BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pelajaran Laga Real Madrid vs Real Sociedad: 'Dosa' Zidane Ubah Formasi di Babak Kedua

02-03-2021 08:11 | Asad Arifin

Aksi Isco di tengah kepungan lawan, Real Madrid vs Real Sociedad, La Liga 2020/21. (c) AP Photo Aksi Isco di tengah kepungan lawan, Real Madrid vs Real Sociedad, La Liga 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Rangkaian kemenangan Real Madrid harus terhenti ketika menjamu Real Sociedad pada pekan ke-25 La Liga, Selasa (2/3/2021) dini hari WIB. Madrid hanya mendapatkan satu poin usai bermain imbang 1-1.

Real Madrid tertinggal lebih dulu pada duel di Stadion Alfredo Di Stefano tersebut. Sociedad mencetak gol pada menit ke-55 dari aksi Portu. Madrid baru membalas lewat gol Vinicius Junior pada menit ke-89.

Hasil ini tentu saja tidak cukup bagus untuk Madrid. Sebab, bukan hanya gagal melanjutkan tren kemenangan, Madrid kini tertinggal lima poin dari Atletico Madrid di klasemen sementara La Liga.

Lantas, pelajaran apa yang bisa dipetik dari duel Real Madrid vs Real Sociedad? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Tumpul

Absennya Karim Benzema terbukti menjadi masalah pelik bagi Real Madrid. Los Blancos terbukti tidak punya solusi yang tepat untuk bisa mencetak gol. Mariano Diaz tidak bisa menjadi jawaban atas masalah ini.

Real Madrid melepas 20 shots sepanjang laga, tetapi hanya dua yang tepat sasaran. Catatan statistik yang teramat buruk bagi klub sekelas Real Madrid.

Madrid tidak pernah mencetak lebih dari dua gol pada tujuh laga terakhir.

2 dari 5 halaman

'Dosa' Zinedine Zidane

Walau minim peluang berbahaya, Real Madrid sejatinya bermain cukup dominan pada babak pertama. Madrid nampak nyaman dengan formasi 4-3-3 yang diterapkan Zidane.

Namun, pada awal babak kedua, Zidane mengubah formasi menjadi tiga bek. Zidane membiarkan Ferland Mendy lebih ke depan dan Casemiro turun sebagai bek tengah.

Perubahan itu menjadi 'dosa' bagi Zidane. Sebab, Sociedad kemudian mencetak gol dari celah yang ditinggal Mendy. Zidane kembali pada formasi 4-3-3 setelah 15 menit babak kedua berjalan.

3 dari 5 halaman

Bagaimana Performa Isco?

Zinedine Zidane memainkan Isco sejak menit awal. Terlepas dari performa Isco yang belum cukup bagus, Zidane tidak punya banyak pilihan kecuali memainkan eks pemain Malaga itu pada posisi winger kanan.

Isco kemudian ditarik keluar pada menit ke-61 dan digantikan Vinicius Junior.

Isco bermain cukup bagus pada babak pertama. Isco membuat empat kreasi peluang. Hanya saja, aksi-aksi Isco tidak mendapat dukungan yang tepat dari para pemain depan. Dari sisi fisik, Isco nampak belum cukup bugar untuk bermain 90 menit.

4 dari 5 halaman

2 Pemain Veteran Real Sociedad

Portu menjadi bintang bagi Real Sociedad. Dia mencetak satu-satunya gol Sociedad ke gawang Madrid. Namun, ada dua pemain Sociedad lain yang tampil cukup bagus.

David Silva, walau tidak tampil penuh, menjadi sosok yang amat vital. Silva membuat lini tengah Sociedad bermain cukup stabil.

Lalu, ada Nacho Montreal yang tampil apik dengan assist untuk gol Portu. Pemain 35 tahun sangat solid ketika bertahan. Dia membuat Marco Asensio tidak punya banyak ruang di sisi kanan lini serang Madrid.

5 dari 5 halaman

Sedikit Kabar Baik

Hasil imbang melawan Sociedad memang buruk bagi Real Madrid. Akan tetapi, ada sedikit kabar baik yang diterima Zinedine Zidane dari laga tersebut. Sebab, ada sejumlah pemain yang sembuh dari cedera.

Fede Valverde kembali bermain usai cedera yang cukup lama. Rodrygo juga sudah sembuh dan siap memberi opsi lain bagi Zidane di lini depan ketika Karim Benzema masih cedera.

Zidane kini punya lebih banyak opsi untuk menyusun starting XI jelang laga derby melawan Atletico Madrid akhir pekan nanti.

Sumber: Marca, Squawka

KOMENTAR