BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Barcelona Sudah Lebih dari 100 Tahun, Kehilangan Messi Seharusnya Bukan Masalah

17-11-2020 11:00 | Richard Andreas

Bintang Barcelona Lionel Messi. (c) AP Photo Bintang Barcelona Lionel Messi. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona memang telah melewati krisis pertama kemungkinan kepergian Lionel Messi, tapi badai belum berlalu. Messi masih mungkin pergi, juga mungkin gantung sepatu.

Ya, beberapa bulan lalu Messi akhirnya menyuarakan kekecewaannya pada kepemimpinan Josep Maria Bartomeu. Dia mendesak pergi, meski akhirnya batal karena dihalangi.

Pada akhirnya Bartomeu yang harus pergi karena desakan mosi tidak percaya. Messi bertahan, setidaknya sampai pemilihan presiden berikutnya.

Pemilihan presiden inilah yang diyakini bakal sangat memengaruhi keputusan Messi. Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Mencoba menikmati Messi

Ada beberapa kandidat presiden baru Barca, salah satunya Victor Font. Januari 2021 nanti, Font harus bersaing dengan Joan Laporta, Jordi Farre, Toni Freixa, dan Lluis Fernandez.

Bersama dan mendukung Font, ada sosok Toni Nadal, paman petenis dunia Rafael Nadal, yang bisa menjabat posisi petinggi andai Font memenangi pemilihan kali ini.

Menurut Nadal, fokus pertama timnya jika menang adalah mempertahankan Messi, setidaknya beberapa tahun lagi. Lalu, di saat yang sama timnya akan membangun proyek untuk mengatasi kepergian Messi nanti, entah karena pensiun atau alasan lain.

2 dari 3 halaman

Klub sudah 100 tahun

Nadal tahu kemungkinan kepergian Messi mencemaskan. Barca sudah sangat bergantung pada sang superstar selama belasan tahun. Namun, yang perlu diingat, Barca sendiri sudah berusia lebih dari 100 tahun dan pernah sukses tanpa Messi.

"Saat ini, kita harus mencoba menikmati fakta bahwa Messi masih ada di sini," ujar Nadal kepada Sport.

"Sayangnya Messi tidak akan bertahan selamanya dan kepergiannya akan meninggalkan lubang besar bagi kami, yang telah menikmati permainannya selama bertahun-tahun."

"Tidak ada opsi lain. Klub sudah berusia lebih dari 100 tahun, pernah bertahan tanpa Messi dan pada akhirnya kami pun akan berjalan tanpa dia lagi, jadi kami harus bersiap dengan baik," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Mencari Messi baru?

Lebih lanjut, Nadal pun tak mau timnya membuat kesalahan dengan mencari Messi baru. Mereka justru harus membangun proyek besar yang benar-benar segar, bukan berusaha mencari pengganti Messi yang jelas mustahil.

"Menjadi Messi berikutnya jelas sangat sulit bagi pemain mana pun, hampir mustahil. Menjadi pemain terbaik dalam sejarah jelas sangat sulit," lanjut Nadal.

"Yang bisa dicoba pesepak bola lainnya adalah mencapai level maksimalnya, tapi hampir mustahil menjadi Messi."

"Meski demikian, saya kira Ansu Fati pun pemain hebat dan karena usia serta bakatnya, dia merupakan salah satu calon bintang di era pasca-Messi," tutupnya.

Sumber: Sport

KOMENTAR