BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Formasi Tiga Bek Ala Barcelona Bakal Permanen? Begini Jawaban Koeman

06-03-2021 03:00 | Richard Andreas

Barcelona melaju ke final Copa del Rey usai menang dengan skor 3-0 atas Sevilla (c) AP Photo Barcelona melaju ke final Copa del Rey usai menang dengan skor 3-0 atas Sevilla (c) AP Photo

Bola.net - Ronald Koeman patut mendapatkan pujian untuk keberaniannya mengutak-atik formasi Barcelona. Di tengah kesulitan Barca beberapa pekan terakhir, Koeman muncul dengan solusi formasi 3-5-2.

Gaya main ini sepertinya dipilih Koeman untuk mengatasi kelemahan lini belakang Barca. Musim ini barisan bek Barca memang rajin membuat kesalahan-kesalahan sendiri.

Perubahan ini terbukti berhasil. Barca mulai meraih kemenangan-kemenangan penting, termasuk menggulingkan Sevilla dengan skor 3-0 di leg kedua semifinal Copa del Rey.

Masalahnya, kemenangan itu pun memakan korban cedera Gerard Pique. Lantas apa rencana Koeman?

1 dari 2 halaman

Ubah formasi lagi?

Cedera Pique jelas merugikan Barca. Pique baru saja pulih dan berperan besar pada keberhasilan Barca lolos ke final Copa del Rey. Meski begitu, Koeman yakin formasi tiga beknya tetap bisa digunakan, tentu dengan bek-bek lainnya.

"Mungkin saja meneruskan sistem ini sebab ada bek-bek sentral lain yang tersedia," kata Koeman kepada Sport.

"Kami tidak boleh terobsesi dengan satu sistem bermain. Yang paling penting adalah sikap kami saat membawa bola, dan yang paling penting bahwa kami sudah berkembang pesat."

"Kami sudah meningkatkan tekanan kami dan kemampuan kami merebut bola di area-area berbahaya di lapangan," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Atmosfer tim

Bukan hanya formasi yang penting, Koeman pun merasakan persatuan skuad Barca yang begitu erat. Sekarang setiap pemain saling merangkul untuk mencapai satu tujuan yang sama.

"Saya sangat bangga dengan atmosfer kami di ruang ganti. Tim kami percaya diri. Hal yang terpenting adalah para pemain kami bisa bersatu," lanjut Koeman.

"Saya senang melihat setiap pemain, bahkan sampai ke pemain-pemain cadangan, merayakan gol dan keberhasilan lolos ke final Copa del Rey," tutupnya.

Sumber: Sport

KOMENTAR