BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Apa yang Akan Terjadi Berikutnya Setelah Lionel Messi Bertahan di Barcelona?

07-09-2020 17:27 | Dimas Ardi Prasetya

Bintang Barcelona, Lionel Messi, tampak kecewa saat timnya kalah atas Bayern Munchen pada babak perempat final Liga Champions hari Sabtu (15/8/2020). (c) AP Photo Bintang Barcelona, Lionel Messi, tampak kecewa saat timnya kalah atas Bayern Munchen pada babak perempat final Liga Champions hari Sabtu (15/8/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Ada sejumlah hal yang diprediksi akan terjadi setelah Lionel Messi memastikan dirinya bertahan semusim lagi di Barcelona.

Saga besar di Catalan itu telah berakhir. Messi memastikan dirinya tak hengkang ke klub lain pada musim panas ini.

Padahal ia sebelumnya sudah ngotot untuk angkat kaki dari Camp Nou. Bahkan ia sudah mengajukan transfer request via Burofax.

Messi ingin cabut dari Barca karena Presiden klub yakni Josep Maria Bartomeu ingkar janji. Namun ia akhirnya memilih bertahan karena enggan membawa saga tersebut ke ranah pengadilan.

Kini Messi bertahan dengan terpaksa di Barcelona. Setelah ini kira-kira apa saja hal yang bisa terjadi sebagai imbas keputusan tersebut?

Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 7 halaman

Atmosfer Ruang Ganti Berubah

Pernahkan Anda berkoar-koar bahwa Anda ingin melakukan ini, melakukan itu, tapi pada akhirnya tidak jadi? Rasanya pasti malu dan canggung bukan.

Kemungkinan besar pasti Messi juga merasa demikian. Rekan-rekannya juga pasti terkena imbasnya. Mereka bisa jadi akan merasa sungkan untuk berbicara dengannya.

Belum lagi, sepertinya pemain yang dekat dengannya akan pergi ke klub lain, yakni Luis Suarez. Kabarnya pemain asal Uruguay itu bakal merapat ke Juventus. Messi tentu bakal merasa makin sendirian.

Sebelum ini saja, para pemain Barca cuma diam membisu. Tak ada yang berkomentar di media, termasuk pemain-pemain yang dekat dengannya.

Namun seiring waktu, hal ini tentu bisa berubah. Suasana bisa kembali mencair. Dengan catatan, petinggi klub tak berulah lagi.

2 dari 7 halaman

Klub-Klub Ubah Strategi Transfer Demi Messi

Lionel Messi memang gagal pergi pada musim panas ini. Namun ia masih bisa pergi dengan harga miring Januari nanti, atau bahkan secara gratis.

Meski dengan dua hal tersebut, biaya perekrutan Messi tetaplah mahal. Tim-tim yang berminat merekrutnya wajib menyisakan alokasi dana yang sangat besar.

Maklum saja gajinya selangit. Belum lagi bonus-bonus lainnya.

Jadi pasti akan ada tim yang harus mengubah rencana transfernya lebih dahulu. Entah itu dengan menunda pembelian pemain baru, atau harus melego pemain yang ada.

3 dari 7 halaman

Hubungan Messi dan Bartomeu Memburuk

Salah satu alasan Lionel Messi ingin hengkang adalah Josep Maria Bartomeu. Pasalnya sang presiden, seperti yang diungkapkan La Pulga, sudah ingkar janji.

"Saya memberitahu presiden dan ia selalu berkata bahwa pada akhir musim, saya bisa menentukan jika ingin pergi atau bertahan, dan pada akhirnya dia tidak menepati janjinya," beber Messi.

Messi akhirnya memang bertahan. Namun ia melakukannya dengan terpaksa.

Bisa dibayangkan bagaimana ambyarnya perasaan Messi. Sudah dibohongi dan dipaksa bertahan dalam situasi yang tak ia inginkan dan semua ini gara-gara Bartomeu.

Kecuali Messi mau berbesar hati, hubungannya dengan Bartomeu pasti akan memburuk ke depannya.

4 dari 7 halaman

Bartomeu Bakal Rugi di Bursa Pemilihan Presiden

Kondisi Barcelona beberapa bulan belakangan ini sepertinya sudah ambyar. Mereka diributkan oleh konflik pemain dan manajemen klub.

Alhasil, prestasi klub menurun drastis. Lionel Messi pun sampai ngotot ingin cabut dari Camp Nou.

Tak cukup sampai di situ, fans Barca pun sampai turun ke jalanan. Mereka mendemo klub, sesuatu yang sangat jarang terjadi sebelumnya.

Apakah ini adalah 'prestasi' yang diinginkan oleh seseorang yang ingin mempertahankan posisinya sebagai orang nomor satu di klub? Jelas tidak.

Semua masalah itu akan jadi santapan empuk bagi para pesaing Bartomeu. Kemungkinan besar ia akan kalah di pemilu 2021 mendatang.

5 dari 7 halaman

Duit yang Terbatas

Saat ini kondisi finansial klub mungkin tak terlalu bagus. Semua karena pandemi corona covid-19.

Barca mungkin bisa saja mendapatkan banyak duit jika melepas Messi. Namun kini tak ada pemasukan ke kas mereka karena La Pulga batal pergi.

Jadi sepertinya, tak akan ada perekrutan pemain dengan harga mewah pada musim panas ini. Contohnya saja untuk merekrut Lautaro Martinez.

Barca memang masih tetap bisa mendatangkan pemain berkualitas dengan harga miring. Sebut saja Georginio Wijnaldum, yang kontraknya tersisa semusim lagi di Liverpool.

6 dari 7 halaman

Tugas Berat Koeman

Ronald Koeman sebelumnya berharap Lionel Messi bertahan. Kini ia sudah mendapatkan apa yang ia inginkan.

Kini ia harus menghadapi tugas lainnya. Ia harus bisa meyakinkan Messi agar tetap bermain secara maksimal.

Jadi ia harus menemukan formula yang tepat di atas lapangan agar Messi bisa tetap mengeluarkan potensi terbaiknya. Sebab untuk saat ini, hanya Messi yang sangat bisa diandalkan untuk bisa menyelamatkan musim Barca musim depan.

Pasalnya Blaugrana mungkin tak akan bisa mendatangkan pemain kelas dunia untuk membantu Messi, karena keterbatasan dana. Belum lagi pemain pilar lama ada yang akan hengkang.

Selain itu ada juga proses adaptasi. Ronald Koeman harus beradaptasi dengan Lionel Messi dan pemain lawas Barcelona. Demikian juga sebaliknya. Belum lagi nanti ada pemain anyar, yang tentunya juga harus beradaptasi dengan lingkungan barunya.

7 dari 7 halaman

Messi Masih Jadi Kapten?

Lionel Messi adalah kapten Barcelona. Ia diharapkan menjadi pemimpin di atas lapangan.

Namun kini ada satu pertanyaan besar. Masih bisa kah Messi memikul tanggung jawab tersebut?

Semua harus dievaluasi. Sebab jika kondisi mental Messi terganggu, sebaiknya ia memang tak dijadikan kapten agar bebannya sedikit berkurang.

Saat ini ada pemain lain yang bisa diandalkan untuk menjadi kapten di Barcelona selain Lionel Messi. Ada Sergio Busquets dan Gerard Pique, serta Sergi Roberto.

KOMENTAR