BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ambisi Calon Presiden Barcelona: Mempertahankan Messi, Memulangkan Guardiola

30-10-2020 12:09 | Yaumil Azis

Pemain Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo Pemain Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo

Bola.net - Kursi kepresidenan Barcelona menjadi arena pertarungan begitu Josep Maria Bartomeu memutuskan untuk mundur. Kandidat penggantinya mulai memaparkan visi dan misi mereka untuk membawa klub ke titik kejayaannya.

Barcelona memang masih dikenal sebagai salah satu raksasa Eropa di era kepemimpinan Bartomeu. Namun harus diakui kalau klub menunjukkan penurunan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Bartomeu memecat Ernesto Valverde yang menjadi biang serangkaian masalah pada musim kemarin. Ia menggantikan pria berusia 56 tahun tersebut dengan sosok yang memiliki kualitas kepelatihan lebih buruk, Quique Setien.

Sebelum Setien datang, Barcelona sempat berada di puncak klasemen La Liga. Kehadiran Setien membuat performa klub menunjukkan kemunduran hingga gagal menjuarai kompetisi tersebut jelang mendekati pekan terakhir.

Puncaknya ialah kekalahan memalukan atas Bayern Munchen di Liga Champions. Dapat dipastikan kalau Setien yang patut bertanggung jawab atas skor 2-8 yang diterima Barcelona dari klub raksasa Jerman tersebut.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Berniat Memulangkan Josep Guardiola

Masalah buat Bartomeu berlanjut begitu sang bintang, Lionel Messi, menyatakan ingin meninggalkan Barcelona. Mosi tidak percaya pun digalakkan dan berhasil mengumpulkan total 20 ribu suara.

Seharusnya Bartomeu lengser dari kursi kepresidenan pada bulan November mendatang. Namun ia memutuskan mundur lebih cepat dari yang telah dijadwalkan. Kursi kepresidenan pun kini menjadi arena pertarungan buat calon penggantinya.

Victor Font, yang cukup vokal menyuarakan mosi tidak percaya, mulai mengumbar visi misinya. Ia mengatakan kalau dirinya berniat mengembalikan sosok penting Barcelona dan salah satuny adalah Josep Guardiola.

"Pep Guardiola, Xavi, [Andres] Iniesta, [Carles] Puyol. Mereka semua adalah legenda yang mencintai Barcelona namun tidak bekerja bagi Barca hari ini - kami harus memulangkan mereka untuk memastikan bahwa kami akan memiliki proyek yang kompetitif," ujarnya ke Sky Sports.

2 dari 2 halaman

Ingin Mempertahankan Lionel Messi

Semua ini dilakukan agar ambisi Font lainnya bisa terwujud, yakni meyakinkan Messi agar mau menandatangani kontrak baru. Saat ini, Messi terikat kontrak yang hanya berlaku hingga tahun 2021 mendatang.

"Satu-satunya hal yang Messi butuhkan adalah tahu bahwa dia adalah bagian dari proyek kompetitif yang mengaspirasi untuk memenangkan Liga Champions berikutnya," tambah Font.

"Kami tidak ragu bahwa bila kami mendapatkan kehormatan untuk memimpin Barcelona, kami akan mampu mencapai titik itu," pungkasnya.

Keputusan Messi meninggalkan Barcelona di akhir musim nampaknya sudah bulat. Saat bertemu Goal International beberapa waktu lalu, ia mengatakan bahwa dirinya ingin pergi karena merasa waktunya di Barcelona telah usai.

(The World Game)

KOMENTAR