BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Begitu Hebatnya Zidane, Ronaldo Sampai Bingung Sendiri

17-12-2020 02:20 | Dimas Ardi Prasetya

Zinedine Zidane berpose dengan trofi La Liga 2019/20 Real Madrid. (c) AP Photo Zinedine Zidane berpose dengan trofi La Liga 2019/20 Real Madrid. (c) AP Photo

Bola.net - Legenda sepak bola Brasil Ronaldo memuji Zinedine Zidane sebagai pemain terbaik yang pernah bermain bersamanya, tapi ia jadi bingung menentukan mana versi Zidane yang paling jempolan; Sebagai pemain atau pelath?

Zidane saat masih aktif bermain pernah membela Juventus. Ia juga pernah menjadi pilar penting lini tengah Real Madrid.

Banyak trofi yang diraih Zidane di kedua klub tersebut. Total mencapai 12 trofi juara.

Setelah pensiun, Zidane beralih profesi menjadi pelatih dan menukangi Madrid. Ia ternyata sukses juga sebagai arsitek dan berhasil mengoleksi 11 trofi juara sejauh ini.

1 dari 2 halaman

Ronaldo Dibikin Bingung Zidane

Sebagai pemain, Ronaldo pernah berduel lawan Zinedine Zidane, khususnya saat masih berlaga di Serie A. Namun keduanya juga pernah bermain bareng di Real Madrid.

Ronaldo tanpa ragu menyebut Zidane sebagai pemain terbaik yang pernah bermain bersamanya. Akan tetapi ketika diminta menilai mana yang lebih baik; Zidane sebagai pelatih atau Zidane sebagai pemain, ia malah bimbang.

"Zizou telah menjadi pemain terbaik yang pernah berlatih dan bermain bersama saya. Dan sekarang ia telah menjadi pelatih dan memenangkan tiga Liga Champions berturut-turut," serunya pada AS.

"Itulah mengapa hari ini saya bertanya pada diri sendiri: 'Siapa yang lebih baik, Zidane sang pemain atau Zidane sang pelatih? Tapi saya tidak bisa menjawabnya'," aku Ronaldo.

2 dari 2 halaman

Ronaldo dan Para Idolanya

Ronaldo (c) Bola.net Ronaldo (c) Bola.net

Ronaldo merupakan salah satu jika bukan merupakan penyerang nomor 9 terbaik dalam sejarah sepak bola. Meski demikian, kehebatannya itu tak ia dapatkan begitu saja.

Ronaldo mengaku ia banyak meniru para pemain legendaris sebelum dirinya. Yang paling utama adalah legenda Belanda, Marco van Basten. Demikian juga dengan legenda Argentina yang belum lama ini tutup usia, Diego Maradona.

“Marco Van Basten pasti. Sejak usia yang sangat muda saya menonton sepak bola Italia dan memberi perhatian khusus pada pemain ini," ungkap Ronaldo.

“Maradona dan Cruyff juga. Dan Zico, tentu saja, karena ia bermain untuk Flamengo dan saya adalah penggemar tim itu. Saya mencoba mengambil sesuatu dari semuanya dan pada akhirnya saya dapat mengatakan bahwa saya bangga dengan karier yang saya miliki," serunya.

Menurut catatan Transfermarkt, di sepanjang karirnya di level klub Ronaldo telah bermain sebanyak 452 kali dan mengemas 296 gol. Di Real Madrid sendiri, ia mencatatkan 177 penampilan dan 104 gol. Namun ia cuma meraih tiga trofi saja bersama Madrid, separuh dari yang didapat oleh Zinedine Zidane saat masih aktif bermain.

(AS)

KOMENTAR