BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Awal Mula Messi Dijadikan False Nine: Demi Kalahkan Madrid

15-01-2020 21:26 | Dimas Ardi Prasetya

Lionel Messi. (c) AP Photo Lionel Messi. (c) AP Photo

Bola.net - Superstar Barcelona Lionel Messi dijadikan sebagai False Nine oleh Josep Guardiola sebagai taktik untuk kejutkan dan kalahkan Real Madrid.

Di awal karirnya di Barcelona, Messi sering dijadikan sebagai seorang winger. Entah itu di sisi kanan atau kiri.

Namun pada akhirnya ia sering dimainkan di sisi sayap kanan. Dengan demikian, Messi bisa menusuk masuk dan memiliki banyak opsi dengan kaki kirinya pada bola.

Ia juga sesekali dijadikan sebagai penyerang tengah. Akan tetapi La Pulga kemudian berevolusi dengan memainkan peran sebagai False Nine.

1 dari 3 halaman

Taktik untuk Kalahkan Madrid

Lionel Messi tampil dengan apik dalam posisi tersebut. Taktik itu kemudian menjadi populer di dalam dunia sepak bola.

Pemain berusia 32 tahun itu lantas menceritakan awal mula dirinya memainkan peran tersebut. Ia mengaku Josep Guardiola merancang taktik tersebut untuk mengalahkan Real Madrid.

“Saya ingat itu mengejutkan saya karena ia memanggil saya ke kantornya di pusat latihan sehari sebelum pertandingan,” kenangnya pada DAZN.

“Ia mengatakan kepada saya bahwa ia telah menonton banyak pertandingan Real Madrid, seperti yang selalu ia lakukan dengan semua lawannya, bahwa ia telah berbicara dengan Tito [Vilanova] dan bahwa mereka berpikir untuk membuat saya bermain sebagai False Nine," bebernya.

2 dari 3 halaman

Kejutan yang Berhasil

Lionel Messi menjelaskan, Josep Guardiola memakai taktik itu untuk menciptakan lubang di area tengah pertahanan lawan. Dengan demikian, hal itu bisa membuat kedua pemain di sisi sayap memiliki ruang untuk bergerak masuk dan mencetak gol.

“Mereka akan membuat [Samuel] Eto'o dan [Thierry] Henry bermain melebar dan saya akan bermain sebagai False Nine, untuk turun ke bawah dengan para gelandang," tuturnya.

“Idenya adalah bahwa bek tengah akan mengikuti saya, meninggalkan ruang bagi dua pemain cepat untuk berlari di belakang mereka. Bahkan, ada gol bagus yang dicetak oleh Henry yang diciptakan seperti itu. Itu adalah kejutan bagi kami dan bagi Real Madrid," serunya.

3 dari 3 halaman

Tidak Canggung

Lionel Messi mengaku meski ikut terkejut dengan peran baru itu, namun ia tidak memainkanya dengan canggung. Sebab ia pernah memiliki pengalaman bermain di posisi yang nyaris sama sebelumnya.

Saat masih di Argentina, ia sering dimainkan tepat di belakang striker. Selain itu ia juga pernah bermain sebagai gelandang serang dalam formasi diamond.

“Saya ingat dalam pertandingan itu kami memiliki banyak penguasaan bola. Kami sepertinya selalu memiliki satu pemain lagi di tengah lapangan dan saya, meskipun tidak pernah bermain sebagai penyerang tengah, sudah tahu posisi itu karena ini tentang memulai dari yang lebih dalam untuk maju tanpa menjadi penyerang tengah yang tetap. Jadi itu juga bukan perubahan besar bagi saya,” seru Messi.

Dalam beberapa musim belakangan ini, Lionel Messi tak lagi sering dijadikan False Nine di Barcelona. Ia lebih sering dikembalikan ke posisinya di sayap kanan.

(dazn)

KOMENTAR

Terkuak, Kelemahan Dasar Pemain Sepak Bola Indonesia