Bagaimana Performa Real Madrid 2021/2022: Kesuksesan Don Carlo, Ternoda Kekalahan 0-4 di El Clasico

Ari Prayoga | 25 Mei 2022, 10:38
Real Madrid juara La Liga 2021/22 (c) AP Photo
Real Madrid juara La Liga 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Musim 2021/22 berjalan cukup baik bagi Real Madrid. Klub ibu kota Spanyol itu sukses menjuarai La Liga, dan masih akan bermain di partai final Liga Champions.


Musim lalu Real Madrid hanya mampu finis di peringkat kedua di tabel klasemen La Liga, dengan tertinggal dua poin dari sang tetangga, Atletico Madrid yang keluar sebagai kampiun.

Real Madrid pun kemudian ditinggal Zinedine Zidane. Sebagai pengganti, Los Blancos kembali menunjuk sang mantan entrenador mereka, Carlo Ancelotti.

Secara luar biasa, tangan dingin Ancelotti mampu membawa Real Madrid kembali ke fitrahnya sebagai klub tersukses sepanjang sejarah sepak bola Spanyol.

Seperti apa perjalanan Real Madrid di musim 2021/22 ini? Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 7 halaman

Comeback Carlo Ancelotti Berbuah Sukses

Carlo Ancelotti merayakan kesuksesan Real Madrid mengalahkan Manchester City di leg kedua semifinal UCL 2021-22 di Santiago Bernabeu, Kamis (05/05/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Ancelotti berhasil membuat Real Madrid tampil sangat dominan di ajang La Liga 2021/22. Karim Benzema cs tak pernah sekali pun melepas posisi puncak klasemen sejak jornada ke-14.

Dominasi Real Madrid di La Liga ini juga terbantu oleh melemahnya sang rival abadi, Barcelona yang ditinggal sang ikon, Lionel Messi serta mengalami krisis finansial.

Meski demikian, kesuksesan Real Madrid di pentas La Liga sedikit ternoda oleh kekalahan dengan skor telak 0-4 dari Barcelona dalam partai bertajuk El Clasico di Santiago Bernabeu pada 21 Maret 2022 lalu.

Di ajang domestik lainnya, Real Madrid menjuarai Supercopa de Espana usai mengalahkan Athletic Bilbao 2-0 di partai final. Sebelumnya, Bilbao sempat menjadi mimpi buruk Los Merengues di Copa del Rey. Madrid harus menyerah 0-1 dari Bilbao di babak perempat final.

Kesuksesan juga dijalani Real Madrid di pentas Liga Champions. Dipenuhi dengan comeback sensasional, Luka Modric dkk, berhasil melaju hingga partai final dan akan menghadapi Liverpool.

2 dari 7 halaman

Pemain Terbaik: Karim Benzema

Ekspresi Karim Benzema usai membobol gawang Manchester City, Kamis (5/5/2022) (c) AP Photo

Tak pelak lagi, Karim Benzema jelas menjadi aktor utama kesuksesan Real Madrid musim ini. Bomber asal Prancis itu menjadi top skor La Liga dengan 27 gol. Ia juga menyumbang 12 assist.

Ketajaman Benzema juga ia tunjukkan di pentas Liga Champions. Sejauh ini ia sudah menciptakan 15 gol dan berperan penting membawa Real Madrid berjaya, khususnya di fase knock-out.

Jika ditotal secara keseluruhan, musim ini Benzema sudah menciptakan 44 gol dari 45 pertandingan di semua kompetisi. Benzema pun berpeluang menambah pundi golnya dalam laga final Liga Champions kontra Liverpool nanti.

Selain Benzema, satu nama yang layak dikedepankan sebagai pemain tersukses di skuad Real Madrid musim ini adalah Vinicius Junior yang sudah menciptakan 21 gol dan 16 assist.

3 dari 7 halaman

Pemain Terburuk: Gareth Bale

Pemain Real Madrid, Gareth Bale (c) AP Photo

Nasib Gareth Bale di Real Madrid sebenarnya sudah mengalami ketidakjelasan sejak beberapa musim lalu. Musim ini ia kembali ke skuad El Real usai sempat dipinjamkan ke Tottenham.

Sayang, lagi-lagi musim Bale berjalan jauh dari kata sukses. Winger asal Wales itu tercatat hanya bermain sebanyak tujuh kali di semua ajang dan mencetak satu gol.

