BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Coutinho Masih Hebat untuk Barca, Ini Buktinya

16-04-2019 11:20 | Richard Andreas

Philippe Coutinho (c) AFP Philippe Coutinho (c) AFP

Bola.net - Philippe Coutinho terus dikritik sejak awal musim ini. Dia dinilai belum juga mampu memenuhi ekspektasi Barcelona. Permainan Coutinho jauh di bawah standar di besar seperti Barca.

Awalnya, kesulitan Coutinho masih dimaklumi. Dia didatangkan pada Januari 2018, tentu transfer di musim dingin bukanlah waktu yang tepat. Coutinho tidak punya waktu cukup untuk beradaptasi.

Biar begitu, Coutinho ternyata tetap tidak bisa meningkatkan permainannya di musim 2018/19 ini. Dia menjalani musim penuh, juga pramusim, tetapi performanya masih di bawah ekspektasi.

Teranyar, Barca disebut mulai kehilangan kepercayaan pada Coutinho dan siap menjualnya. Baca analisis selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Tidak Setuju

Kritik terhadap Coutinho ini tidak bisa membuat mantan asisten Barca, Juan Carlos Unzue berhenti mendukung. Baginya, Coutinho tetap pemain penting bagi permainan Barca. Unzue justru merasa kritik ini muncul karena media yang tidak adil memperlakukan Coutinho.

"Saya tidak setuju dengan bagaimana Coutinho dinilai musim ini. Dia menjalani musim yang tidak menyenangkan. Itu sedikit ada hubungannya dengan penampilan apik [Ousmane] Dembele, tetapi bagi saya dia tidak diperlakukan dengan adil," ujar Unzue kepada Marca.

"Kita tidak boleh melupakan bahwa dia pemain kelas dunia, yang melakukan banyak hal demi kebaikan tim, bahkan meskipun hal-hal itu tidak penting di mata publik."

2 dari 2 halaman

Peran Coutinho

Menurut Unzue, peran Coutinho sebenarnya bisa dilihat jelas. Meski tidak mencetak gol, Coutinho mengambil peran penting pada permainan Barca. Dia membantu menciptakan ruang untuk pergerakan Lionel Messi, yang terkadang berujung pada gol.

"Dia mengancam lawan pada banyak situasi, terkadang itulah yang membuat lawan tidak nyaman. Dia menciptakan ruang kosong supaya Messi, Luis Suarez, dan rekan setimnya bisa punya lebih banyak ruang untuk membuktikan kualitas mereka dan menyulitkan lawan."

"Coutinho sangat altruistis, pemain tim, melakukan segala hal yang dianggap penonton tidak terlalu penting, tetapi dari sisi dalam kita tahu bahwa dia sangat penting," tandasnya.

KOMENTAR