BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Dapat Suntikan Dana dari La Liga, Barcelona Bisa Ikat Messi dengan Kontrak Baru

05-08-2021 06:01 | Yaumil Azis

Lionel Messi membawa trofi Copa del Rey musim 2020/2021 (c) AP Photo
Lionel Messi membawa trofi Copa del Rey musim 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona mendapatkan kabar baik dari La Liga. Penyelenggara kompetisi diketahui akan menebar suntikan dana kepada tiap pesertanya untuk membantu melawan krisis finansial akibat pandemi Covid-19.

La Liga baru-baru ini melepas 10 persen saham kepada sebuah perusahaan bernama CVC Capital Partners. Hasil penjualan saham tersebut memiliki nilai yang sangat fantastis, yakni sebesar 2,7 miliar euro.

Mayoritas dari dana tersebut akan didistribusikan kepada setiap klub. Pakar ekonomi sepak bola, Marc Ciria, berujar kalau 90 persen dari 2,7 miliar euro tersebut akan diberikan dengan konsep pinjaman.

"90 persen dari 2,7 miliar euro tersebut akan diberikan kepada klub dalam bentuk pinjaman lunak selama 40 tahun," katanya dalam wawancara eksklusif bersama Goal International.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Soal Suntikan Dana dari La Liga

Dilansir dari Goal International, diketahui kalau Barcelona dan Real Madrid akan menerima masing-masing 280 juta euro. Ini jelas bisa memberikan nafas baru buat dua raksasa Spanyol yang sedang mengalami dampak fatal dari pandemi Covid-19.

Sebagai tambahan, Ciria mengungkapkan: "70 persen [dari uang yang dipinjamkan La Liga] akan digunakan sebagai investasi pada infrastruktur, 15 persen untuk membiayai kembali utang dan 15 persen untuk menambah batas gaji."

Investasi ini juga diharapkan bisa menghancurkan harapan digelarnya European Super League di masa mendatang. Krisis ini selalu dijadikan alasan Barcelona dan Real Madrid untuk menggelar kompetisi kontroversial tersebut.

"[Presiden Javier Tebas] cerdas dan telah mencari cara untuk meningkatkan pendapatan ekonomi yang penting bagi klub-klub besar. Mereka sekarang memiliki insentif yang lebih sedikit untuk meluncurkan European Super League," kata Ciria lagi.

2 dari 2 halaman

Dampaknya Buat Barcelona dan Real Madrid?

Seperti yang telah dituliskan di atas, Barcelona akan meraup hibah dari La Liga sebesar 280 juta euro. 42 juta di antaranya bisa digunakan untuk menambah batas gaji sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Ciria.

Peningkatan batas gaji ini bisa membantu Barcelona untuk mendaftarkan pemain barunya ke dalam skuat untuk La Liga musim 2021/22. Sekaligus juga mengikat sang bintang, Lionel Messi, dengan kontrak baru.

Sementara itu, Real Madrid pun bisa berbicara banyak dalam bursa transfer musim panas ini. Dan, mungkin, harapan untuk merekrut Kylian Mbappe bisa semakin mendekati kenyataan.

(Goal International)

KOMENTAR