Dari Sisi Olahraga dan Hukum, Ini 10 Alasan Lionel Messi Ingin Tinggalkan Barcelona

Dimas Ardi Prasetya | 1 September 2020, 06:01
Bintang Barcelona, Lionel Messi, tampak kecewa saat timnya kalah atas Bayern Munchen pada babak perempat final Liga Champions hari Sabtu (15/8/2020). (c) AP Photo
Bintang Barcelona, Lionel Messi, tampak kecewa saat timnya kalah atas Bayern Munchen pada babak perempat final Liga Champions hari Sabtu (15/8/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Ada banyak alasan, baik dari sisi olahraga maupun hukum, yang memengaruhi keinginan Lionel Messi untuk meninggalkan Barcelona musim panas ini.


Messi membuat kejutan pekan lalu. Tapi itu bukan kejutan yang menyenangkan bagi fans Barcelona, maupun sepak bola Spanyol.

Ia ingin hengkang dari Barcelona. Pemain 33 tahun itu sudah mengajukan transfer request.

Messi kini disebut bisa hengkang ke Manchester City. Namun ia juga sempat dikaitkan dengan Inter Milan, PSG, dan Manchester United.

Messi tentu punya alasan kuat untuk meninggalkan Barcelona, klub yang sudah dibelanya sejak tahun 2001 silam. Ia jelas memiliki koneksi yang kuat dengan Blaugrana.

Jadi alasan apa saja yang membuatnya memutuskan untuk hengkang dari Barcelona. Dari sisi hukum dan olahraga, berikut 10 alasan Messi ingin hengkang dari Camp Nou, seperti dilansir oleh Marca.

1 dari 3 halaman

Alasan Hukum

1. Batas waktu untuk memberi tahu klub tentang keinginannya untuk hengkang diperpanjang karena penundaan hingga akhir musim. Batas waktu 10 Juni sebelumnya tidak lagi berlaku.

2. Tidak ada klausul rilis 700 juta euro di tahun terakhir kesepakatannya.

3. Josep Maria Bartomeu mengatakan dalam beberapa wawancara bahwa Messi dapat pergi kapan pun ia mau.

2 dari 3 halaman

Alasan Olahraga

4. Proyek Barcelona tidak ambisius dan Messi tidak yakin dengan masa depan tim. Harapan tim untuk menang justru dibebankan kepadanya selama beberapa waktu.

5. Waktu dan cara pemecatan Ernesto Valverde tidak diterima dengan baik oleh Messi.

6. Masalah Messi dengan dewan klub. Ia tidak setuju dengan berbagai hal yang telah dilakukan klub dalam beberapa bulan terakhir, seperti skandal media sosial dan soal ERTE (aturan yang membuat pemain dan staf klub menerima pemotongan atau penundaan gaji selama pandemi corona).

3 dari 3 halaman

Alasan Olahraga

7. Putusnya hubungan dengan tokoh klub lain, seperti Eric Abidal. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai sporting director Barca itu menyalahkan beberapa pemain atas kepergian Valverde.

8. Messi tidak merasa didengarkan. Ia tidak percaya pendapatnya tentang berbagai topik, termasuk penggunaan pemain dari akademi, penting bagi klub.

9. Messi mengira ini akhir dari sebuah era di Barcelona. Ia setuju dengan ucapan Gerard Pique yang mengatakan pemain senior rela untuk mundur dan membiarkan darah segar masuk ke tim.

10. Messi dan keluarganya menjadi sasaran skandal media sosial Barcelona. La Pulga pun trauma dengan prospek hal seperti itu dipimpin oleh klub.

Lionel Messi sendiri sejauh ini terus berjuang untuk bisa keluar dari Barcelona secepatnya. Ia sudah melakukannya dengan absen dari sesi tes PCR dan absen di sesi latihan perdana klub pada hari Senin (31/08/2020).

(Marca)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR