BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ada yang Rela Mengorbankan Nyawa Demi Menonton El Clasico? Kluivert Punya Jawabannya

27-02-2019 10:30 | Richard Andreas

Barcelona Vs Real Madrid (c) AFP Barcelona Vs Real Madrid (c) AFP

Bola.net - Mantan pemain Barcelona, Patrick Kluivert dikenal sebagai pemain yang punya segudang pengalaman. Dia pernah membela Ajax Amsterdam, AC Milan, PSV dan beberapa klub besar lainnya. Di antara pengalamannya yang setumpuk itu, Kluivert mengakui El Clasico sebagai pertandingan yang paling spesial.

Kluivert membela Barcelona pada 1998-2004, tentu dia sudah melewati banyak El Clasico. Pengalaman Kluivert patut diperhitungkan. Dia menyebut El Clasico sebagai pertandingan penuh gengsi yang tidak ada tandingannya.

Kamis (28/2) dini hari WIB nanti, satu laga El Clasico kembali tersaji. Real Madrid akan menjamu Barcelona pada leg kedua (1-1) semifinal Copa del Rey. Santiago Bernabeu siap menyambut El Clasico.

Kluivert berpendapat bahwa siapa pun yang menyebut dirinya sebagai penggemar sepak bola pasti ingin menyaksikan El Clasico secara langsung. Baca komentar selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Rasa El Clasico

Pada El Clasico kali ini, Kluivert merasa Barca sedikit lebih unggul. Musim Barca berjalan lebih baik daripada Madrid. Barca juga masih memiliki Lionel Messi, salah satu pemain terbaik sepanjang masa. Namun, dia juga menyadari bahwa segala hal masih mungkin terjadi di El Clasico. Prediksi tidaklah penting.

"Menurut saya, Barcelona unggul beberapa langkah, tidak hanya karena mereka memimpin klasemen, tetapi mereka juga memiliki musim yang lebih baik dibandingkan Real Madrid. Tapi seperti yang kita ketahui, El Clásico hanyalah sebuah pertandingan. Apapun bisa terjadi. Di pertandingan sekelas El Clásico, pilihannya hanya dua, tim mendapatkan kesempatan untuk bersinar atau tidak. Jika tim tidak mendapatkan momen tersebut, maka itu baru menjadi masalah," kata Kluivert.

"Persaingan antara Real Madrid dan Barcelona sangat tinggi, tapi juga penuh hormat. Jika kamu melihat mereka sedang berlaga di lapangan, tentu saja ada rivalitas, tapi di akhir pertandingan, kamu juga akan menyaksikan bahwa mereka semua berjabat tangan. Banyak pemain internasional dari Barcelona atau Real Madrid yang merupakan rekan di Tim Nasional negara mereka masing-masing. Tapi saat El Clásico dimulai, mereka semua menjadi lawan."

2 dari 3 halaman

Rela Mati

Preview Real Madrid vs Barcelona (c) Bola.Net Preview Real Madrid vs Barcelona (c) Bola.Net

Lebih lanjut, Kluivert pernah menjalani beberapa laga hebat penuh sejarah, seperti Feyenord vs Ajax di Belanda atau AC Milan vs Inter Milan di Italia. Namun, baginya tidak ada yang setara dengan El Clasico. Dia bahkan berani menjamin banyak fans sepak bola di Spanyol yang rela mati untuk menonton El Clasico.

"Saya telah bermain di beberapa liga. Tapi El Clásico adalah pertandingan yang mengubah dunia. Sebelumnya, saya pernah bermain di Inter Milan-AC Milan, Feyenoord-Ajax... dan juga yang lainnya. Tapi semua orang mengetahui El Clasico. Jika ada yang menyebut laga itu disini, atau di belahan dunia lainnya, semua orang pasti mengetahuinya. Ketika kamu bermain di El Clásico, media pasti sudah memberitakan hal tersebut bahkan beberapa minggu sebelum laga dimulai," lanjut dia.

"Merupakan suatu hal yang menakjubkan dapat tergabung dalam laga ini. Jika Anda bertanya kepada penggemar sepak bola manapun di Spanyol apakah mereka ingin menonton El Clásico atau tidak, mereka pasti akan menjawab bahwa mereka rela mati untuk mendapatkan kesempatan menonton pertandingan tersebut."

"Menang dan mencetak gol di Bernabéu merupakan hal terindah. Saya rasa saya pernah mencetak dua atau tiga gol di Bernabéu, dan itu adalah hal yang luar biasa bagi saya," tandas dia

3 dari 3 halaman

Berita Video

Berita video Big Match tentang pertandingan yang mempertemukan Real Madrid menghadapi Barcelona dalam leg kedua semifinal Copa del Rey.

KOMENTAR