BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Frenkie De Jong Blunder Gabung Barcelona, Kok Bisa?

03-06-2019 10:40 | Serafin Unus Pasi

Frenkie de Jong dan Josep Maria Bartomeu (c) FCB Frenkie de Jong dan Josep Maria Bartomeu (c) FCB

Bola.net - Mantan pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal menyesalkan bergabungnya Frenkie De Jong ke Barcelona pada musim panas nanti. Van Gaal menyebut sang gelandang telah melakukan kesalahan yang besar dengan pindah ke Catalunya.

De Jong yang menjadi motor permainan Ajax Amsterdam dalam dua tahun terakhir menarik perhatian banyak tim-tim elit Eropa. Tim-tim tersebut menilai sang gelandang punya kemampuan di atas rata-rata sehingga ia bisa menjadi jendral lini tengah yang baru.

Namun setelah persaingan yang ketat, Barcelona resmi memenangkan perburuan De Jong. Mereka membayar sebesar 75 juta pounds ke Ajax Amsterdam, sehingga sang gelandang akan resmi menjadi pemain mereka di musim panas nanti.

Namun di mata Van Gaal, De Jong telah melakukan kesalahan besar dengan menerima pinangan Barcelona. "Saya rasa dia [De Jong] akan mengalami kesulitan di Barcelona," buka Van Gaal dalam wawancaranya dengan Fox Sports.

Baca komentar lengkap mantan juru taktik Manchester United itu di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Persaingan Ketat

Di mata Van Gaal, Barcelona memiliki banyak sekali gelandang berkualitas. Untuk itu De Jong bakal kesulitan untuk mendapatkan jam bermain reguler di Catalunya.

"Dia akan mengalami kesulitan bukan hanya karena dia akan memainkan peran yang berbeda di sana, tetapi karena dia juga harus berkompetisi dengan gelandang-gelandang hebat lainnya untuk masuk ke posisi starter."

"Dia cukup beruntung Barcelona tersingkir di semi-final Liga Champions, karena jika status klubnya berbeda, maka akan ada pemain lain yang berbeda dalam tim mereka."

2 dari 2 halaman

Pilih Klub Lain

Van Gaal menilai pindah ke Barcelona terlalu beresiko untuk masa depan De Jong, di mana ia menilai sang gelandang sebenarnya punya banyak opsi yang lebih bagus sebelum bergabung dengan Barca kemarin.

"Menurut pandangan saya, dia harusnya lebih cermat dalam memilih. De Jong adalah pemain yang sangat bagus, namun begitu pula dengan Ivan Rakitic. Selain itu mereka [Barcelona] memiliki Arturo Vidal yang ingin saya datangkan ke Manchester United lima tahun yang lalu."

"Sebagai seorang pemain, dia memang berhak memilih klub mana yang ingin ia perkuat. Namun pertanyaannya adalah apakah ia mendapatkan jaminan bermain di Barcelona? Kita memang harus menunggu untuk melihat apa yang akan terjadi, namun saya harap di usianya saat ini ia bisa bermain di setiap pertandingan." tandasnya.

KOMENTAR