BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Chunchinchuachinchanchunchi dan Kutipan Paling Berkesan di Barcelona

16-04-2020 11:33 | Asad Arifin

Rivaldo (c) AFP Rivaldo (c) AFP

Bola.net - Barcelona kini tengah dilanda konflik internal yang cukup kronis. Mantan direktur Barcelona, Emili Rousaud beberapa waktu lalu menyerang pihak klub di bawah pimpinan Josep Maria Bartomeu.

Emili Rousaud sebelumnya membuat sebuah komentar pedas. Dia menyinggung kasus yang kemudian disebut sebagai 'BarcaGate'. Emili Rousaud menuding ada korupsi yang terjadi di Barcelona.

"Saat anda membayar jutaan euro untuk sesuatu senilai 100 ribu euro, itu bisa memberikan keuntungan kepada seseorang di dalam ataupun di luar klub," kata Emili Rousaud.

Pernyataan Emili Rousaud itu membuat gegar para petinggi Barcelona. Bahkan, ada wacana untuk melaporkan Emili Rousaud ke pengadilan. "Kami berhak untuk melakukan tindakan legal berbentuk apapun yang sesuai," tulis pernyataan resmi klub.

Kata-kata yang keluar dari mulut Emili Rousaud bukan hal heboh pertama yang terjadi di Barcelona. Dikutip dari Marca, berikut Bola.net rangkum kutipan paling berkesan dalam sejarah klub asal Catalan.

1 dari 8 halaman

Burung Beo dari Joan Laporta

Joan Laporta memberikan sebuah kutipan yang bakal sulit dilupakan pada 2008 lalu. Ketika itu, Joan Laporta sedang bicara di hadapan fans dan anggota klub lainnya.

"Banyak kritik datang dari orang-orang yang mengatakan mereka berasal dari Barcelona padahal tidak," kata Laporta.

"Mereka menipu Anda. Saya tidak suka ditipu. Jangan jatuh ke dalam perangkap. Jika mereka tidak mengatakan bahwa mereka dari Barcelona maka tidak ada yang akan mendengarkan mereka."

"Untuk burung beo - kita tidak terlalu buruk!," ucap Joan Laporta.

2 dari 8 halaman

Asisten Rumah Tangga

Josep Lluis Nunez, mantan presiden Barcelona, kesal dengan kebijakan transfer yang inginkan pelatih kala itu, Johan Cruyff. Barcelona dianggap terlalu boros dalam transfer pemain baru.

"Tahun lalu kami menghabiskan 2.000 juta dan tidak ada gunanya," buka Nunez.

"Asisten rumah tanggaku bahkan tahu cara merekam dan membayar 2.000 juta ini," sambungnya.

3 dari 8 halaman

Balasan Johan Cruyff

Johan Cruyff (c) AFP Johan Cruyff (c) AFP

Johan Cruyff rupanya tidak terima dengan pernyataan yang keluar dari mulut Josep Lluis Nunez. Johan Cruyff menyerang kepemimpinan klub dan menilai mereka tidak tahu tentang sepak bola dan cara mengivestasikan uang.

"Uang itu harus di lapangan, bukan di bank," kata pelatih asal Belanda itu.

4 dari 8 halaman

Selalu Negatif dari Louis van Gaal

Louis Van Gaal (c) AFP Louis Van Gaal (c) AFP

Louis van Gaal pernah menjadi pelatih Barcelona. Selain perseteruan dengan Juan Roman Riquelme, pria asal Belanda tersebut pernah membuat pernyataan heboh. Dia kesal karena kinerjanya selalu dinilai negatif.

Louis van Gaal membawa Barcelona dua kali juara La Liga, dua kali Copa del Rey, dan satu Piala Super Eropa. Tapi, Louis van Gaal kesal karena terus mendapat kritik.

"Selalu negatif, tidak pernah positif," kata Van Gaal kepada seorang jurnalis pada tahun 1999.

5 dari 8 halaman

Pernyataan Rasial Samuel Eto'o

(c) AFP (c) AFP

Samuel Eto'o bakal dikenang sebagai salah satu penyerang terbaik Barcelona pada era 2000-an. Saat dikenalkan sebagai pemain Barcelona pada 2004, dia langsung membuat pernyataan yang membuat heboh.

"Saya akan lari seperti orang kulit hitam untuk hidup seperti orang kulit putih," kata Samuel Eto'o.

6 dari 8 halaman

Chunchinchuachinchanchunchi

Rivaldo (c) AFP Rivaldo (c) AFP

Kami tidak sedang asal ketik atau salah ketika. Kata Chunchinchuachinchanchunchi pernah keluar dari mulut Joan Gaspart. Mantan presiden Barcelona tersebut membuat pernyataan aneh tersebut terkait rumor transfer Rivaldo pada 2001.

"Rivaldo tidak untuk dijual," kata Gaspart dengan serius.

"Apakah Anda ingin saya mengatakannya dalam bahasa China? Chunchinchuachinchanchunchi."

7 dari 8 halaman

Josep Guardiola untuk Jose Mourinho

Jose Mourinho dan Pep Guardiola (c) opta Jose Mourinho dan Pep Guardiola (c) opta

Josep Guardiola pernah punya rivalitas yang sengit dengan Jose Mourinho, jauh sebelum keduanya bertemu di Inggris. Keduanya sering saling sindir karena tensi panas laga Barcelona melawan Real Madrid.

Pada April 2011, Pep Guardiola pernah menyerang Jose Mourinho secara terbuka.

"Mourinho bos sialan di ruangan ini. Saya akan memberinya Liga Champions untuknya. Saya mencoba belajar banyak ketika saya bermain melawannya di lapangan.

"Di luar, hanya sedikit hal yang bisa saya ambil darinya," kata Pep Guardiola.

8 dari 8 halaman

Lebih dari Sekadar Klub

Inilah kutipan yang kemudian paling positif bagi Barcelona. Kutipan ini dipopulerkan mantan presiden Barcelona pada era 1960-an, Narcis de Carreras. Saat itu, dia menyebut Barcelona lebih dari sekadar klub.

Saat ini, kata-kata lebih dari sekadar klub atau 'Més que un club' menjadi slogan klub. Slogan tersebut sudah ditanamkan pada level La Masia hingga tim senior Barcelona.

Sumber: Marca

KOMENTAR