BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Barcelona vs Espanyol, Derbi Catalan dengan Pertaruhan Juara dan Degradasi La Liga

08-07-2020 10:36 | Asad Arifin

La Liga, Barcelona vs Espanyol (c) Bola.net La Liga, Barcelona vs Espanyol (c) Bola.net

Bola.net - Derbi Catalan antara Barcelona vs Espanyol akan tersaji pada Kamis (9/7/2020, 03:00 WIB) dini hari. Duel ini mungkin menjadi pertandingan terpenting dalam sejarah pertemuan antara kedua tim.

Tim tuan rumah, Barcelona membutuhkan tiga poin untuk terus menekan Real Madrid dalam persaingan gelar juara LaLiga, sedangkan RCD Espanyol juga membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa lolos dari degradasi.

Barça belum menemukan irama permainannya sejak liga kembali bergulir, dan Blaugrana juga gagal meraih tiga poin dalam momen-momen penting seperti pertandingan imbang 2-2 di kandang menghadapi Atlético de Madrid pekan lalu.

Espanyol juga belum menemukan irama permainannya sejak liga kembali bergulir, dan dengan tiga pertandingan tersisa setelah derbi ini, Espanyol membutuhkan kemenangan atas Barça untuk terus menjaga asa bertahan di divisi teratas, setelah mereka terdegradasi terakhir kalinya di musim 1992/93.

Jarang sekali ada momen-momen penting dalam pertandingan ini, dimana rivalitas kedua tim dapat ditarik ke awal mula munculnya sepak bola di kota tersebut. ‘Derbi’ pertama di bulan Desember 1990 berakhir imbang 0-0, dan kemenangan 5-4 Barça di LaLiga musim 1928/29 masih menjadi Derbi Katalan dengan skor terbesar.

1 dari 3 halaman

Catatan Unik Ernesto Valverde

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde (c) AP Photo Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde (c) AP Photo

Pertandingan ini selalu dimainkan di LaLiga setiap tahunnya, kecuali empat musim saat RCD Espanyol terdegradasi ke Segunda Division. Banyak pemain yang pernah membela kedua tim, salah satunya adalah kiper legendaris Ricardo Zamora di tahun 1930an, yang namanya dijadikan nama penghargaan bagi kiper terbaik LaLiga tiap musimnya.

Pemain lainnya yang pernah membela kedua tim adalah László Kubala, Jordi Cruyff, Ernesto Valverde, dan Ivan de la Peña. Sedangkan pelatih Espanyol saat ini, Rufete, merupakan jebolan akademi La Masia, dan akhirnya mengenakan jersey tim yang berjulukan Los Pericos ini.

Valverde juga pernah melatih kedua tim, dan berada di pihak tim tamu di Camp Nou pada Juni 2007, ketika asisten pelatih Espanyol saat ini, Raul Tamudo mencetak gol penyeimbang di menit-menit akhir untuk menggagalkan Barça meraih gelar LaLiga musim itu, sebuah gol yang masih dikenang oleh para penggemar kedua tim.

2 dari 3 halaman

Rekor Xavi Hernandez dan Lionel Messi

Lionel Messi melakukan protes kepada wasit pada laga pekan ke-31 La Liga 2019/2020 melawan Athletic Bilbao (24/6/2020) (c) AP Photo Lionel Messi melakukan protes kepada wasit pada laga pekan ke-31 La Liga 2019/2020 melawan Athletic Bilbao (24/6/2020) (c) AP Photo

Mantan pemain Barcelona, Xavi Hernández, adalah pemain dengan rekor Derbi Barcelona terbanyak (32 pertandingan), sedangkan mantan rekan dan kapten Barça saat ini, Lionel Messi, memegang rekor sebagai top skorer dalam pertandingan ini, yakni 22 gol dari 26 pertandingan derbi.

Musim lalu, Messi mencetak empat gol dalam dua kemenangan Barça atas Espanyol. Tiga dari empat gol tersebut berasal dari tendangan bebas, termasuk tendangan bebas panenka luar biasa di Camp Nou.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di Stadion RCDE pada Januari silam, dan itu adalah pertandingan yang sangat seru. Espanyol unggul berkat gol David López, dan Barcelona berhasil membalikkan keadaan berkat gol-gol Arturo Vidal dan Luis Suárez. Namun, Espanyol berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 berkat gol penyerang asal Tiongkok, Wu Lei.

3 dari 3 halaman

Mengapa Laga Derbi Catalan Ini Penting?

Hasil imbang pada pertandingan Kamis dini hari nanti tak akan membantu kedua tim, baik peluang juara Barca maupun perjuangan lolos dari degradasi Espanyol.

Tiga poin akan sangat berharga pada pertandingan ini, dan kekalahan akan menimbulkan konsekuensi yang berat. Kalah, Barcelona akan kesulitan mengejar gelar juara. Kalah, Espanyol akan semakin dekat dengan ancaman turun kasta.

Sumber: La Liga

KOMENTAR