BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Barcelona Sedang dalam Tren Berbahaya, Ernesto Valverde Abai?

20-09-2019 10:20 | Richard Andreas

Borussia Dortmund vs Barcelona (c) AP Photo Borussia Dortmund vs Barcelona (c) AP Photo

Bola.net - Pada sesi konferensi pers sebelum Barcelona menghadapi Borussia Dortmund, Ernesto Valverde menghadapi dua pertanyaan penting: catatan defensif yang buruk dan rekor tandang yang suram.

Marca mencatat Blaugrana sudah kebobolan tujuh gol dalam empat laga La Liga musim ini, baik Valverde maupun Marc-Andre ter Stegen menilainya sebagai kekurangan. Mereka yakin Barca harus meningkatkan kualitas pertahanan mereka.

Biar begitu, ketika ditanya soal catatan buruk di kandang lawan, Valverde meremehkannya: "Kami baru bermain beberapa pertandingan untuk menilainya sebagai tren."

Nahasnya, ketika akhirnya menghadapi Dortmund di Signal Iduna Park, Barca jelas-jelas tampil buruk. Mereka beruntung bisa bermain imbang 0-0 berkat kegemilangan Ter Stegen.

Barca kini menghadapi tren buruk yang jelas harus dipertimbangkan. Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 4 halaman

Laga Tandang Menakutkan

Selama ditangani Ernesto Valverde dalam beberapa musim terakhir, masalah tampil buruk saat tandang ini bukan hal baru. Di kandang Dortmund kemarin, Barca jelas tampil jauh di bawah kualitas mereka.

Sebelum laga tersebut, pantas diingat bahwa Barca menelan kekalahan tandang pahit beberapa tahun terakhir: 0-4 dari Liverpool, 0-3 dari AS Roma, 0-3 dari Juventus, dan 0-4 ketika menghadapi PSG.

Memang ada sejumlah pengecualian, seperti laga tandang di Tottenham, Manchester United, dan Inter Milan, tapi tetal saja tidak meyakinkan.

Dua wajah Barcelona tidak bisa disembunyikan: kuat di Camp Nou, lemah saat tandang.

2 dari 4 halaman

Tren Berbahaya

Valverde boleh berdalih tentang minimnya jumlah pertandingan untuk menyimpulkan tren buruk di markas lawan, tapi riwayat Barca berkata sebaliknya. Masalah ini sudah ada sejak musim lalu.

Barcelona sulit menunjukkan identitas mereka di kandang lawan, apalagi jika tidak diperkuat Lionel Messi. Tak terhitung berapa kali Messi menyelamatkan Barca

Berikut catatan laga tandang buruk Barca selengkapnya:

3 dari 4 halaman

Musim 2019/20

  • Dortmund 0-0 Barcelona. Tampil buruk, nyaris kalah.
  • Osasuna 2-2 Barcelona. Barca beruntung dengan perubahan Valverde.
  • Athletic Bilbao 1-0 Barcelona. Babak pertama yang mengecewakan.
4 dari 4 halaman

Musim 2018/19

  • Valencia 2-1 Barcelona. Valencia memimpin 2-0, tampil dominan.
  • Eibar 2-2 Barcelona. Valverde membuat sejumlah pergantian pemain penting.
  • Liverpool 4-0 Barcelona. Kekalahan menyakitkan, membuang kemenangan 3-0 di Camp Nou.
  • Celta Vigo 2-0 Barcelona. Valverde memainkan hampir semua pemain cadangan Barca.

Sumber: Marca

KOMENTAR