BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Deretan Striker Haus Gol yang Merajai Kawasan Eropa, Ada Messi & Ronaldo

15-03-2020 01:00 | Aga Deta

Ekspresi Lionel Messi pasca membobol gawang Eibar pada hari Sabtu (22/2/2020) (c) AP Photo Ekspresi Lionel Messi pasca membobol gawang Eibar pada hari Sabtu (22/2/2020) (c) AP Photo

Bola.net - Striker mempunyai tugas sebagai pencetak gol dalam sebuah kesebelasan sepak bola. Karena itu, tidak mengherankan kalau striker mendapat sorotan paling banyak dibandingkan pemain lainnya.

Makin rajin seorang striker menjebol gawang lawan, ia akan kian diakui. Ketajamannya menjadi bukti nyata kualitasnya. Namanya akan makin harum, apalagi jika ia mampu keluar sebagai yang paling tajam atau top scorer di liga-liga Eropa yang jadi kiblat sepak bola dunia.

Sepanjang musim 2019-2020, muncul sederet striker baru yang memanaskan persaingan predator di depan gawang. Erling Haaland bisa dibilang menjadi yang paling mengejutkan.

Striker asal Norwegia berusia 19 tahun ini telah mencetak 40 gol musim ini. Ia menorehkan catatan tersebut dengan dua klub berbeda, yakni RB Salzburg dan Borussia Dortmund.

Masa depan Haaland di dunia sepak bola masih panjang. Bahkan Haaland bisa memecahkan rekor sebagai striker terganas di kawasan Eropa, yang saat ini dipegang striker era 1930an, Josef Bican.

Kalaupun bukan Josef Bican, Haaland maupun striker lain yang berkiprah di liga-liga Eropa bisa mempertajam koleksi gol-gol pendahulu mereka.

Mengacu pada Ronaldo.com, ada lima striker yang tercatat paling haus gol hingga merajai liga-liga di kawasan Eropa. Dari lima itu, ada yang telah meninggal dunia, ada pula yang masih aktif bermain sekarang ini.

Berikut lima striker haus gol yang merajai kawasan Eropa dilansir Ronaldo.com:

1 dari 5 halaman

1. Josef Bican - 517

Josef Bican merupakan striker Ceko-Autria, tampil mengesankan pada durasi 1931-1948 saat membela Rapid Vienna dan Slavia Prague. Saat berlaga di Praha, ia mencetak 395 gol dalam 217 pertandingan di liga.

Jika ditotal dengan koleksi gol di Rapid Vienna, sang pemain mencetak 517 gol. Bican juga menjadi top scorer sepak bola dunia sepanjang masa dengan 805 gol di semua kompetisi sepanjang kariernya.

2 dari 5 halaman

2. Ferenc Puskas - 514

Ferenc Puskas merupakan striker legendaris di kawasan Eropa. Namanya begitu harum, hingga digunakan sebagai penghargaan bagi mereka yang mencetak gol terindah versi FIFA.

Puskas, yang berasal dari Hungaria, 514 gol selama 23 tahun berkarier dalam durasi 1943-1966.

Secara khusus, Pria yang telah berpulang selamanya pada 26 November 2006 ini mengoleksi 156 gol dalam 180 pertandingan La Liga bersama Real Madrid.

Puskas berhasil memenangi lima gelar liga berturut-turut serta tiga trofi Liga Champions bersama Los Blancos.

3 dari 5 halaman

3. Lionel Messi - 438

Lionel Messi memiliki 438 gol bersama Barcelona di La Liga. Ia juga berhasil memenangkan enam trofi Ballon d'Or.

Musim lalu, La Pulga meraih penghargaan Ballon d'Or keenamnya, satu di antaranya berkat 51 gol dalam 50 pertandingan di semua kompetisi yang ditorehkannya.

Akan sangat sulit untuk bisa menghentikan Messi ketika mengenakan seragam Barcelona.

4 dari 5 halaman

4. Cristiano Ronaldo - 430

Cristiano Ronaldo memiliki catatan 430 gol dari empat liga berbeda yakni Liga NOS, Premier League, La Liga, dan Serie A. Kini, ia memasang target menjadi top scorer di Serie A.

Jika catatan tersebut diraih, Cristiano Ronaldo adalah pemain pertama yang menjadi tampil sebagai top scorer di Inggris, Spanyol, serta Italia.

5 dari 5 halaman

5. Jimmy McGrory - 408

Jimmy McGrory adalan striker buas dari Skotlandia. Striker Celtic itu mencetak 408 gol di Liga Skotlandia.

Total ia mencetak 485 gol di semua kompetisi. Catatan itu menjadikannya sebagai top scorer dari Inggris Raya sepanjang sejarah.

Sumber: Ronaldo.com
Disadur dari: Bola.com/Penulis Hanif Sri Yulianto/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 14 Maret 2020

KOMENTAR