BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Frenkie de Jong, Calon Pemimpin Barcelona Setelah Messi Gantung Sepatu

10-06-2020 06:00 | Richard Andreas

Aksi Frenkie de Jong pada laga Barcelona vs Valencia. (c) fcbarcelona.com Aksi Frenkie de Jong pada laga Barcelona vs Valencia. (c) fcbarcelona.com

Bola.net - Beberapa tahun terakhir, Barcelona mulai menyiapkan tim untuk mengatasi kemungkinan krisis pasca kepergian sang kapten, Lionel Messi. Beberapa pemain berbakat didatangkan, salah satunya Frenkie de Jong.

Messi memang masih bermain di level luar biasa, selalu jadi penentu kemenangan Barca. Namun, La Pulga bakal menginjak usia 33 tahun pada 24 Juni 2020 nanti, alias kian mendekati usia pensiun.

Intinya, Messi tidak bisa bermain selamanya dan Barcelona harus bersiap. Sudah bertahun-tahun Barca terlalu bergantung pada kemampuan sang kapten, karena itulah kepergian Messi diduga bakal berdampak besar.

Di sisi lain, menemukan pemain yang tepat untuk meneruskan jejak Messi juga bukan perkara mudah, tapi setidaknya Barca sudah punya Frenkie de Jong.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Potensi De Jong

De Jong memang belum genap semusim mengenakan kostum Barca, tapi dia sudah langsung bermain reguler untuk tim inti. Gelandang asal Belanda ini tidak tampak kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain Barca.

Perkembangan De Jong pun tidak luput dari pengamatan Wesley Sneijder, legenda Timnas Belanda. Menurutnya, pindah ke Barca adalah salah satu keputusan terbaik De Jong.

"Belanda dan Barcelona selalu menjalin ikatan yang hebat. De Jong membuat keputusan terbaik karena dia memahami bahwa permainannya sempurna untuk Spanyol dan Barcelona," buka Sneijder kepada Daily Mail.

2 dari 2 halaman

Jadi Pemimpin Barca

Mengenal De Jong, Sneidjer sama sekali tidak ragu bahwa gelandang 23 tahun itu bakal jadi pemimpin baru Barcelona pasca kepergian Lionel Messi. De Jong punya visi bermain baik dan punya kemampuan jadi pemimpin.

"[Matthijs] De Ligt membuat pilihan berbeda [gabung Juventus] tapi Frenkie sudah membuat keputusan tepat untuk hidupnya. De Ligt mengambil pilihan berbeda, tapi menurut saya De Jong lebih memandang ke depan," sambung Sneijder.

"Dia sudah sangat tepat dengan memilih Barcelona, itu adalah klub yang cocok untuknya. Ketika Messi berhenti bermain sepak bola nanti, Frenkie bakal jadi lebih seperti pemimpin," pungkasnya.

Sumber: Daily Mail

KOMENTAR