BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Barcelona vs Valencia: Blaugrana Unggul Sejarah

17-12-2020 17:33 | Serafin Unus Pasi

Skuad Barcelona merayakan gol Jordi Alba ke gawang Real Sociedad, La Liga 2020/21. (c) AP Photo Skuad Barcelona merayakan gol Jordi Alba ke gawang Real Sociedad, La Liga 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona akan menghadapi Valencia pada pekan 14 La Liga musim 2020/2021. Pertandingan ini akan dihelat di Camp Nou, Sabtu (19/12) malam WIB.

Saat ini, kedua tim terpaut tujuh posisi di klasemen sementara La Liga musim 2020/2021. Barcelona berada di peringkat lima dengan raihan 20 angka dari 12 laga. Sementara, Valencia masih berada di posisi 12 dengan koleksi 14 poin dari 13 pertandingan.

Bagi kedua tim, laga yang akan dihelat pada akhir pekan ini memiliki akar sejarah panjang. Pertandingan tersebut bakal menjadi pertemuan ke-200 sepanjang sejarah kedua tim.

Laman Worldfootball mencatat bahwa kedua tim pertama kali bertemu pada musim 1931/1932 lalu. Dalam pertandingan yang dihelat 17 Januari 1932 tersebut, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Bagaimana perbandingan rekor juga catatan pertemuan antara Barcelona dan Valencia? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Barcelona Unggul Head to Head

Urusan sejarah, Barcelona boleh menepuk dada. Catatan mereka lebih bagus dari Valencia.

Sepanjang sejarah 199 kali pertemuan dengan Valencia, catatan Barcelona lebih mentereng. Blaugrana, julukan Barcelona, sukses memenangi 94 laga dan bermain imbang dalam 50 pertandingan. Sisanya, 55 laga, dimenangi Valencia.

Soal produktivitas gol pun, Barcelona lebih unggul. Dari 199 laga, mereka mencetak 380 gol. Sementara Valencia mencetak 296 gol.

2 dari 3 halaman

Lemari Trofi di Camp Nou Lebih Berisi

Tak hanya soal catatan pertemuan antara kedua tim, Barcelona pun mengungguli Valencia dalam raihan trofi selama ini. Lemari trofi Barcelona di Camp Nou terisi lebih banyak piala dibandingkan milik Valencia.

Sepanjang sejarah mereka, Barcelona sudah mengoleksi 89 trofi. Selain trofi lokal, seperti trofi juara La Liga dan Piala Spanyol, Barcelona juga mengoleksi sejumlah trofi di ajang internasional seperti Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

Valencia sendiri, di ajang domestik, mengoleksi 15 trofi. Selain enam gelar juara La Liga, mereka delapan kali menjuarai Piala Spanyol, dan sekali Piala Super Spanyol.

Sementara, di level Eropa, Valencia mengoleksi delapan trofi. Selain satu trofi Europa League, mereka juga mengoleksi satu Piala Winner, dua piala Inter-Cities Fairs, dan dua Piala Super UEFA.

3 dari 3 halaman

Barcelona Unggul dalam Sepuluh Laga Terakhir

Dalam sepuluh pertemuan terakhir mereka pun, Barcelona unggul dari Valencia. Blaugrana memenangi lima dari sepuluh laga tersebut, dua laga berakhir imbang, dan tiga pertandingan dimenangi oleh Valencia.

Salah satu kekalahan Barcelona didapat pada pertemuan terakhir mereka dengan Valencia. Pada laga pekan ke-21 La Liga musim 2019/2020, mereka kalah dengan skor 0-2.

Dua gol kemenangan Valencia pada laga yang dihelat di Mestalla, 25 Januari 2020, merupakan buah bunuh diri Jordi Alba dan gol Maxi Gomez.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR