barcelona mengandalkan Dr. Ricard Pruna yang berperan sebagai Kepala Pelayanan Medis. Ada banyak yang menjadi tanggung jawab departemen tersebut, tapi yang paling penting adalah pencegahan cedera otot seperti pada kasus Dembele.

Cedera otot ternyata jauh lebih kompleks dari yang diduga. Mereka harus mengidentifikasi risiko yang ada. Umumnya cedera otot tidak terjadi hanya karena satu masalah, melainkan beberapa faktor bersamaan.

Inilah yang membuat cedera Dembele lebih sulit dianalisis. Terlebih, Dembele sudah pernah mengalami banyak cedera berbeda, mulai dari hamstring, betis, lutut, hingga pergelangan kaki.

3 dari 3 halaman

Disiplin Dembele

Lebih lanjut, salah satu faktor lain yang tidak kalah penting adalah sikap profesional sang pemain. Dembele dikenal sebagai pemain muda yang masih labil, sering bertindak indisipliner.

Dembele bahkan pernah melewatkan latihan pagi hanya karena bergadang semalam suntuk untuk bermain video gim. Artinya, mungkin saja Dembele tidak menjaga kondisi tubuhnya dengan baik.

Terbukti, beberapa bulan lalu bahkan muncul kabar bahwa Dembele sengaja menyembunyikan cederanya dari pihak klub. Dia ingin terus berlatih dan bermain.

Sumber: Marca

KOMENTAR

Rexona Men Soccer Stars Challenge – Episode 4: Gunawan vs Andritany