BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pelajaran Duel Sociedad vs Barcelona, Messi dan Blaugrana Kirim Peringatan untuk Para Rival

22-03-2021 10:30 | Dimas Ardi Prasetya

Aksi Lionel Messi di laga Real Sociedad vs Barcelona di Anoeta, Senin (22/03/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo Aksi Lionel Messi di laga Real Sociedad vs Barcelona di Anoeta, Senin (22/03/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona berpesta gol saat berduel melawan Real Sociedad di Anoeta, Senin (22/03/2021) dini hari WIB.

Barcelona bertandang ke markas Sociedad di pekan ke-28 La Liga 2020-21. Awalnya skuat Imanol Alguacil mampu memberikan perlawanan yang alot kepada tim asuhan Ronald Koeman.

Namun mereka tak mampu menahan gempuran Barca terus menerus. Pada menit ke-37, Antoine Griezmann sukses membuka keunggulan Blaugrana. Diikuti kemudian oleh gol Sergino Dest pada menit ke-43.

Pada menit ke-53, Dest kembali mencetak gol dan membuat Blaugrana unggul 0-3. Tiga menit kemudian, Lionel Messi ikut mencetak gol, diikuti kemudian oleh Ousmane Dembele pada menit ke-71.

Ander Barrenetxea berhasil membalas satu gol pada menit ke-77. Namun Messi bisa menambah satu gol lagi pada menit ke-89. Real Sociedad pun harus pasrah dibekuk 1-6 oleh Barcelona.

Dari pertandingan ini, apa saja pelajaran yang bisa dipetik? Simak ulasannya di bawah ini Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Selamat, Sergino Dest!

Sergino Dest sudah bermain bagi Barcelona sebanyak 21 kali di pentas La Liga. Tapi, ia tak kunjung menyumbangkan gol bagi klub Catalan tersebut.

Dest sebelumnya sudah berhasil pecah telur bagi Barca di Liga Champions. Tepatnya di laga lawan Dinamo Kiev.

Pada akhirnya anak Paman Sam ini berhasil menciptakan gol di laga lawan Real Sociedad ini. Dengan demikian ia bisa pecah telur juga di pentas La Liga.

Tak cuma itu, Dest juga mencatatkan dirinya sebagai pemain ketiga asal Amerika yang berhasil mencetak gol di pentas La Liga. Ia mengikuti jejak Jozy Altidore dan Yunus Musah.

Selain itu, Dest langsung mencatatkan rekor lainnya. Ia jadi pemain Amerika pertama yang mencetak brace di La Liga.

2 dari 5 halaman

Tentang Alexander Isak

Real Sociedad mengandalkan Alexander Isak di lini serangnya. Sebelum laga ini namanya cukup sering disebut di kolom gosip media-media Eropa. Pemain asal Swedia itu dikabarkan diincar banyak sejumlah klub besar Eropa. Di antaranya Juventus, Borussia Dortmund, AC Milan, hingga Barcelona.

Di laga lawan Barcelona ini, Isak memang tak mencetak gol. Namun ia menunjukkan sekilas alasan mengapa ia diincar oleh tim-tim tersebut.

Ia tak beruntung tak bisa mencetak gol. Sebab dua peluang emasnya semuanya digagalkan oleh kesigapan Ter Stegen.

Yang pertama pada menit ke-24. Akselerasinya dan kelincahannya membuat lini belakang Barca kelabakan. Namun tendangan keras kaki kanannya dari dalam kotak penalti gagal berbuah gol.

Lalu pada menit ke-39, ia kembali mendapat peluang lagi. Kali ini juga dengan tendangan keras kanannya dari ujung kotak penalti. Namun lagi-lagi, Ter Stegen bisa menahannya dengan tangan kanannya.

Di sepanjang laga itu, menurut catatan Whoscored, ia melepas dua tendangan dengan akurasi 100 persen. Ia juga mencatatkan satu keypass dan tiga dribel sukses. Isak juga melepas dua long ball yang akurat serta dua umpan silang dengan akurasi 50 persen.

Jika bermain di tim yang tepat, Alexander Isak, yang disebut sebagai The New Ibrahimovic, kemungkinan besar bakal meledak. Musim ini saja bersama Sociedad ia telah berhasil mengemas 12 gol dari 24 laga di La Liga, plus dua assist.

3 dari 5 halaman

Peringatan Barcelona untuk Para Rival

Kemenangan atas Real Madrid ini membuat Barcelona kini telah memenangi lima laga terakhirnya di liga secara beruntun. Total, mereka tak pernah kalah dalam 18 pertandingan terakhirnya di pentas La Liga.

Kemenangan ini juga membuat Barcelona mengikuti jejak dua rivalnya. Real Madrid sebelumnya menang 3-1 atas Celta Vigo, sementara Atletico Madrid menang 1-0 atas Alaves.

Jelasnya dibandingkan dua rival itu, Barcelona meraih kemenangan yang jauh lebih meyakinkan. Pasukan Ronald Koeman berhasil menang dengan menampilkan permainan yang ciamik, khususnya pada babak kedua.

Kemenangan itu sendiri membuat Barcelona meraih 62 poin dari 28 laga. Mereka terpaut empat poin saja dari Atletico di pucuk klasemen dan unggul dua angka dari Madrid di posisi ketiga.

Blaugrana kini jelas memberikan tekanan yang luar biasa besar pada Los Rojiblancos. Jika Atletico terpeleset, mereka siap-siap saja bakal digusur Barcelona sementara bagi Madrid, mereka kini akan terbebani oleh tuntutan agar bisa tampil lebih baik secara konsisten.

4 dari 5 halaman

Hadiah Ultah yang Sempurna

Jelang duel Real Sociedad vs Barcelona tersebut, ada tiga orang yang merayakan ulang tahunnya. Ada Jordi Alba yang merayakan hari jadinya yang ke-32.

Ada juga Antoine Griezmann yang ultah ke-30. Sementara itu pelatih mereka Ronald Koeman berusia 58 tahun.

Alba merayakan ultahnya pada 21 Maret. Demikian juga dengan Griezmann dan Koeman.

Alba tampil ciamik di laga tersebut. Ia berhasil mencatatkan dua assist untuk Sergino Dest dan Lionel Messi. Sementara itu Griezmann mencetak gol pembuka bagi Barcelona.

Bagi Ronald Koeman, ia pasti makin bahagia. Sebab taktik anyarnya makin solid dan membuat Messi cs bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya baik secara individual maupun kolektif.

5 dari 5 halaman

Messi yang Makin Gacor

Lionel Messi mencatatkan rekor baru di pertandingan ini. Ia resmi tampil sebanyak 768 laga dan itu artinya ia berhasil memecahkan rekor penampilan terbanyak di Barcelona yang sebelumnya dipegang oleh Xavi.

Messi tak sekadar mencatatkan rekor baru. Ia juga tampil apik di pertandingan ini dengan mencatatkan dua gol plus satu assist untuk Sergino Dest.

Gol pertamanya didapat melalui umpan terukur Sergio Busquets. Sementara gol kedua tercipta dari kerjasama tim yang apik dengan finishing yang sempurna.

Penampilan itu seakan membuat Lionel Messi kini telah mengatakan pada para rival bahwa ia kini sudah menemukan performa terbaiknya. Sementara itu dengan tambahan dua gol lawan Real Sociedad ini, Messi kini telah mengemas 23 gol di pentas La Liga bagi Barcelona dan ia menjadi top skor liga, unggul empat gol atas pesaing terdekatnya, Luis Suarez.

(WhoScored/Sportskeeda/Opta)

KOMENTAR