BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

De Jong Belum Sesuai Ekspektasi Barcelona? Xavi Maju Membela

20-11-2020 11:00 | Richard Andreas

Gelandang Barcelona Frenkie De Jong dibayangi gelandang Real Madrid Casemiro dalam laga El Clasico di Santiago Bernabeu, Senin (2/3/20) dini hari WIB. (c) AP Photo
Gelandang Barcelona Frenkie De Jong dibayangi gelandang Real Madrid Casemiro dalam laga El Clasico di Santiago Bernabeu, Senin (2/3/20) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Frenkie de Jong menjalani musim keduanya di Barcelona. Dia mulai tampil apik, tapi belum cukup untuk memuaskan fans. Tentu kritik pun datang menyerang.

Sejak pertama tiba, De Jong sudah dibanding-bandingkan dengan legenda Blaugrana seperti Xavi dan Andres Iniesta. Sayangnya musim pertamanya tidak berjalan mulus, Barca sedang bermasalah.

Kini De Jong menatap musim baru dengan percaya diri di bawah Ronald Koeman. dia bermain di posisi favoritnya dan terlihat terus berkembang.

Perkembangan ini pun tak luput dari perhatian legenda Barca, Xavi, yang selalu memperhatikan De Jong dari jauh.

Apa kata Xavi? Selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Tidak mudah

Xavi paham mengapa De Jong dikritik lamban beradaptasi dan tidak cukup memberikan kontribusi, memang klub besar selalu seperti itu, dia pun pernah mengalaminya. Namun, Xavi pun yakin betul bahwa De Jong akan melewatinya dengan baik.

"Jelas, Barcelona menuntut pemain untuk mencapai level luar biasa, jika tidak kritik akan selalu ada," kata Xavi dikutip dari Goal internasional.

"Ketika Anda tiba di Barcelona, ada Messi, Griezmann, Pique, Busquets, Ter Stegen, pemain-pemain terbaik dunia ada dalam tim Anda. Dan Anda butuh waktu untuk beradaptasi pada kultur baru, bahasa baru."

"Itu pun sulit bagi saya, juga bagi Iniesta. Ketika kami masih 20-23 tahun, sulit membuat perbedaan di klub besar," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

De Jong tetap De Jong

Lebi lanjut, Xavi tidak terlalu suka mendengar perbandingan-perbandingan De Jong dengan beberapa gelandang Barca sebelumnya. Dia tidak mau De Jong dibandingkan dengan dirinya, juga tidak dengan Iniesta dan nama-nama lain.

"Frenkie de Jong adalah Frenkie de Jong. Tidak ada hubungannya dengan Iniesta, dengan saya, atau dengan Busquets, dia pemain yang jauh berbeda," lanjut Xavi.

"Dia pemain dengan kemampuan tinggi dan dia bisa jadi pemimpin generasi muda Belanda sekarang."

"Dia bisa mengatur tim dari lini tengah dan saya tidak pernah ragu pada kemampuannya, semua ada di tangannya," tandasnya.

Sumber: Goal

KOMENTAR