Beban Berat Dani Alves di Barcelona: Main Buruk, Siap-Siap Didepak

Yaumil Azis | 18 November 2021, 05:45
Daniel Alves menjadi kapten Brasil di Copa America 2019. Dia adalah pemain paling senior di Brasil dengan usia 36 tahun. (c) AP Photo
Daniel Alves menjadi kapten Brasil di Copa America 2019. Dia adalah pemain paling senior di Brasil dengan usia 36 tahun. (c) AP Photo

Bola.net - Dani Alves kembali dengan modal cinta. Tapi Barcelona tidak akan berbaik hati kepada pria berusia 38 tahun yang sudah membawa banyak trofi ke Camp Nou tersebut.


Barcelona mendatangan Dani Alves tanpa biaya, dan bisa dilakukan di luar bursa transfer. Pasalnya Dani Alves tidak memiliki klub untuk bernaung pasca cekcok dengan Sao Paulo terkait hak siar.

Untungnya, ia tidak menganggur terlalu lama. Hanya selang beberapa bulan setelah kontraknya diputus, Barcelona pun datang dan mengajaknya bergabung kembali bersama Xavi yang kini menjadi pelatih.

Setelah melalui proses negosiasi yang singkat, Barcelona dan Dani Alves sepakat untuk bereuni. Alves terikat kontrak yang bisa membuatnya bertahan sampai musim 2021/22 berakhir dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Main Buruk, Siap-siap Didepak

Yang perlu diketahui adalah perpanjangan kontrak tersebut hanya akan diaktifkan kalau Barcelona puas dengan performa Alves secara keseluruhan. Jika tidak, ia terpaksa harus mencari klub baru di musim panas tahun depan.

Selain itu, kontrak yang mengikat sekarang membuat Alves jadi pemain dengan bayaran terkecil di skuat inti. Alves cuma bisa mengantongi uang banyak dari bonus yang dijanjikan kalau Barcelona bisa meraih prestasi.

"Saya punya waktu hingga Juni [untuk membuat terkesan] dan kemudian semuanya bisa dibicarakan, tergantung pada hasil," kata Alves saat diperkenalkan sebagai penggawa Barcelona yang baru, dikutip dari Marca.

"Jika nilai saya cuma 4.5 [dari 10], saya keluar... anda harus memiliki nilai yang tinggi untuk bertahan," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Mengajari Pemain Muda Barcelona

Beban Alves cukup berat. Ia harus membantu Barcelona, yang sedang terpuruk habis-habisan, untuk segera bangkit. Target menjadi juara pun terdengar muluk-muluk, sebab Barcelona sedang terdampar di posisi kesembilan La Liga saat ini.

Kabar baiknya, skuat Barcelona saat ini diisi oleh banyak peman muda potensial seperti Gavi, Pedri, hingga Sergino Dest. Alves bisa melihat potensi ini dan berharap nilai-nilai yang dianut Barcelona dan dirinya bisa sampai ke mereka.

"Saya pikir tim sedang baik-baik saja, dengan pemain muda, tapi beberapa hal bisa jadi lebih baik. Itulah gaya Barcelona, melakukan sesuatu yang berbeda tapi semuanya bersatu dengan satu sama lain."

"Kami menetapkan standar [untuk bermain dengan] bola dan kami harus menunjukkan kepada anak muda bahwa tak boleh sampai ada kesalahan. Saya yakin kami akan menikmati diri kami sendiri lagi," pungkasnya.

(Marca)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR