BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Barca Bisa Kalah Telak di El Clasico Jika Valverde Masih Belum Berani

26-02-2019 10:50 | Richard Andreas

Ernesto Valverde. (c) AFP Ernesto Valverde. (c) AFP

Bola.net - Bos Barcelona, Ernesto Valverde tengah menghadapi momen krusial dalam kariernya di Blaugrana dalam satu pekan ke depan. Pekan ini, Barca dua kali melawan Real Madrid pada laga bergengsi bertajuk El Clasico, masing-masing di ajang Copa del Rey dan La Liga.

Kamis (28/2) dini hari WIB besok, Barca melawat ke Santiago Bernabeu untuk mempertandingkan leg kedua (1-1) semifinal Copa del Rey. Tiga hari kemudian, Minggu (3/3) dini hari WIB, Barca kembali melawat ke markas Madrid dalam ajang La Liga.

Menghadapi Madrid jelas tidak mudah, Valverde harus bisa membuat keputusan yang tepat. Sebab, sebagian fans Barca tidak puas dengan keputusan Valverde yang terlalu konservatif dan cari aman. Barca seharusnya tampil menyerang.

Juga, Valverde selalu kesulitan saat melakukan rotasi. Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Terlalu Defensif

Menukil Marca, banyak fans Barca yang tidak puas dengan keputusan Valverde yang kadang terlalu defensif. Valverde sering menurunkan lini tengah yang cenderung defensif pada laga-laga besar.

Terbukti, saat melawan Sevilla di Ramon Sanchez Pizjuan beberapa waktu lalu, Valverde ngotot memainkan Arturo Vidal - yang sebenarnya tidak diperlukan Barcelona.

Valverde akhirnya menyadari kesalahan itu dan menarik keluar Vidal setelah 45 menit. Dia menyadari bahwa Barca harus lebih banyak bermain di lini tengah, dan Vidal bukan peman yang tepat untuk itu.

2 dari 3 halaman

Pemain Senior

Aksi Luis Suarez saat melawan Lyon. (c) AP Aksi Luis Suarez saat melawan Lyon. (c) AP

Tak hanya itu, Valverde juga dituding hanya berani melakukan pergantian pemain yang mudah. Dia mengistimewakan pemain-pemain senior, tidak berani menarik mereka keluar. Dia justru menarik pemain-pemain muda yang mungkin sebenarnya tampil lebih baik.

Contohnya, saat melawan Lyon di Liga Champions beberapa waktu lalu, Valverde memilih menarik Ousmane Dembele ketimbang Luis Suarez yang tampil buruk.

Atau saat dia menarik Carles Alena pada laga melawan Leganes, padahal gelandang itu merupakan salah satu pemain terbaik Barca pada laga tersebut.

Pekan ini, Barca akan menentukan masa depan mereka di Copa del Rey, dan mungkin soal persaingan di La Liga, keduanya melawan Real Madrid. Bermain di Santiago Bernabeu, sudah waktunya bagi Valverde untuk membuktikan keberaniannya.

3 dari 3 halaman

Berita Video

Berita video tentang keinginan Wayne Rooney usai pensiun dari dunia sepak bola.

KOMENTAR