BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bos Shakhtar Donetsk: Ronaldo Memiliki Cerita di Belakangnya yang Patut Dicontoh

20-10-2020 19:29 | Dimas Ardi Prasetya

Cristiano Ronaldo saat beraksi bersama timnas Portugal ketika melawan Prancis. (c) AP Photo Cristiano Ronaldo saat beraksi bersama timnas Portugal ketika melawan Prancis. (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih Shakhtar Donetsk Luis Castro menyebut Cristiano Ronaldo memiliki kisah menarik dalam perjalanannya menjadi pesepakbola terbaik di dunia, yang layak jadi contoh bagi semua anak di dunia.

Ronaldo berasal dari keluarga kurang mampu. Bahkan saat ia mulai menimba ilmu sepak bola, ia harus meminta makanan sisa dari sebuah gerai makanan cepat saji.

Meski kekurangan, namun Ronaldo terus bekerja keras dalam berlatih. Semua kerja keras dan pengorbanan itu terbayar dengan tuntas.

Hanya semusim setelah mengorbit di skuat utama Sporting Lisbon, ia pun dilirik Manchester United. Setelah itu karirnya makin berkembang dan ia meraih status pemain terbaik di dunia, status yang masih ia pertahankan di usianya yang ke-35 tahun.

1 dari 2 halaman

Ronaldo yang Terbaik

Nyaris tak ada pemain yang bisa disandingkan dengan Cristiano Ronaldo. Rivalnya cuma satu yakni Lionel Messi.

Namun demikian, Luis Castro menegaskan bahwa saat ini tak ada pemain lain yang lebih baik dari Ronaldo. Cuma superstar Juventus itu saja yang layak mendapat predikat pemain nomor satu di muka bumi saat ini.

“Saya tidak suka membandingkan. Tapi ya, bagi saya ia yang terbaik," tegas Castro pada Marca.

2 dari 2 halaman

Teladan Bagi Semua Anak

Luis Castro memahami latar belakang Cristiano Ronaldo. Maklum saja, ia juga berasal dari Portugal.

Castro mengatakan perjalanan Ronaldo menjadi pemain terbaik di dunia itu bisa menjadi kisah inspiratif bagi semua anak-anak di dunia. Ia juga yakin kisah itu bisa membuat semua orang yang mengkritiknya akan berbalik menghargainya.

“Cristiano memiliki cerita di belakangnya yang patut dicontoh. Ia pindah, pada usia 11 tahun, ke Lisbon untuk menjadi pesepakbola, meninggalkan rumahnya. Cristiano adalah seseorang yang bangkit sendiri, dengan determinasi yang unik," pujinya.

“Bagi saya ia adalah teladan bagi semua anak. Orang-orang terlalu banyak mengkritik Ronaldo. 'Bagaimana jika ia melakukan ini, bagaimana jika ia menghabiskan begitu banyak uang untuk ini atau itu?'"

“Namun ia merespon di lapangan setiap pertandingan, menyadari dari mana ia berasal. Pada hari mereka membuat film Cristiano dan orang-orang melihat dari mana asalnya, bagaimana dirinya menjadi pesepakbola, ia akan lebih dihargai," klaimnya.

Cristiano Ronaldo kini menjadi salah satu atlet sepak bola terkaya di dunia. CR7 mendapat penghasilan tak cuma dari sepak bola tapi juga menjadi bintang iklan dan beberapa bidang usahanya seperti perhotelan, clothing dan parfum.

(Marca)

KOMENTAR