BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Analisis Opsi Lionel Messi: Ke Mana Andai Tinggalkan Barcelona Tahun Depan?

04-07-2020 07:40 | Richard Andreas

Aksi Lionel Messi saat melawan Real Mallorca di pekan ke-28 La Liga 2019/2020 (c) AP Photo Aksi Lionel Messi saat melawan Real Mallorca di pekan ke-28 La Liga 2019/2020 (c) AP Photo

Bola.net - Spekulasi perihal masa depan Lionel Messi semakin memanas. Muncul kabar bahwa Messi tidak berniat meneken kontrak baru di Barcelona, yang berarti dia bisa pergi pada musim panas 2021 mendatang.

Media-media Spanyol menyebut bahwa Messi sudah muak dengan petinggi klub. Pengelolaan Blaugrana beberapa tahun terakhir memang terbilang buruk, khususnya perihal pembelian pemain mahal yang akhirnya terbuang sia-sia.

Menurut Cadena SER, megabintang Barca yang baru membukukan 700 gol ini sudah muak dengan konflik internal Barca. Awalnya Messi masih berminat meneken kontrak baru, tapi masalah beberapa bulan terakhir membuatnya berubah pikiran.

Barca musim ini memang bermasalah. Mulai dari pemecatan pelatih sampai kontroversi yang melibatkan presiden Josep Maria Bartomeu. Messi biasanya diam, tapi musim ini dia beberapa kali mengkritik klub.

Proyek pengembangan skuad Barca pun tidak berjalan baik, beberapa pembelian top justru flop. Sebut saja Philippe Coutinho yang nasibnya tidak jelas, juga Antoine Griezmann yang juga mulai diragukan.

Jika dahulu kepergian Messi sulit dibayangkan, sekarang mimpi buruk itu sepertinya kian dekat. Pertanyaannya, apa langkah Messi berikutnya?

Mengutip Sportskeeda, baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Ke mana Messi bakal pergi?

Kepergian Messi adalah satu hal, tapi ke mana dia bakal pergi? Banyak yang meyakini Messi bakal hengkang ke Manchester City untuk bereuni dengan Josep Guardiola, opsi ini memang paling ideal.

Man City punya uang, proyek ada, pelatih top pun ada. Ini pun bisa jadi opsi ideal bagi Messi, yang juga bisa membuktikan kualitasnya di luar Barcelona.

Kendati demikian, masih ada keraguan besar tentang masa depan Guardiola. Sejauh ini Pep sudah meraih 7 trofi mayor untuk klub dan mungkin dia sudah siap mengakhiri kariernya di Etihad Stadium.

Juga, ada kasus pencekalan Man City dari Liga Champions untuk dua musim ke depan yang masih berusaha dikurangi.

2 dari 3 halaman

Bisa ke PSG

Selain Man City, klub lain yang berpotensi mendapatkan Messi adalah PSG. Juara Ligue 1 ini pun punya kekuatan finansial yang mumpuni, mereka tidak akan kesulitan membayar harga Messi.

Terlebih, PSG memiliki pemain yang diinginkan Barca, Neymar. Skenario ini mungkin terbilang mustahil, tapi bisa saja terjadi. Andai Messi memaksa pergi, Barca bisa meminta Neymar sebagai pengganti.

PSG pun tidak akan melewatkan kesempatan mendapatkan Messi. Mereka bermimpi mengejar trofi Liga Champions, keberadaan Messi bisa memperbesar peluang mereka.

3 dari 3 halaman

Mungkinkah ke benua lain?

Selain dua klub besar di atas, ada juga satu opsi lain yang bisa dipilih Messi. Langkah ini sama seperti dua legenda Barcelona sebelumnya, Xavi dan Andres Iniesta.

Demi membalas budi Barcelona, Messi bisa saja meninggalkan Eropa. Seperti Iniesta yang memilih pergi ke Jepang atau Xavi yang memilih hengkang ke Qatar. Messi sangat mungkin meniru langkah ini.

Ada beberapa opsi, bisa ke MLS, bisa ke Liga Super Cina, atau bahkan kembali ke Argentina. Messi sendiri pernah beberapa kali bicara soal kemungkinan pulang ke klub lamanya, Newell's Old Boys.

Ke mana pun Messi pergi, sepak bola Eropa bakal kehilangan pemain terbaiknya.

Sumber: Sportskeeda

KOMENTAR