BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Duel Antarlini Barcelona vs Real Madrid di El Clasico, Siapa yang Terbaik?

23-10-2020 18:15 | Serafin Unus Pasi

Lionel Messi berduel dengan Sergio Ramos, Senin (2/3/2020). (c) AP Photo Lionel Messi berduel dengan Sergio Ramos, Senin (2/3/2020). (c) AP Photo

Bola.net - El Clasico jilid satu musim 2020/21 akan berlangsung di stadion Camp Nou, Sabtu (24/10/20) malam WIB. Baik Barcelona dan Real Madrid sama-sama memiliki komposisi skuat yang merata dan mendalam.

Selain itu, kedua tim terbaik di dunia tersebut juga merupakan klub yang terdaftar di 10 besar klub yang memiliki market value tinggi versi situs ternama asal Jerman, Transfermarkt.

Barcelona yang memiliki total market value 878,5 juta euro berada di urutan ketiga tim paling bernilai. Dengan nilai fantastis tersebut, tentunya sudah tergambar dengan jelas bahwa Blaugrana dihuni banyak pemain kelas dunia.

Tak mau kalah dengan Barcelona, Real Madrid pun memiliki skuat yang tak kalah lengkap. Bernilai 855 juta euro, Los Blancos juga memiliki komposisi yang komplit di setiap lininya.

Terlepas dari nilai pasar klub yang fantastis, tentunya yang menarik perhatian adalah duel antarlini antara Barcelona dan Real Madrid. Aksi para pemain dari kedua klub tersebut menjadi tontonan yang layak dinantikan. Lalu siapa saja yang akan berhadapan langsung?

Simak ulasannya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

1. Neto vs Thibaut Courtois

Kiper Real Madrid Thibaut Courtois. (c) AP Photo Kiper Real Madrid Thibaut Courtois. (c) AP Photo

Neto dan Thibaut Courtois akan membuktikan siapa yang lebih baik di antara keduanya dalam laga yang bertajuk El Clasico itu. Aksi keduanya menarik untuk ditunggu karena catatan positif yang telah ditorehkan.

Sejatinya Neto bukan lah kiper utama Barcelona. Namun, cederanya Marc-Andre Ter Stegen membuat pelatih Blaugrana, Ronald Koeman menurunkan kiper asal Brasil tersebut.

Kesempatan itu ternyata tidak disia-siakan Neto, terbukti dari empat laga yang sudah dimainkannya di La Liga 2020/21 ia sudah mencatatkan dua clean sheet dan baru kebobolan dua kali.

Sedangkan Thibaut Courtois sudah kebobolan tiga kali dan mencatatkan tiga clean sheet dari lima kali penampilannya di La Liga 2020/21. Namun, catatan penyelamatan kiper asal Belgia tersebut lebih impresif dari Neto dengan 84 persen penyelamatan per laga.

2 dari 4 halaman

2. Gerard Pique vs Sergio Ramos

Gerard Pique tertunduk lesu setelah Barcelona dikalahkan Bayern Munchen 2-8 di perempat final Liga Champions 2019-20. (c) AP Photo Gerard Pique tertunduk lesu setelah Barcelona dikalahkan Bayern Munchen 2-8 di perempat final Liga Champions 2019-20. (c) AP Photo

Di lini belakang ada duel seru yang patut ditunggu aksinya yaitu Gerard Pique dan Sergio Ramos. Keduanya mampu tampil baik di awal musim ini dan sama-sama memiliki peran vital di jantung pertahanan klubnya masing-masing.

Di awal musim ini Pique masih menjadi andalan Barcelona di lini belakang. Dari empat laga yang sudah dijalani, Pique membuat total gabungan 6.8 aksi defensif langsung per laga. Statistik tersebut mencakup tekel, intersep, dan sapuan

Berbeda dengan Pique, Ramos justru lebih seimbang baik secara bertahan maupun menyerang. Sejauh ini, kapten Real Madrid itu membuat total gabungan 4.8 aksi defensif per pertandingan dan sudah mencetak satu gol di La Liga 2020/21.

3 dari 4 halaman

3. Frenkie de Jong vs Federico Valverde

Fede Valverde mencetak gol di laga Real Betis vs Real Madrid pada pekan kedua La Liga 2020/2021 (c) AP Photo Fede Valverde mencetak gol di laga Real Betis vs Real Madrid pada pekan kedua La Liga 2020/2021 (c) AP Photo

Tak kalah panas, di lini tengah pun menyajikan duel yang mempertemukan gelandang tengah muda berbakat dan sedang naik daun yaitu Frenkie de Jong dan Federico Valverde. Keduanya sama-sama tidak tergantikan di klubnya.

De Jong kembali mencatatkan catatan impresif di lini tengah Barcelona musim ini. Meskipun belum memberikan kontribusi gol dan assist, tetapi De Jong memiliki kemampuan bertahan yang baik. Gelandang tengah asal Belanda tersebut menghasilkan 1.8 tekel per laga

Lalu lawannya, Valverde merupakan andalan Madrid dan telah tampil di lima laga La Liga 2020/21. Valverde pun sudah membukukan satu gol dan memiliki akurasi passing yang impresif dengan 89 persen passing sukses per laga.

4 dari 4 halaman

4. Lionel Messi vs Raphael Varane

Penyerang Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo Penyerang Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo

Raphael Varane nampaknya harus bekerja keras karena lawannya adalah Lionel Messi. Pemenang enam Ballon d'Or itu sudah hampir dua dekade menjadi andalan Barcelona untuk membobol gawang lawan atau mengobrak-abrik pertahanan lawan.

Kini, Messi menambah perannya sebagai kreator serangan yang baik bagi para striker Azulgrana. Dari empat laga yang sudah dimainkannya di La Liga 2020/21, La Pulga sudah membukukan satu gol dan dua assist.

Tentunya, agresifitas Messi harus mendapat perhatian lebih dari Varane yang menjadi andalan Real Madrid di lini belakang agar tidak kecolongan.

Segala cara harus dilakukan bek asal Prancis itu untuk menghentikan pergerakan Messi, termasuk harus mengandalkan kemampuannya dalam melakukan sapuan dan tekel.

Sumber: Whoscored, Transfermarkt

(Bola.net/Hendra Wijaya)

KOMENTAR