BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Adu Tangguh dan Tajam Pertahanan Real Madrid vs Barcelona, Siapa Lebih Baik?

28-01-2020 09:22 | Asad Arifin

Bomber Real Madrid, Karim Benzema, bersama bek senior Barcelona, Gerard Pique usai duel El Clasico. (c) AP Photo Bomber Real Madrid, Karim Benzema, bersama bek senior Barcelona, Gerard Pique usai duel El Clasico. (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid merebut puncak klasemen pekan ke-21 La Liga musim 2019/2020 dari Barcelona. Sukses ini tidak lepas dari kontribusi besar lini pertahanan, baik saat bertahan atau ketika membantu serangan.

Pada pekan ke-21, Real Madrid mendapat hasil yang sangat penting. Los Blancos menang dengan skor 1-0 atas tuan rumah Real Valladolid. Gol tunggal diciptakan Nacho Fernandez.

Sedangkan, Barcelona justru kalah saat bertandang ke Mestalla, markas Valencia. Barcelona kalah dengan skor 2-0 lewat sepasang gol Maxis Gomez. Barcelona berpeluang kalah 3-0 andai penalti Maxi Gomez tidak gagal.

Dengan hasil itu, Real Madrid kini memimpin klasemen dengan raihan 46 poin. Sedangkan, Barcelona berada di posisi kedua dengan 43 poin. Barca harus turun setelah beberapa pekan ada di puncak.

1 dari 2 halaman

Adu Tangguh Pertahanan Real Madrid vs Barcelona

Real Madrid tampil solid di lini pertahanan pada musim 2019/2020. Walau di awal musim performa Thibaut Courtois pantas dipertanyakan, kini kiper asal Belgia tampil begitu gemilang. Dari 18 laga, di hanya kebobolan 10 gol dan meraih clean sheet 10 kali.

Real Madrid pun menjadi klub, hingga pekan ke-21 La Liga, dengan jumlah kebobolan paling minim. Real Madrid baru kebobolan 13 gol, satu gol lebih baik dibanding Atletico Madrid.

Sedangkan, performa lini pertahanan Barcelona tidak cukup baik. Kiper Marc-Andre ter Stegen sebenaranya tampil bagus, pada laga kontra Valencia adalah contohnya. Tetapi, pemain di depannya yang tidak dalam performa terbaik.

Pada era Ernesto Valverde, duet Gerard Pique dan Clement Lenglet tidak berjalan dengan baik. Sedangkan, pada rezim Quique Setien, formula tiga bek -Samuel Umtiti, Gerard Pique dan Sergi Roberto- juga belum tampil optimal.

Sejauh ini, Barcelona sudah kebobolan 25 gol, hampir dua kali lipat jumlah kebobolan Real Madrid.

2 dari 2 halaman

Produktivitas Pemain Belakang Real Madrid vs Barcelona

Real Madrid ketika menang dengan skor 0-1 atas Real Valladolid pada pekan ke-21 La Liga, Senin (27/1/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Real Madrid ketika menang dengan skor 0-1 atas Real Valladolid pada pekan ke-21 La Liga, Senin (27/1/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Tugas utama pemain belakang tentu saja menjaga lini pertahanan. Namun, pada saat tertentu, mereka juga bisa membantu tim mencetak gol. Pada kasus Real Madrid, pemain belakang bisa menjadi penentu kemenangan.

Nacho Fernandez memastikan Real Madrid menang atas Valldolid. Lalu, ada Raphael Varane yang mencetak dua gol dan membawa Real Madrid menang atas Getafe. Belum lagi Sergio Ramos yang sejauh ini sudah mencetak tiga gol di La Liga.

Sejauh ini, ada empat pemain belakang Real Madrid yang sudah mencetak go: Sergio Ramos [3], Nacho Fernandez [1], Dani Carvajal [1], dan Raphael Varane [2].

Tujuh gol diciptakan pemain belakang Real Madrid. Jumlah tersebut unggul dari Barcelona yang baru mencetak empat gol dari para pemain belakang.

Belum ada satu pun bek Barcelona yang mencetak lebih dari satu gol. Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba, dan Junior Firpo baru mencetak satu gol di pentas La Liga.

Jadi, hingga pekan ke-21 La Liga 2019/2020, lini pertahanan siapa yang lebih Bolaneters?

Sumber: Whoscored

KOMENTAR

Bermain Seri, Arsenal Jadi Juara Grup Liga Europa