BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Era Setienisme di Barcelona Dimulai, Apa Fondasinya?

21-01-2020 12:15 | Asad Arifin

Pelatih Barcelona, Quique Setien (c) AP Photo Pelatih Barcelona, Quique Setien (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona kini tengah berada di era baru. Quique Setien datang sebagai pelatih. Dia mengusung gaya bermain baru. Jurnalis Marca, Jesus Sanchez, menyebut kini Barcelona berada di era Setienisme.

Quique Setien menggantikan posisi Ernesto Valverde sebagai pelatih Barcelona. Sebelum ditunjuk sebagai pelatih klub asal Catalan, Quique Setien belum punya reputasi yang cukup bagus.

Karir kepelatihan Quique Setien tidak bergelimang gelar juara. Dia pun hanya melatih klub-klub semenjana. Real Betis dan Las Palmas, dua klub terakhir Quique Setien, menjadi nama yang cukup tenar dibanding klub lainnya.

Meskipun begitu, Quique Setien bukan sosok baru di sepak bola Spanyol. Dia pernah menjadi pemain profesional dan membela Atletico Madrid. Quique Setien juga punya tiga caps untuk timnas Spanyol.

1 dari 2 halaman

Pilar Setienisme

Quique Setien memulai debutnya dengan cukup mulus. Barcelona bisa menang 1-0 atas Granada. Gol dicetak Lionel Messi. Quique Setien tampil sesuai koar-koar Quique Setien sebelum laga: dominan.

Quique Setien, sebagai pelatih, begitu mendewakan sosok Johan Cruyff. Dia penganut gaya bermain tiki-taka khas pria asal Belanda tersebut. Dan, itulah yang selama ini dimainkan Barcelona. Pada laga kontra Granada, Barcelona punya penguasaan bola hingga 82,6 persen.

"Penguasaan bola kembali ke Barcelona sebagai suatu kebajikan dan hal yang menonjol dalam kinerja Barcelona. Seolah-olah lebih baik untuk mencetak gol setelah 100 umpan.," ucap Jesus Sanchez.

Jesus Sanchez juga meyakini bahwa Barcelona tidak akan suka dengan gol Mohamed Salah ke gawang Manchester United. Sebuah gol hasil umpan panjang dari Alisson Bekcer, dari sebuah serangan balik cepat.

"Barcelona telah kembali, tetapi dengan tampilan baru dan semuanya tampak berbeda," kata Jesus Sanchez.

2 dari 2 halaman

Sergio Busquets dan Lionel Messi

Gelandang andalan Barcelona, Sergio Busquets. (c) AP Photo Gelandang andalan Barcelona, Sergio Busquets. (c) AP Photo

Sergio Busquets memiliki peran yang penting dalam skema racikan Quique Setien. Dalam formasi 3-1-4-2, Sergio Busquets memainkan peran di angka 1. Dia menjadi pusat dari seluruh pergerakan bola yang dimainkan Barcelona.

Quique Setien membuat Busquets kembali menjadi pemain di Barcelona, yang sempat dihilangkan Ernesto Valverde. Selain itu, pelatih 61 tahun juga tidak menampik bahwa Lionel Messi masih menjadi muara dari permainan Barcelona.

"Quique Setien membuat Barcelona kembali seperti yang diinginkan Lionel Messi," katanya.

Namun, Jesus Sanchez menilai jalan Quique Setien menerapkan Setienisme di Barcelona masih panjang. Mereka belum dihadapkan pada jadwal padat dan lawan berat. Granada dianggap bukan lawan yang menyulitkan.

Sumber: Marca

KOMENTAR

Triplematch Shopee Liga 1 2020 di Indosiar