BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ernesto Valverde Masuk Daftar 5 Pelatih dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di La Liga

27-04-2020 13:00 | Richard Andreas

La Liga (c) Ist La Liga (c) Ist

Bola.net - Sebagai salah satu liga top Eropa, La Liga tentu dimeriahkan oleh deretan pemain dan pelatih top. Liga Spanyol mungkin tidak sepopuler Premier League, tapi gaya sepak bola klub-klub Spanyol justru termasuk unggul dengan pilihan taktik cerdas.

La Liga sudah berdiri sejak 1929. Meski begitu, saat ini perhatian publik sepak bola mungkin hanya terarah pada dua klub besar yang merupakan langganan La Liga: Barcelona dan Real Madrid. Faktanya, dua klub itu mendominasi gelar juara La Liga.

Kendati, klub-klub lain juga mencoba menyeruak masuk ke persaingan, seperti halnya yang dilakukan Atletico Madrid, Valencia, Sevilla, Real Sociedad, Athletic Bilbao, Deportivo La Coruna, dan Real Betis.

Bersama Barcelona dan Real Madrid, klub-klub tersebut mampu meraih titel juara La Liga.

Sama halnya pemain yang datang dan pergi, La Liga juga diramaikan dengan pelatih-pelatih terbaik di dunia yang didatangkan kontestan.

Pelatih-pelatih yang pernah atau masih aktif menangani klub La Liga, seperti Carlo Ancelotti, Jose Mourinho, Pep Guardiola, Mauricio Pochettino, Tito Vilanova (almarhum), Julen Lopetegui, Javier Aguirre, dan sebagainya.

Beberapa di antara pelatih mampu mengantar kesuksesan pada klub yang dibesutnya. Sementara yang lain, harus menemui kegagalan.

Hal itu cukup wajar mengingat persaingan La Liga begitu berat. Jangankan mencatatkan prestasi, meraih satu kemenangan saja bisa terasa begitu sulit.

Namun, statistik mencatat, ada lima pelatih yang apabila di-ranking merupakan pelatih dengan raihan jumlah kemenangan terbanyak di La Liga.

Lima pelatih tersebut ada yang masih aktif hingga sekarang, ada pula yang telah pensiun. Salah seorang yang masuk daftar adalah mantan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Lantas, siapa empat pelatih yang lain? Berikut daftar lima pelatih dengan kemenangan paling banyak di kasta tertinggi Liga Spanyol atau La Liga:

1 dari 5 halaman

5. Ernesto Valverde

213 kemenangan

Tim: Athletic Bilbao, Espanyol, Villarreal, Valencia, Barcelona

2 dari 5 halaman

4. Ferdinand Daucik

234 kemenangan

Tim: Barcelona, Athletic Bilbao, Atletico Madrid, Real Betis, Real Murcia, Sevilla, Real Zaragoza, Espanyol, Levante

3 dari 5 halaman

3. Javier Irureta

259 kemenangan

Tim: Racing Santandaer, Athletic Bilbao, Real Sociedad, Celta Vigo, Deportivo La Coruna, Real Betis, Real Zaragoza

4 dari 5 halaman

2. Miguel Munoz

323 kemenangan

Tim: Real Madrid, Granada, Las Palmas, Sevilla

5 dari 5 halaman

1. Luis Aragones

344 kemenangan

Tim: Atletico Madrid, Real Betis, Barcelona, Espanyol, Sevilla, Valencia, Oviedo, Real Mallorca

Sumber: Marca
Disadur dari: Bola.com (Aning Jati)
Published on: 27 April 2020

KOMENTAR