BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Dua Musim di Barcelona, De Jong: Saya Hanya Pemain Biasa

16-06-2021 07:20 | Richard Andreas

Frenkie de Jong berduel dengan Bruno Gonzalez, Barcelona vs Real Valladolid, La Liga 2020/21. (c) AP Photo Frenkie de Jong berduel dengan Bruno Gonzalez, Barcelona vs Real Valladolid, La Liga 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Frenkie de Jong merasa tidak ada yang istimewa dari penampilannya dalam musim debut di Barcelona 2019/20 lalu. Dia juga merasa musim keduanya di 2020/21 masih belum sesuai harapan.

De Jong direkrut Barca dari Ajax Amsterdam pada tahun 2019 silam, tapi dia gagal memenuhi ekspektasi di musim pertamanya. Kala itu Barca menutup musim tanpa trofi sama sekali.

Performanya De Jong pribadi sudah cukup baik, tapi tim Barca sedang dalam kemerosotan. Alhasil, Barca kelimpungan sepanjang musim, termasuk dihajar Bayern Munchen 2-8 di Liga Champions.

Lalu apa kata De Jong soal dua musimnya bersama Barcelona sejauh ini?

1 dari 2 halaman

Tahun pertama oke, tahun ini lebih baik

De Jong merasa tahun pertamanya di Barca berjalan cukup baik, meski tentu tidak maksimal karena hasil buruk sebagai tim. Lalu di tahun keduanya, dia merasa bisa bermain lebih baik dan seharusnya akan lebih baik lagi di masa mendatang.

"Tahun pertama saya di Barca berjalan baik, saya menempuh banyak menit bermain. Namun, menurut saya sendiri, saya hanyalah pemain biasa," kata De Jong kepada Voetbal International via Goal.

"Tahun ini (tahun kedua) saya bisa menunjukkan kemampuan saya lebih baik dan bermain lebih baik di banyak pertandingan, meski saya kira bahwa saya masih bisa melangkah ke depan dan terus berkembang."

"Saya harap kita akan menyaksikan De Jong yang lebih baik," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Apa pun demi tim

Di musim kedua ini, bersama Koeman, De Jong terlihat lebih banyak membantu tim. Dia beberapa kali mengisi pos bek tengah saat Barca dilanda krisis dan terbukti bisa main apik sebagai gelandang pengatur tempo di lini tengah.

"Saya tidak masalah di mana pun pelatih menurunkan saya. Saya lebih senang bermain di lini tengah, tapi jika harus bermain di belakang, saya akan melakukannya," sambung De Jong.

"Pada akhirnya ini adalah soal kepercayaan diri. Saya mengamati kepercayaan itu dari pelatih saya, dari rekan setim, dari media, rasanya memuaskan."

"Jadi saya tidak masalah di mana saya bermain, di mana pun tim membutuhkan saya," tandasnya.

Sumber: Goal, Voetbal

KOMENTAR