BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Catatan Buruk Barcelona Ketika Bermain Tanpa Jordi Alba

12-02-2019 14:00 | Richard Andreas

Jordi Alba (c) AP Jordi Alba (c) AP

Bola.net - Barcelona hanya mampu bermain imbang tanpa gol ketika melawat ke markas Athletic Bilbao pada laga lanjutan La Liga, Senin (11/2) dini hari WIB kemarin. Kegagalan Barca meraih kemenangan itu meneruskan tren buruk barca: sulit menang tanpa Jordi Alba.

Alba menjelma jadi pemain penting Barca dalam beberapa musim terakhir. Dia berperan layaknya asisten Lionel Messi, Alba rajin membuat kombinasi dengan Messi yang mampu menaklukkan barisan bek lawan.

Alba tak hanya bertahan, dia juga sering naik menyerang. Banyak gol-gol Barca dimulai dari pergerakan Alba di sisi sayap, dia termasuk pemain yang paling banyak meladeni Messi dalam urusan mencetak gol.

Sayangnya, Ernesto Valverde tampaknya belum menemukan pengganti Jordi Alba ketika sang pemain terpaksa absen. Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Catatan Buruk Tanpa Alba

Menukil Sport-English.com, Alba sudah delapan kali tidak bermain sebagai starting line-up musim ini: Barca menang dua kali, imbang tiga kali, dan kalah tiga kali. Catatan yang buruk.

Barca tidak bisa mengalahkan Tottenham di Camp Nou ketika Miranda menggantikan Alba, juga gagal menang dari Valencia di La Liga. Alba perlahan-lahan menjadi azimat kemenangan Barca.

Catatan ini kontras dengan torehan Barca ketika Alba bermain: 22 kemenangan, 6 hasil imbang, dan hanya satu kali kekalahan. Peran Alba sangat penting, tapi justru Barca tidak memiliki pengganti yang tepat untuk Alba ketika dia tidak bisa bermain karena cedera atau akumulasi kartu. Barca tak punya bek kiri pengganti Alba.

2 dari 3 halaman

Kontrak Baru

Jordi Alba (c) AFP Jordi Alba (c) AFP

Uniknya, di tengah situasi seperti itu, Barca belum juga mencapai kesepakatan kontrak baru dengan Alba. Jelas Barca akan melakukan segalanya untuk merayu Alba, tapi di sisi lain Alba juga punya kekuatan untuk tawar-menawar.

Ketika Alba absen, Valverde memaksa memainkan Nelson Semedo atau Sergi Roberto di sisi bek kiri, tapi keduanya juga tak bisa tampil maksimal. Opsi Valverde terbatas, dia juga merasa Miranda belum siap.

Memang benar bahwa bek sayap kelas dunia sulit ditemukan, tapi kebanyakan tim besar lainnya selalu memiliki opsi kedua, Barca hanya mengandalkan Alba. Barca tampaknya harus belajar dari Real Madrid yang mau memberi kesempatan pada pemain muda, Sergio Reguilon.

3 dari 3 halaman

Berita Video

Berita video 5 pemain bintang yang pernah berseragam Manchester United dan juga PSG (Paris Saint-Germain). Siapa saja selain David Beckham?

Kemenangan Dramatis Dovizioso atas Marquez di MotoGP Austria

KOMENTAR