BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pelajaran Duel Barcelona vs Real Sociedad: Blaugrana Mulai Kembali ke Jalur Juara

17-12-2020 09:48 | Ari Prayoga

Skuad Barcelona merayakan gol Jordi Alba ke gawang Real Sociedad, La Liga 2020/21. (c) AP Photo
Skuad Barcelona merayakan gol Jordi Alba ke gawang Real Sociedad, La Liga 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona sukses mengalahkan Real Sociedad dengan skor tipis 2-1 dalam partai tunda La Liga 2020/21 yang digelar di Camp Nou, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB.

Tuan rumah sejatinya sempat tertinggal lebih dulu usai Willian Jose membobol gawang Marc-Andre ter Stegen. Namun, setelah itu Barcelona mampu menunjukkan kebangkitan.

Setelah menyamakan kedudukan berkat gol cantik Jordi Alba, Barcelona berbalik unggul lewat gol Frenkie de Jong meski sempat dianulir dan kemudian kembali disahkan oleh VAR.

Beberapa poin penting pun bisa diambil dari kemenangan yang diraih Barcelona kala menjamu Real Sociedad ini. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Buah Taktik Ronald Koeman

Berbeda dengan laga-laga sebelumnya, dalam laga ini Ronald Koeman memasang formasi 4-3-3 dan membuat Frenkie de Jong lebih aktif membantu serangan.

Barcelona pun tampil sangat dominan, khususnya di babak pertama. Meski sempat kebobobolan, tetapi tuan rumah mampu membalikkan keadaan sebelum turun minum.

Menariknya, dua gol Barcelona lahir bukan dari para penyerang mereka, melainkan dari Jordi Alba yang aktif membantu serangan dari sisi kiri serta De Jong yang kini bermain lebih naik.

2 dari 5 halaman

Performa Apik Jordi Alba

Salah satu faktor utama mengapa Barcelona bisa mengalahkan Sociedad adalah karena performa impresif yang ditunjukkan Jordi Alba di sisi kiri.

Selain mencetak gol lewat tembakan melengkung menggunakan kaki kanan, Alba juga turut berperan mengirim crossing yang disempurnakan menjadi gol kedua oleh De Jong,

Tak hanya itu, Alba juga aktif meneror pertahanan Sociedad dan hampir membuat assist di babak kedua, sayang penyelesaian akhir Antoine Griezmann gagal menjadi gol.

3 dari 5 halaman

Lionel Messi Sang Inspirator

Meski tak mencatatkan namanya di papan skor, akan tetapi Lionel Messi tetap menjadi inspirator kemenangan Barcelona lewat performa apiknya sepanjang pertandingan.

Messi yang lebih banyak bergerak dari lini kedua berulang kali membuat barisan pertahanan Sociedad kelabakan ketika mencoba menghentikan pergerakan La Pulga.

Dilihat dari statisitik, Messi sangat impresif dengan empat kali melakukan dribble sukses, dan melepas tiga tembakan serta dua umpan kunci.

4 dari 5 halaman

Duet Lini Belakang Impresif

Dalam laga ini, Koeman membuat keputusan berani nan mengejutkan dengan memasang duet bek muda di lini belakang, yakni Ronald Araujo dan Oscar Mingueza.

Secara luar biasa, Araujo dan Mingueza pun sukses membayar kepercayaan Koeman lewat performa meyakinkan dan solid dalam laga melawan tim yang mengandalkan high pressing.

Araujo sendiri dipercaya bermain selama 90 menit penuh, sedangkan Mingueza tampil hingga menit ke-79 sebelum digantikan Clement Lenglet.

5 dari 5 halaman

Kembali ke Jalur Juara

Kemenangan atas Sociedad melesatkan Barcelona ke peringkat lima di tabel klasemen. Blaugrana masih tertinggal enam angka dari tiga tim teratas.

Masih memiliki tabungan satu pertandingan, Barcelona jelas memiliki peluang sangat terbuka untuk kembali menyodok ke papan atas dan meramaikan persaingan juara.

Setelah sempat tertatih-tatih di awal musim, Barcelona kini mulai menemukan jalan mereka dan siap merebut kembali trofi La Liga musim lalu diraih Real Madrid.

KOMENTAR