BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Flop dan Mahal: Siapa Lebih Buruk antara Philippe Coutinho vs Ousmane Dembele

20-05-2020 10:32 | Asad Arifin

Ousmane Dembele Merayakan Golnya ke Gawang Sociedad (c) La Liga Ousmane Dembele Merayakan Golnya ke Gawang Sociedad (c) La Liga

Bola.net - Barcelona punya dana dalam jumlah besar usai melepas Neymar ke PSG pada 2017 lalu. Barcelona segera belanja pemain baru. Dua nama besar datang ke Camp Nou: Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho.

Transfer Neymar memantik perhatian yang begitu besar. Sebab, transfer pemain asal Brasil itu sempat dianggap mustahil terjadi karena nilai yang tertera pada klausul pelepasannya sangat mahal.

Selain itu, Neymar juga tampil sangat bagus untuk Barcelona. Eks pemain Santos tersebut, bersama Luis Suarez dan Lionel Messi, punya kombinasi yang bagus dan membawa Barcelona meraih banyak gelar.

Namun, PSG bersedia menggelontorkan uang senilai 222 juta euro untuk menebus klausul kontrak Neymar. Pemain yang kini berusia 28 tahun pun resmi menjadi pemain paling mahal di dunia sejak 2017 hingga kini.

1 dari 2 halaman

Dembele vs Coutinho

Pasca kehilangan Neymar, Barcelona langsung membeli Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund. Pemain asal Prancis dibeli dengan harga 135 juta euro. Harga tersebut termasuk sejumlah klausul bonus tambahan.

Dembele bergabung pada awal musim 2017/2018. Sejak saat itu, pemain berusia 23 tahun telah memainkan 74 laga di semua kompetisi. Catatan statistiknya: mencetak 19 gol dan 17 assist.

Enam bulan setelah Dembele datang, Barcelona membeli Philippe Coutinho dari Liverpool. Harganya mencapai 142 juta euro. Sebenarnya, Coutinho sudah masuk target sejak awal musim tetapi negosiasi berjalan sulit.

Sejak menjadi pemain Barcelona pada Januari 2018, Coutinho memainkan 76 laga di semua kompetisi. Pemain asal Brasil tersebut mampu mencetak 21 gol dan 11 assits. Lebih baik dari Dembele dan Coutinho punya durasi di Barcelona lebih pendek.

2 dari 2 halaman

Apa Kendalanya?

Philippe Coutinho (c) AFP Philippe Coutinho (c) AFP

Ousmane Dembele punya bakat besar. Akan tetapi, ada dua kendala yang membuat eks pemain Rennes tersebut gagal bersinar di Barcelona yakni cedera dan masalah disiplin.

Ousmane Dembele mengalami tujuh cedera sejak pindah ke Barcelona pada 2017. Rangkaian cedera itulah yang membuatnya baru memainkan 74 laga bersama Barcelona. Selain itu, Ousmane Dembele juga bermasalah dengan disiplin dan acap dikritik para pemain senior Barcelona.

Philippe Coutinho dalam kondisi bugar dan punya disiplin yang bagus. Namun, pemain asal Brasil kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain Barcelona. Bermain sebagai winger kiri, Coutinho dinilai tidak tampil sesuai performa terbaiknya.

Satu setengah musim bermain untuk Barcelona, Coutinho kemudian dilepas ke Bayern Munchen pada awal musim 2019/2020 dengan status pemain pinjaman.

Sumber: beIN Sport

KOMENTAR