BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Berkembang Pesat Jadi Andalan Real Madrid, Siapa Sih Fede Valverde?

17-01-2020 05:40 | Richard Andreas

Gelandang Real Madrid, Federico Valverde (tengah) berduel dengan pemain Atletico Madrid di final Supercopa de Espana. (c) AP Photo Gelandang Real Madrid, Federico Valverde (tengah) berduel dengan pemain Atletico Madrid di final Supercopa de Espana. (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid hanya menghabiskan lima juta euro untuk mendatangkan Federico Valverde pada tahun 2015 lalu. Saat itu namanya tidak dikenal, kini Valverde telah menjadi salah satu idola baru Santiago Bernabeu.

Seperti pemain muda Madrid lainnya, Valverde harus melewati masa pinjaman untuk mengembangkan kemampuannya. Dia dipinjamkan ke Deportivo La Coruna pada musim 2017/18, lalu kembali ke Madrid pada musim 2018/19.

Santiago Solari memberinya menit bermain, tapi Valverde baru benar-benar bersinar usai kepulangan Zinedine Zidane. Kegagalan mendatangkan Paul Pogba justru membawa berkah, Valverde muncul sebagai pemain krusial untuk Zidane.

Bagaimana proses perkembangan Valverde? Baca halaman berikutnya ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Perkembangan Valverde

Sempat kesulitan awal musim ini, Madrid mulai menemukan pijakan mereka sejak dikalahkan Real Mallorca (0-1) akhir Oktober lalu. Setelah kekalahan itu, Madrid terus melaju kencang sampai menjuarai Supercopa de Espana dan Valverde merupakan salah satu pemain terpenting di dalamnya.

Valverde merupakan gelandang serbabisa yang bisa mengisi sejumlah posisi. Dia membantu meringankan beban Casemiro, lewat permainan dan energonya di lini tengah.

Dia juga bisa mengisi lubang ketika Luka Modric absen. Juga, permainan Valverde membuat Toni Kroos dan Isco bisa bermain lebih bebas.

Kebangkitan Valverde ini seakan-akan membenamkan rumor ketertarikan Madrid kepada Paul Pogba. Fans Madrid tidak lagi menginginkan Pogba, mereka sudah punya Valverde.

2 dari 3 halaman

Bantu Berhemat

Pemain yang hanya bernilai 5 juta euro ini mungkin telah menyelamatkan Madrid dari keharusan mengeluarkan 120 juta euro untuk Pogba. Dana belanja itu mungkin bisa dialihkan untuk menyelesaikan masalah-masalah lain.

Kebangkitan Valverde ini berjalan selaras dengan kebangkitan Madrid. Saat ini pasukan Zidane benar-benar kompetitif, sudah tidak lagi tampak tanda-tanda kesulitan seperti di awal musim ini.

Zidane punya banyak opsi untuk mengisi lini tengah. Salah satu pilihan terbaiknya adalah menduetkan Valverde dengan Casemiro untuk menghadapi tim-tim dengan serangan cepat.

3 dari 3 halaman

Valverde dan Casemiro

Kehadiran Valverde tidak lantas membuat Casemiro bisa bermain lebih santai. Namun, paling tidak Valverde telah membantu Casemiro dalam duel-duel fisik yang melelahkan.

Duet ini telah melewati 13 pertandingan bersama dan belum pernah merasakan kekalahan. Selama itu, Madrid bisa mencetak 30 gol dan hanya kebobolan empat kali.

Artinya, pasangan gelandang tangguh ini telah membuat Madrid jadi salah satu tim paling tanguh. Di antara lima liga top Eropa, Madrid berada di posisi ketiga perihal jumlah kebobolan per pertandingan.

Valverde telah membantu Madrid tampil lebih solid, setelahnya hanya soal mencetak gol.

Sumber: Marca

KOMENTAR