Ada yang Ingat? Ini Deretan Momen Terbaik Lionel Messi Selama Memperkuat Barcelona

Aga Deta | 4 Mei 2020, 11:00
Ekspresi Lionel Messi pasca membobol gawang Eibar pada hari Sabtu (22/2/2020) (c) AP Photo
Ekspresi Lionel Messi pasca membobol gawang Eibar pada hari Sabtu (22/2/2020) (c) AP Photo

Bola.net - Lionel Messi merupakan salah satu pemain terhebat yang pernah dimiliki Barcelona. Messi bisa dibilang tidak bisa dipisahkan dari kesuskesan El Barca belakangan ini.

Sejauh ini, pemain berjuluk La Pulga itu sudah menyumbang 627 gol dan 261 assist untuk Barcelona di berbagai ajang. Khusus di pentas La Liga, Lionel Messi sudah membukukan 438 gol, sekaligus menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Sementara itu, gelar yang sudah dipersembahkan Messi untuk Barcelona ialah sebanyak 34 trofi. Dari 34 gelar tersebut, empat di antaranya merupakan trofi prestisius, Liga Champions.

Melihat fakta tersebut, wajar tentunya jika Lionel Messi kerap diidentikan dengan Barcelona, begitu juga sebaliknya. Apalagi Messi sudah menjadi bagian Blaugrana sejak menimba ilmu di akademinya, La Masia.

Perlahan La Pulga terus menunjukkan kapasitasnya melalui penampilan dan gol-golnya. Gol pertama Lionel Messi lahir saat bersua Albacete di Camp Nou, pada 1 Mei 2005.

Messi berhasil membobol gawang Albacete setelah menerima umpan lambung dari Ronaldinho. Gol tersebut tentunya sangat spesial karena menjadi awal lahirnya 627 gol Messi bersama Los Cules.

Kendati demikian, momen tersebut bukanlah satu-satunya yang terindah. Ada sejumlah momen indah Messi sejak membela tim senior pada musim 2004-2005.

Berikut ini ini 5 momen terindah Lionel Messi bersama Barcelona seperti dilansir Ronaldo.com.

1 dari 5 halaman

1. Lionel Messi Cetak 5 Gol di Liga Champions

Lionel Messi mampu membukukan lima gol saat Barcelona menang dengan skor 7-1 atas Bayern Leverkusen pada babak 16 besar Liga Champions 2011-2012.

Hal tersebut menjadikan Messi sebagai satu-satunya pemain yang bisa mencetak lima gol dalam 90 menit. Hingga kini, catatan tersebut belum ada yang bisa memecahkannya di Liga Champions.

"Malam yang luar biasa," kata Messi

"Saya senang mencetak lima gol, dan yang lebih penting tim ini menang dengan meyakinkan. Saya tidak menyadari pada saat itu saya jadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam pertandingan Liga Champions," tambahnya.

2 dari 5 halaman

2. Hattrick Pertama Lionel Messi

Lionel Messi berhasil mencetak hattrick untuk yang pertama kalinya bersama Barcelona saat laga melawan Real Madrid, 10 Maret 2007. Kala itu, Messi baru berusia 19 tahun dan merupakan orang kedua yang mencetak tiga gol dalam laga El Clasico.

Gol ketiga Messi pada menit-menit akhir, memaksa Real Madrid menerima hasil imbang 3-3.

"Perasaan yang menyenangkan bisa mencetak tiga gol melawan Real Madrid," ujar Lionel Messi.

"Mencetak hattrick sangat luar biasa dan itu bahkan lebih istimewa karena terjadi pada laga El Clasico," tambahnya.

3 dari 5 halaman

3. Cetak Gol Solo Run Lawan Getafe

Lionel Messi pernah mencetak gol spektakuler ke gawang Getafe pada semifinal Copa del Rey 2006-2007. Messi melakukan solo run menggiring bola dari tengah lapangan dan mengecoh sejumlah pemain Getafe sebelum mencetak gol.

"Untuk gol melawan Getafe, saya membawa bola dari garis tengah dan menemukan banyak ruang di antara para bek," ujar Messi.

"Ketika sedang menguasai bola, saya tidak berpikir untuk mencetak gol. Saya hanya ingin ruang terbuka, dan terus muncul hingga saya bergerak menuju area penalti," tambahnya.

"Saya tak berhenti bertemu mereka ketika saya terus maju. Saya tidak berpikir untuk mencetak gol sampai saya benar-benar melakukannya," tandasnya.

4 dari 5 halaman

4. Gelar Liga Champions Pertama

Sejauh ini Lionel Messi sudah empat kali merasakan juara Liga Champions bersama Barcelona. Gelar pertama mungkin menjadi yang spesial bagi Messi, yakni saat El Barca menang 2-0 atas Manchester United pada 2009.

Laga puncak tersebut semakin istimewa karena Messi ikut menyumbang satu gol. La Pulga berhasil menuntaskan umpan silang Xavi Hernandez melalui sundulan yang gagal dijangkau Edwin van der Sar.

"Sulit membayangkan bahwa saya mencetak gol dengan sundulan. Sementara di dekat saya berdiri Rio Ferdinand, tetapi saya tidak benar-benar mendapat penjagaan. Alhasil, bola datang ke tengah dan saya ada di sana untuk menyambutnya," kata Leo.

"Pada saat-saat bola berada di udara dari umpan silang Xavi, saya membayangkan akan mencetak gol ini, dan saya bersyukur kepada Tuhan itu terjadi," tambahnya.

"Itu merupakan gol yang sangat penting. Sejauh ini gol tersebut masih menjadi satu di antara favorit saya," tandasnya.

5 dari 5 halaman

5. Gol ke-500 Lionel Messi untuk Barcelona

Lionel Messi mencetak dua gol untuk Barcelona pada duel El Clasico melawan Real Madrid musim 2016-2017. Dua gol Messi membuat Barcelona menang 3-2 pada laga di Bernabeu tersebut.

Tak hanya membawa Barcelona menang pada pertandingan tersebut, ternyata dua gol Lionel Messi tersebut menjadi yang ke-500 untuk Blaugrana.

Gol kedua Lionel Messi terjadi sangat dramatis. Karena tercipta pada menit-menit akhir dan memastikan raihan tiga poin. Setelah mencetak gol tersebut, La Pulga tampak begitu emosional dan melakukan selebrasi dengan cara melepas jerseynya untuk dibentangkan.

"Saya mencetak dua gol hebat melawan Real Madrid di Bernabeu, dengan gol kedua datang pada menit terakhir untuk memenangkan pertandingan," kata Messi

"Dan kemudian Anda memiliki fakta bahwa itu adalah gol ke-500 saya untuk Barcelona," tambahnya.

“Itu adalah gol yang memberi kami motivasi untuk terus berjuang dan mencoba memenangkan liga. Kami pantas memenangkan pertandingan ini, dan itu adalah momen yang emosional bagi semua Barcelonistas," tandasnya.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Faozan Tri Nugroho/Editor Hendry Wibowo
Published: 4 Mei 2020

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR