BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran Dari Laga Real Betis vs Real Madrid: Formasi 4-3-1-2 Pilihan Zidane

27-09-2020 05:21 | Asad Arifin

Real Madrid merayakan gol Fede Valverde ke gawang Real Betis di pekan ketiga La Liga 2020/2021 (c) AP Photo Real Madrid merayakan gol Fede Valverde ke gawang Real Betis di pekan ketiga La Liga 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memilih tidak memainkan satu winger pun di laga melawan Real Betis. Pria asal Prancis itu tampil dengan formasi 4-3-1-2 dengan duet Karim Benzema dan Luka Jovic di lini depan.

Real Madrid menjalani laga tandang melawan Real Betis pada pekan ketiga La Liga 2020/2021, Minggu (27/9/2020) dini hari WIB. Los Blancos menang dengan skor 2-3 pada laga di Estadio Benito Villamarin.

Real Madrid unggul cepat lewat gol Fede Valverde. Namun, Betis balik unggul sebelum babak pertama usai dari gol Aissa Mandi dan William Carvalho. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1.

Real Madrid berjuang keras di babak kedua. Gol bunuh diri Emerson dan penalti Sergio Ramos membuat Madrid menang dengan skor 2-3.

Laga ini menyisakan sejumlah catatan. Real Madrid belum tampil dengan potensi terbaiknya dan Zidane membuat perubahan dari sisi formasi. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Formasi Pilihan Zinedine Zidane

Karim Benzema pada laga Real Betis vs Real Madrid pada pekan kedua La Liga 2020/2021 (c) AP Photo Karim Benzema pada laga Real Betis vs Real Madrid pada pekan kedua La Liga 2020/2021 (c) AP Photo

Zinedine Zidane memakai formasi 4-3-3 di laga melawan Real Sociedad pekan lalu. Ketika itu, Madrid kesulitan mencetak gol. Winger Real Madrid tidak bekerja dengan baik dan lini tengah kesulitan membuat peluang.

Zidane mengubah formasi saat bersua Real Betis. Luka Jovic dan Karim Benzema berduet di lini depan. Lalu, ada Martin Odegaard di belakang keduanya. Zidane tampil dengan formasi 4-3-1-2. Madrid pun sempat kesulitan di babak pertama.

Formasi ini membuat Madrid cukup kuat di lini tengah. Hanya saja, secara individu, beberapa pemain tidak tampil bagus. Odegaard dan Toni Kroos menunjukkan performa di bawah standar pada laga babak pertama.

2 dari 5 halaman

Performa Luka Jovic

Real Madrid merayakan gol Fede Valverde ke gawang Real Betis di pekan ketiga La Liga 2020/2021 (c) AP Photo Real Madrid merayakan gol Fede Valverde ke gawang Real Betis di pekan ketiga La Liga 2020/2021 (c) AP Photo

Zidane mendapat sorotan tajam saat tidak memainkan Luka Jovic di laga melawan Sociedad. Kali ini, Zidane memainkan penyerang asal Serbia sejak menit awal. Hanya saja, Luka Jovic tidak tampil cukup bagus.

Luka Jovic bahkan digantikan Borja Mayoral pada menit ke-72 karena sulit mendapat peluang. Luka Jovic tidak mampu melepaskan satu pun shots sepanjang laga. Namun, dia punya beberapa pergerakan yang bagus.

Belum terlambat bagi Zidane jika ingin melakukan evaluasi pada kinerja Luka Jovic. Bursa transfer masih dibuka dan Zidane masih punya beberapa opsi jika ingin melepas Luka Jovic dan membawa pemain baru.

3 dari 5 halaman

Peran Sergio Ramos

Sergio Ramos merayakan golnya pada laga Real Betis vs Real Madrid pada pekan kedua La Liga 2020/2021 (c) AP Photo Sergio Ramos merayakan golnya pada laga Real Betis vs Real Madrid pada pekan kedua La Liga 2020/2021 (c) AP Photo

Real Madrid lagi-lagi bertumpu pada Sergio Ramos untuk memastikan raihan tiga poin. Sergio Ramos seolah menjadi penyerang kedua bagi Real Madrid, setelah Karim Bezema, seperti yang terjadi musim lalu.

Sergio Ramos menunjukkan kekuatan mental yang luar biasa sebagai pemain berpengalaman. Dia dengan tenang melakukan penalti panenka. Sebelum itu, tendangan bebas Sergio Ramos pun hampir menjadi gol.

Hanya saja, Sergio Ramos juga perlu melakukan evaluasi. Duetnya dengan Raphael Varane kebobolan dua gol pada laga ini. Real Madrid beberapa kali juga berada dalam tekanan Betis.

4 dari 5 halaman

Emerson Kartu Mati Real Betis

Real Betis tidak bermain buruk. Tim racikan Manuel Pellegrini itu mampu menciptakan banyak momen sulit bagi Real Madrid. Namun, mereka punya satu kartu mati di lini belakang yakni Emerson.

Bek asal Brasil itu tampil di bawah performa. Pada menit ke-48, Emerson membuat gol bunuh diri dan Madrid menyamakan kedudukan. Pada menit ke-67, pemain 21 tahun mendapat kartu merah dari wasit.

Setelah Emerson keluar, Betis pun mulai kesulitan meladeni serangan Real Madrid. Mereka kalah jumlah pemain dan tidak bisa leluasa dalam membangun serangan seperti di babak pertama.

5 dari 5 halaman

3 Poin Pertama Real Madrid

Real Madrid memulai musim 2020/2021 dengan lambat. Pada pekan pertama, Madrid bermain imbang 0-0 melawan Real Sociedad. Kini, Madrid harus susah payah meraih kemenangan atas Real Betis.

Yap, Real Madrid memang kesulitan tetapi pada akhirnya mereka meraih tiga poin. Bagi Madrid, hasil ini punya arti penting. Sebab, pekan ini Barcelona juga mulai bermain dan persaingan menuju gelar juara sudah dimulai.

Secara khusus, kemenangan atas Real Betis punya arti penting bagi Real Madrid. Sebab, ini adalah kemenangan ke-100 dalam karir Zidane sebagai pelatih Real Madrid.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR