BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

7 Pemain Bertahan Terbaik Barcelona Sepanjang Masa, Siapa Idola Bolaneters?

12-04-2020 12:22 | Asad Arifin

Carles Puyol (c) AFP Carles Puyol (c) AFP

Bola.net - Barcelona dikenal dengan sepak bola dengan gaya titi-taka yang orientasi utamanya adalah menyerang. Namun, dalam sejarah klub, ada banyak pemain bertahan tangguh yang pernah membela klub asal Catalan.

El Barca bisa dikatakan sangat menikmati kejayaan sejak bursa transfer 2010-an. Barcelona mampu memenangi tujuh gelar La Liga, lima trofi Copa del Rey, dan dua kali juara Liga Champions.

Khusus Liga Champions, El Barca sudah meraih lima gelar. Raihan tersebut menjadikan Barcelona sebagai pengoleksi terbanyak keempat setelah Real Madrid, AC Milan, dan Liverpool.

Rentetan prestasi yang diraih Los Cules tersebut pastinya tak lepas dari peran para pemainnya, mulai dari lini belakang hingga depan. Khusus lini bertahan, banyak bek hebat yang pernah merasakan bermain di Barcelona.

Kendati demikian, tak semua pemain penghuni lini belakang tersebut berhasil bersinar di Camp Nou.

Di sisi lain, ada pemain bertahan yag mampu menampilkan sinar terangnya hingga masuk daftar deretan penyerang terbaik yang dimiliki Barcelona sepanjang masa.

Siapa saja pemain tersebut? Berikut ini Bola.com merangkumnya dari Soccergator, tujuh bek terbaik Barcelona sepanjang masa.

1 dari 7 halaman

7. Rafael Marquez

Rafael Marquez (c) Campodeportivo Rafael Marquez (c) Campodeportivo

Rafael Marquez merupakan pemain yang terampil dan bisa diandalkan. Marquez memperkuat Barcelona selama tujuh tahun dengan mencatatkan 242 pertandingan.

Marquez juga ikut mengantarkan El Barca meraih empat gelar liga dan dua trofi Liga Champions.

2 dari 7 halaman

6. Jordi Alba

Jordi Alba. (c) AP Jordi Alba. (c) AP

Jordi Alba merupakan pemain belakang yang tak hanya piawai dalam bertahan, tapi juga bagus saat menyerang. Tak jarang Alba mampu memberikan umpan akurat berujung gol untuk lini depan Barcelona.

Bersama Los Cules, Jordi Alba sudah mempersembahkan lima trofi La Liga dan empat piala Copa del Rey. Alba juga menjadi bagian El Barca saat meraih treble pada 2014-2015.

3 dari 7 halaman

5. Ronald Koeman

ronald koeman (c) Ist ronald koeman (c) Ist

Ronald Koeman mulai bergabung dengan Barcelona pada 1989. Koeman ikut menjadi bagian dalam Dream Team bersama Johan Cruyff.

Meski berposisi sebagai bek, Koeman juga bagus dalam urusan mencetak gol. Total 102 gol dicetak Koeman selama enam musim memperkuat Barcelona.

Gelar-gelar yang direngkuh Koeman selama berkostum El Barca ialah La Liga sebanyak lima kali, Copa del Rey sekali dan Piala Super Spanyol tiga kali.

4 dari 7 halaman

4. Gerard Pique

Gerard Pique (c) AP Gerard Pique (c) AP

Gerard Pique merupakan pemain lulusan akademi Barcelona, La Masia. Namun, Pique hengkang ke Manchester United pada 2004 dan baru kembali ke Camp Nou empat tahun kemudian.

Bersama Barcelona, Pique sudah mencatatkan 456 penampilan selama sembilan musim lebih. Sepanjang kurun waktu tersebut, Pique mampu memenangi dua gelar La Liga, Satu Copa del Rey dan tiga trofi Liga Champions.

5 dari 7 halaman

3. Eric Abidal

Eric Abidal (c) AFP Eric Abidal (c) AFP

Eric Abidal dikenal bek dengan fisik yang kuat dan memiliki kecepatan. Selama berkostum Barcelona, Abidal mampu mempersembahkan dua gelar Liga Champions, empat trofi La Liga dan dua Copa del Rey.

Pada 2011, Abidal sempat absen karena masalah kesehatan yang menyerang bagian hati. Kemudian, Abidal baru kembali ke skuad El Barca pada 2013.

6 dari 7 halaman

2. Dani Alves

Dani Alves (c) AFP Dani Alves (c) AFP

Dani Alves bergabung dengan Barcelona dari Sevilla pada 2008. El Barca harus mengeluarkan 35 juta euro untuk memboyong bek sayap asal Brasil tersebut.

Selama delapan tahun membela panji Barcelona, Alves mampu merengkuh 24 trofi berbeda. Adapun trofi bergengsi yang pernah diraih ialah Liga Champions sebanyak tiga kali, enam gelar La Liga, empat Copa del Rey, 5 kali juara Piala Super Spanyol dan Piala Super Eropa sebanyak 4 kali.

7 dari 7 halaman

1. Carles Puyol

Carles Puyol berpose dengan Trofi Liga Champions di Surabaya dalam rangkaian acara UEFA Champions League Presented by Heineken pada hari Rabu (13/3). (c) Heineken Carles Puyol berpose dengan Trofi Liga Champions di Surabaya dalam rangkaian acara UEFA Champions League Presented by Heineken pada hari Rabu (13/3). (c) Heineken

Carles Puyol merupakan pemain Barcelona dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi. Selama satu dekade Puyol menjabat sebagai kapten tim klub asal Catalan tersebut.

Kemudian selama berkostum El Barca, Puyol mampu memenangkan enam gelar La Liga serta tiga trofi Liga Champions.

Disadur dari Bola.com: 11 April 2020

Penulis: Faozan Tri Nugroho/Editor: Yus Mei Sawitri

KOMENTAR