5 Pelajaran dari Kekalahan Barcelona Kontra Villarreal: Xavi Punya PR Seabrek untuk Musim Depan

Ari Prayoga | 23 Mei 2022, 07:53
Ekspresi kekecewaan Sergio Busquets cs dalam laga Barcelona vs Villarreal, Senin (23/5/2022) (c) AP Photo
Ekspresi kekecewaan Sergio Busquets cs dalam laga Barcelona vs Villarreal, Senin (23/5/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona harus menelan kekalahan 0-2 kala menjamu Villarreal dalam partai La Liga 2021/22 jornada terakhir yang digelar di Camp Nou, Senin (23/5/2022) dini hari WIB.


Dua gol kemenangan Villarreal di markas Barcelona masing-masing dicetak oleh Alfonso Pedraza di babak pertama dan Moi Gomez di babak kedua.

Berkat hasil ini, Villarreal pun sukses mengamankan satu tiket menuju UEFA Europa Conference League musim depan, sedangkan Barcelona finis di peringkat dua klasemen.

Sejumlah pelajaran bisa dipetik dari laga ini. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 6 halaman

Barcelona Sudah Pikirkan Liburan

Duel Barcelona vs Villarreal di Camp Nou, Senin (23/5/2022) (c) AP Photo

Harus diakui, permainan Barcelona pada laga ini sangat jauh dari kata impresif. Pierre-Emerick Aubameyang cs terlihat seperti sudah memikirkan liburan.

Barcelona memang mendominasi permainan dari sisi penguasaan bola dan kreasi peluang. Namun, dari 14 tembakan yang dilepas pemain Barca, hanya tiga yang tepat sasaran.

2 dari 6 halaman

Kejutan Villarreal

Alfonso Pedraza merayakan gol dalam laga Barcelona vs Villarreal, Senin (23/5/2022) (c) AP Photo

Berstatus sebagai semifinalis Liga Champions musim ini, Villarreal tampil mengejutkan publik Camp Nou dengan taktik pressing ketat yang mereka terapkan.

Tak hanya kokoh di lini belakang, Villarreal juga sukses mencetak dua gol di akhir babak pertama dan awal babak kedua untuk membawa pulang poin penuh.

3 dari 6 halaman

Nasib Adama Traore

Aksi Adama Traore dalam laga Barcelona vs Villarreal, Senin (23/5/2022) (c) AP Photo

Salah satu pemain Barcelona yang bermain tidak dalam performa terbaiknya kali ini adalah Adama Traore. Meski kerap menyisir sisi kanan pertahanan lawan, akan tetapi hampir semua pergerakannya tak ada yang efektif.

Penampilan ini jelas semakin membuat Barca tak memiliki keinginan untuk mempermanenkan status Traore dan mengembalikannya ke Wolverhampton.

4 dari 6 halaman

Musim Barcelona

Aksi Pierre-Emerick Aubameyang dalam laga Barcelona vs Villarreal, Senin (23/5/2022) (c) AP Photo

Meski gagal meraih satu pun gelar juara, Barcelona sepertinya tetap puas dengan hasil musim ini, jika melihat bagaimana perjalanan mereka dari awal musim.

Dimulai ketika harus kehilangan Lionel Messi dan mengalami krisis finansial, Barca terpuruk di bawah asuhan Ronald Koeman.

Manajemen Barcelona pun bergerak cepat dengan memecat Koeman dan menunjuk Xavi sebagai pengganti. Ditambah aktivitas di jendela transfer Januari, performa Barca semakin meningkat.

5 dari 6 halaman

PR Xavi

Pelatih Barcelona, Xavi (c) AP Photo

Xavi bisa dibilang meraih kesuksesan di awal kariernya sebagai pelatih Barca, dengan membawa timnya dari papan tengah klasemen menuju finis sebagai runner-up.

Meski demikian, Xavi tetap memiliki pekerjaan rumah (PR) seabrek untuk musim depan, mulai dari rapuhnya lini belakang, kemungkinan ditinggal sejumlah bintang, hingga kedalaman skuad.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR