BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pemain Kunci yang Bisa Antar Barcelona Kalahkan Real Madrid di El Clasico

23-10-2020 12:56 | Asad Arifin

La Liga, Barcelona vs Real Madrid (c) Bola.net La Liga, Barcelona vs Real Madrid (c) Bola.net

Bola.net - El Clasico jilid satu akan berlangsung di stadion Camp Nou, Sabtu (24/10/20). Baik Barcelona dan Real Madrid baru saja merasakan kekalahan pertamanya di La Liga musim 2020/2021 ini.

Barcelona dikalahkan Getafe dan Real Madrid dikalahkan Cadiz, bedanya Barcelona langsung bangkit di partai selanjutnya sedangkan Madrid malah menerima kekalahan beruntun. Barcelona bangkit di laga Liga Champions dan berhasil meraih kemenangan mencolok 5-1 atas Ferencvaros.

Laga terakhir yang berbanding terbalik tersebut yang membuat Barcelona berada di atas angin untuk menyambut El Clasico. Barcelona tentu berhasrat memperburuk situasi Real Madrid, terlebih Blaugrana bermain di kandangnya sendiri.

Maka menjadi wajib hukumnya untuk Barcelona menghindari kekalahan di Camp Nou dari Real Madrid yang sedang terseok-seok. Laga ini pun menjadi penting untuk sang pelatih Barcelona, Ronald Koeman karena ini adalah El Clasico pertamanya.

Ronald Koeman di laga ini nampaknya tidak perlu takut karena di Barcelona ada beberapa pemain yang bisa dijadikan kunci kemenangan tim. Setidaknya ada lima pemain yang kini bisa diharapkan magisnya melawan Real Madrid.

Siapa saja pemain tersebut? berikut namanya.

1 dari 5 halaman

Gerard Pique

Gerard Pique tertunduk lesu setelah Barcelona dikalahkan Bayern Munchen 2-8 di perempat final Liga Champions 2019-20. (c) AP Photo Gerard Pique tertunduk lesu setelah Barcelona dikalahkan Bayern Munchen 2-8 di perempat final Liga Champions 2019-20. (c) AP Photo

Jika ingin merusak suasana hati pemain Real Madrid, Koeman tidak perlu bingung harus mengerahkan siapa, karena ada Gerard Pique. Bek yang kini berusia 33 tahun ini tahu betul caranya mengaduk-aduk perasaan pemain Real Madrid.

Tak jarang perkataan Pique di luar pertandingan kerap memancing emosi pemain Real Madrid. Sedangkan di lapangan, Gerard Pique juga paling tahu caranya meredam penyerang-penyerang Real Madrid

Pique merupakan sosok senior yang masih menjadi sosok sentral dan tidak tergantikan di skuad utama. Musim ini Gerard Pique telah tampil full di empat laga Barcelona, dan memiliki rataan akurasi umpan yang baik (92 persen) serta clearance per pertandingan mencapai 3.8.

2 dari 5 halaman

Ansu Fati

Penyerang muda Barcelona, Ansu Fati. (c) AP Photo Penyerang muda Barcelona, Ansu Fati. (c) AP Photo

Ansu Fati merupakan senjata andalan baru Barcelona di musim ini. Penyerang berusia 17 tahun ini tidak pernah canggung dan telah tampil mengesankan di setiap laganya. Total Ansu Fati telah diturunkan Ronald Koeman sebanyak lima kali dan sukses mencetak empat gol serta dua assists.

Di laga kontra Real Madrid, Ansu Fati tentu bisa menjadi momok bek Real Madrid. Absennya Sergio Ramos pun nampaknya membuat tugas Ansu Fati mengacak-acak barisan pertahanan Real Madrid menjadi lebih mudah.

Di usianya yang masih muda, bukan tidak mungkin Ansu Fati bisa mengambil panggung El Clasico seperti yang pernah dilakukan Lionel Messi dulu.

3 dari 5 halaman

Sergio Busquets

Casemiro berebut bola dengan Sergio Busquets di laga El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona di Santiago Bernabeu, Senin (02/03/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Casemiro berebut bola dengan Sergio Busquets di laga El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona di Santiago Bernabeu, Senin (02/03/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Di lini tengah, Barcelona akan sangat membutuhkan pengalaman Sergio Busquets untuk membimbing pemain lain di El Clasico. Busquets memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membaca permainan lawan.

Sebagai gelandang yang bermain lebih ke dalam, Sergio Busquets juga mampu menghentikan serangan lawan. Statistik bertahannya di empat pertandingan La Liga pun baik dengan intersep 2.3 perlaganya dan 1.8 tekel per laga.

Sergio Busquets juga memiliki kemampuan distribusi bola yang bisa menjadi kunci penyerangan Barcelona. Di La Liga, Busquets memiliki akurasi umpan yang impresif sebesar 90 persen per laganya.

4 dari 5 halaman

Philippe Coutinho

Philippe Coutinho (c) AP Photo Philippe Coutinho (c) AP Photo

Di tangan Ronald Koeman, Philippe Coutinho berhasil menemukan performa terbaiknya kembali. Coutinho memiliki kemampuan yang lengkap untuk membantu penyerangan Barcelona.

Phillippe Coutinho bisa mencetak gol juga bisa memberikan assists untuk pemain-pemain lain. Dari lima laganya di semua kompetisi, Coutinho telah membukukan dua gol dan dua assists untuk Barcelona.

Pemain bernomor punggung 14 ini juga bisa diandalkan dengan kemampuan dribblingnya yang baik. Jika tim kesulitan masuk ke pertahanan lawan, tembakan jarah jauh Coutinho pun bisa diandalkan di pertandingan ini.

5 dari 5 halaman

Lionel Messi

Bintang Barcelona, Lionel Messi, dikepung pemain Getafe dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (18/10/2020). (c) AP Photo Bintang Barcelona, Lionel Messi, dikepung pemain Getafe dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (18/10/2020). (c) AP Photo

Real Madrid merupakan salah satu gawang favorit Lionel Messi, terbukti dengan rekornya di El Clasico. Lionel Messi merupakan pencetak gol terbanyak di laga ini, dengan raihan 26 gol kontra Real Madrid belum ada pemain yang bisa melewatinya.

Tidak hanya dalam bentuk gol, Lionel Messi juga menjadi momok Real Madrid dengan kontribusinya dalam memberikan assists (14 assists). Selama Lionel Messi membela Barcelona pun, Real Madrid telah kalah sebanyak 19 kali dan hanya menang 13 kali.

Musim ini Messi masih menjadi kunci dari Barcelona dan telah turun sebanyak lima kali. Di semua kesempatannya tersebut Messi memberikan dua gol dan tiga assists untuk Barcelona.

Sumber: berbagai sumber

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR