BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Barcelona, Juara Paruh Musim La Liga yang Rapuh

06-01-2020 09:51 | Asad Arifin

Para pemain Barcelona merayakan golnya ke gawang Espanyol dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (5/1/2020). (c) AP Photo
Para pemain Barcelona merayakan golnya ke gawang Espanyol dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (5/1/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona sukses menjadi juara paruh musim La Liga musim 2019/2020. Akan tetapi, dalam ulasan jurnalis Marca, Ramiro Aldunate, Barcelona menjadi juara dengan performa tim yang sangat rapuh.

Barcelona memastikan gelar juara paruh musim La Liga 2019/2020 usai meraih satu poin pada laga melawan Espanyol, Minggu (5/1/2020) dini hari WIB. Pada laga pekan ke-19 itu, kedua tim bermain imbang 2-2.

Barcelona sempat unggul 2-1, usai Luis Suarez dan Arturo Vidal mencetak gol. Barcelona sebelumnya kebobolan dari aksi David Lopez. Namun, gol pemain asal China, Wu Lei, pada menit 88 membuat skor imbang 2-2.

Tambahan satu poin membuat Barcelona mendapatkan 40 poin hingga pekan ke-19. Jumlah tersebut sama dengan Real Madrid. Namun, Barcelona berada di puncak klasemen karena selisih gol lebih baik.

1 dari 2 halaman

Barcelona yang Rapuh

Barcelona sebenarnya konsisten berada di papan atas klasemen La Liga selama paruh musim pertama 2019/2020 ini. Hanya saja, dalam ulasan Ramiro Aldunate, Los Blancos belum tampil sesuai dengan harapan.

"Barcelona jauh dari yang terbaik, meskipun ini bukan perkembangan baru dengan tim yang hampir tidak pernah turun panggung sejak awal kampanye," ucap Ramiro Aldunate dikutip dari Marca.

Bahkan, Ramiro Aldunate mengatakan bahwa Barcelona adalah tim yang rapuh pada musim 2019/2020 ini. Laga melawan Espanyol menjadi salah satu contohnya. Barca sudah unggul, tetapi gagal menang.

"Barcelona rapuh pada musim ini, mereka kehilangan lebih banyak poin di paruh pertama musim daripada apa yang normal mereka alami sejak 2010, dan tanda-tanda yang mengkhawatirkan selalu ada," kata Ramiro Aldunate.

2 dari 2 halaman

Taktik Ernesto Valverde Tidak Inovatif?

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde (c) AP Photo
Pelatih Barcelona Ernesto Valverde (c) AP Photo

Ramiro Aldunate mengatakan, ada beberapa alasan yang membuat Barcelona belum tampil optimal pada musim 2019/2020 ini. Pemain sudah tampil bagus, tetapi faktor pelatih diklaim menjadi salah satu masalah krusial.

"Sepak bola Ernesto Valverde terus dikritik para pendukung dan tentu saja tidak seinovatif Pep Guardiola atau sama kejamnya dengan Luis Enrique," ucap Ramiro Aldunate.

"Barcelona sekarang tidak mendominasi pertandingan, mereka menang karena kecemerlangan individu dari Lionel Messi dan Luis Suarez," sambung Ramiro Aldunate.

Lionel Messi dan Luis Suarez punya kontribusi yang masif untuk Barcelona pada musim 2019/2020. Bahkan, Luis Suarez tercatat selalu terlibat pada 10 gol terakhir Barcelona musim ini. Baik itu lewat assist maupun gol.

Sumber: Marca

KOMENTAR