Bale seakan menjadi nama yang sudah dilupakan di skuad Real Madrid. Bahkan, pemain 32 tahun itu tak terlihat ikut antusias merayakan gelar juara La Liga timnya.

Besar kemungkinan Real Madrid di jendela transfer musim panas kali ini bakal benar-benar melepas Bale secara permanen, mengingat kontribusinya sudah sangat minim.

Selain Bale, kontribusi Eden Hazard juga terbilang sangat jauh dari kata memuaskan. Cedera memaksanya hanya tampil 22 kali, dengan hanya delapan di antaranya sebagai starter.

4 dari 7 halaman

Penuh Keajaiban di Liga Champions

Skuad Real Madrid saat berhadapan dengan Manchester City, Kamis (5/5/2022) (c) AP Photo

Real Madrid masih bisa menutup petualangan mereka di musim 2021/22 ini dengan tambahan satu trofi. Syaratnya, tim asuhan Ancelotti harus bisa mengalahkan Liverpool di Stade de France, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB nanti.

Perjalanan Real Madrid di ajang Liga Champions musim ini bisa dibilang penuh keajaiban. Meski sempat dipermalukan Sheriff Tiraspor di kandang sendiri, El Real tetap berhasil finis sebagai juara di babak penyisihan grup.

Keajaiban pertama Real Madrid datang di babak 16 besar. Kalah 0-1 di leg pertama dari PSG, Los Blancos berhasil melakukan comeback dengan menang 3-1 lewat hat-trick Benzema di leg kedua yang digelar di Santiago Bernabeu.

Memasuki babak perempat final, Real Madrid tampil meyakinkan di leg pertama dengan mempermalukan tuan rumah Chelsea 3-1. Namun, tiket menuju semifinal tidak didapat semudah yang dikira.

Chelsea sempat berhasil membalikkan skor agregat dengan memimpin 3-0 di Santiago Bernabeu. Namun, keajaiban kembali datang untuk Real Madrid yang berhasil mencetak dua gol untuk memenangi pertarungan dengan skor agregat 5-4.

Keajaiban bagi Real Madrid tak berhenti sampai di situ. Memasuki semifinal, El Real sempat menyerah 3-4 dalam partai leg pertama di kandang Manchester City.

Hebatnya, pada laga leg kedua Real Madrid sempat tertinggal 0-1 hingga menit-menit akhir babak kedua sebelum Rodrygo mencetak dua gol dalam rentang dua menit. Benzema pun menjadi penentu kemenangan Madrid di babak extra time.

5 dari 7 halaman

Bagaimana Musim Depan?

Pemain Real Madrid, Marcelo, menyapa pendukung usai menjalani laga pekan ke-38 La Liga melawan Real Betis hari Sabtu (21/5/2022). (c) AP Photo

Berkaca pada musim ini, Real Madrid terbukti sudah sangat kuat meski hanya dengan tambahan beberapa pemain. Musim depan seharusnya tidak jauh berbeda, Los Blancos masih akan bersaing di level top.

Trio Vinicius, Benzema, dan Rodrygo di lini serang bisa jadi akan semakin padu di musim depan, dan semakin membahayakan lawan-lawan Real Madrid.

Meski demikian, Real Madrid harus mewaspadai ambisi bangkit yang diusung Barcelona dengan Xavi sebagai nakhoda mereka serta kemungkinan tambahan sejumlah pemain top.

6 dari 7 halaman

Gosip Transfer

Skuat Real Madrid merayakan kelolosan mereka ke Final Liga Champions 2021/22 (c) AP Photo

Real Madrid belakangan menjadi sorotan di bursa transfer setelah mereka dipastkan gagal menggaet Kylian Mbappe. Bintang Prancis itu ternyata lebih memilih untuk bertahan di PSG.

Menarik dinanti bagaimana manuver Real Madrid untuk mencari pengganti Mbappe, meski sejatinya mereka sudah memiliki lini depan luar biasa dengan adanya Vinicius, Benzema, dan Rodrygo.

Sebelum kabar penolakan Mbappe, Real Madrid sudah lebih dulu disebut sukses menjalin kesepakatan dengan bek Chelsea, Antonio Rudiger. El Real menggaet bek asal Jerman itu secara gratis.

Satu lagi pemain yang sepertinya akan merapat ke Santiago Bernabeu pada musim panas ini adalah gelandang muda AS Monaco, Aurelien Tchouameni.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR