BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Adios! Kekalahan dari Vallecano Resmi Jadi Penutup Karier Koeman di Barcelona

28-10-2021 05:40 | Dimas Ardi Prasetya

Ronald Koeman usai mendampingi Barcelona di laga lawan Rayo Vallecano, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo
Ronald Koeman usai mendampingi Barcelona di laga lawan Rayo Vallecano, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Raksasa La Liga Barcelona resmi mengumumkan bahwa mereka telah resmi memecat Ronald Koeman sebagai pelatihnya per hari Kamis (28/10/2021).

Pemecatan itu diumumkan tak lama setelah laga lawan Rayo Vallecano di pekan ke-11 La Liga 2021-22 di Campo de Futbol de Vallecas. Di laga itu Barcelona keok tipis 1-0.

Kekalahan ini merupakan kekalahan kedua beruntun di La Liga. Sebelumnya Barcelona dibekuk rival bebuyutannya yakni Real Madrid.

Kekalahan dari Rayo ini membuat Barcelona cuma menang empat kali saja dari 10 laga di La Liga 2021-22 sejauh ini. Sisanya tiga kali kalah dan tiga kali imbang.

1 dari 2 halaman

Pengumuman Resmi Barcelona

Pemecatan Ronald Koeman itu diumumkan di situs resmi Barcelona. Klub Catalan itu menyebut Presiden klub yakni Joan Laporta yang menginformasikan langsung pemecatan tersebut pada Koeman usai laga lawan Rayo Vallecano.

"FC Barcelona telah membebaskan Ronald Koeman dari tugasnya sebagai pelatih tim utama. Presiden klub, Joan Laporta, memberi tahu dia tentang keputusan tersebut setelah kekalahan melawan Rayo Vallecano. Ronald Koeman akan mengucapkan selamat tinggal kepada skuad pada hari Kamis di Ciutat Esportiva."

"FC Barcelona ingin mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya kepada Klub dan mendoakan yang terbaik untuknya dalam karir profesionalnya."

2 dari 2 halaman

Karir Kepelatihan Koeman di Barcelona

Ronald Koeman ditunjuk sebagai pelatih Barcelona sejak Agustus 2020 lalu. Ia mengisi posisi yang sebelumnya diisi oleh Quique Setien.

Koeman sempat mengalami masa-masa sulit di musim perdananya di Barcelona. Namun ia masih bisa membawa Blaugrana meraih gelar Copa del Rey 2020-21.

Di musim 2021-22 ini, Barcelona tak cuma belepotan di La Liga. Mereka juga kepayahan di Liga Champions di mana mereka sudah kalah dua kali dari tiga laga.

Total, Ronald Koeman sudah 67 kali menukangi Barcelona. Ia mencatatkan 40 kemenangan, 11 kali hasil imbang dan 16 kekalahan.

(FC Barcelona)

KOMENTAR