BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran Laga Barcelona vs Athletic Bilbao: Pasrahkan Semuanya Pada Lionel Messi

24-06-2020 09:02 | Asad Arifin

Lionel Messi mendapat pengawalan ketat pada laga pekan ke-31 La Liga 2019/2020 melawan Athletic Bilbao (24/6/2020) (c) AP Photo Lionel Messi mendapat pengawalan ketat pada laga pekan ke-31 La Liga 2019/2020 melawan Athletic Bilbao (24/6/2020) (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona menang dengan skor 1-0 atas Athletic Bilbao pada laga pekan ke-31 La Liga 2019/2020, Rabu (24/6/2020) dini hari WIB. Gol kemenangan klub asal Catalan dicetak Ivan Rakitic pada menit ke-71.

Bermain di Camp Nou, Barcelona nampak kesulitan menembus pertahanan Bilbao. Pasukan Gaizka Garitano bermain sangat solid. Namun, aksi gemilang Yeray dan kolega bocor juga pada menit 71.

Bagi Barcelona, kemenangan ini sangat penting. Sebab, mereka telah membalas kekalahan pada dua laga sebelumnya melawan Bilbao di musim 2019/2020. Bilbao menyingkirkan Barcelona dari Copa del Rey.

Selain itu, kemenangan juga membawa Barcelona ke puncak klasemen sementara La Liga dengan 68 poin. Los Cules kembali unggul tiga poin dari Real Madrid, yang belum memainkan laga pekan ke-31 melawan Mallorca.

Lantas, pelajaran apa yang bisa dipetik dari duel Barcelona vs Athletic Bilbao? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

1. Griezmann, the Next Coutinho?

Antoine Griezmann gagal membantu Barcelona menang (c) AP Photo Antoine Griezmann gagal membantu Barcelona menang (c) AP Photo

Antoine Griezmann terus menjadi sorotan atas kiprahnya di Barcelona. Sebelum duel melawan Bilbao, pemain asal Prancis disebut bertengkar dengan Lionel Messi di sesi latihan dan harus dipisah Quique Setien.

Griezmann dimainkan sejak menit awal di laga melawan Bilbao, tetapi tidak memberi kesan yang bagus. Dia sempat punya peluang bagus usai menerima umpan Lionel Messi, tetapi tidak menjadi gol.

Griezmann digantina Ansu Fati pada menit ke-65. Pemain 28 tahun gagal mencetak gol dalam enam laga beruntun di La Liga. Apakah Griezmann bakal gagal seperti Philippe Coutinho?

2 dari 5 halaman

2. Pembuktian Ivan Rakitic

Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao 1-0 di Camp Nou, Rabu (24/6/2020) (c) AP Photo Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao 1-0 di Camp Nou, Rabu (24/6/2020) (c) AP Photo

Ivan Rakitic sempat diragukan bakal punya tempat di lini tengah Barcelona. Bahkan, klub sempat hendak menjualnya pada bursa transfer Januari 2020 lalu. Namun, Ivan Rakitic menolak pindah.

Pemain asal Kroasia lebih sering tampil sebagai pengganti pada musim 2019/2020, termasuk di laga kontra Bilbao. Ivan Rakitic dimainkan pada menit ke-64 menggantikan Sergio Busquets.

Ivan Rakitic kemudian mencetak gol pada menit ke-71. Ini menjadi gol pertamanya di La Liga musim 2019/2020.

3 dari 5 halaman

3. Pasrahkan pada Lionel Messi

Bintang Barcelona, Lionel Messi (c) AP Photo Bintang Barcelona, Lionel Messi (c) AP Photo

Entah apa yang terjadi andai tidak ada Lionel Messi di skuad Barcelona. Lagi-lagi La Pulga menunjukkan daya magisnya untuk memberikan tiga poin untuk klub asal Catalan.

Lionel Messi tidak mencetak gol, tetapi dia punya peran besar dalam proses gol Ivan Rakitic. Lionel Messi lah yang memulai alur serangan. Dia berjuang keras menembus pertahanan Bilbao, hingga memberi assist untuk Rakitic.

Lionel Messi sangat dominan dalam semua aksi serangan. Dia menjadi pemain paling sering melepas shots [7] dan melewati lawan [10]. Barca nampaknya memasrahkan semua tugas menyerang pada Lionel Messi.

4 dari 5 halaman

4. Gerard Pique yang Solid

Gerard Pique (c) AP Gerard Pique (c) AP

Satu hal yang luput dari pengamatan atas aksi Barcelona adalah Gerard Pique. Bek 33 tahun terus tampil solid. Termasuk di laga melawan Bilbao. Gerard Pique membawa gawang Barcelona tidak kebobolan.

Gerard Pique selalu bermain pada empat laga Barcelona setelah La Liga 2019/2020 dimulai kembali. Klub asal Catalan pun tidak pernah kebobolan.

Gerard Pique tetap bermain bagus, siapa pun rekan duetnya. Duet ideal Gerard Pique adalah Clement Lenglet, tetapi dia juga bisa tampil solid ketika bermain dengan pemain muda Ronald Araujo.

5 dari 5 halaman

5. Kehilangan Sergio Busquets

Gelandang Barcelona Sergio Busquets (tengah) dalam pertandingan melawan Real Madrd di Santiago Bernabeu, Senin, (2/2/20) dini hari WIB. (c) AP Photo Gelandang Barcelona Sergio Busquets (tengah) dalam pertandingan melawan Real Madrd di Santiago Bernabeu, Senin, (2/2/20) dini hari WIB. (c) AP Photo

Sergio Busquets mendapat kartu kuning pada menit ke-32 pada laga kontra Bilbao. Bagi pemain 31 tahun, itu adalah kartu kuning ke-10 yang diterimanya pada musim 2019/2020 di pertandingan La Liga.

Artinya, Sergio Busquets bakal absen di laga selanjutnya karena akumulasi kartu. Sergio Busquets tidak bisa bermain saat Barcelona berjumpa Celta Vigo, 27 Juni 2020 mendatang di Balaidos.

Absennya Sergio Busquets bakal menjadi pekerjaan sulit bagi Quique Setien. Sebab, sejak ditunjuk sebagai pelatih Barcelona, Setien sangat tergantung pada Sergio Busquets di lini tengah.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR