BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran dari Barcelona vs Elche: Sempat Lupa Cara Menyerang, tapi Akhirnya Menang 3-0

25-02-2021 09:47 | Gia Yuda Pradana

Lionel Messi di laga Barcelona vs Elche (c) AP Photo Lionel Messi di laga Barcelona vs Elche (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona menjamu Elche dalam laga tunda pekan ke-1 La Liga 2020/21, Kamis (25/2/2021). Barcelona sukses mengamankan kemenangan 3-0 di Camp Nou.

Lionel Messi membuka keunggulan Barcelona di menit 48, kemudian menggandakannya di menit 69. Jordi Alba lalu mencetak gol ketiga Barcelona di laga ini pada menit 73.

Ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari laga ini. Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Cuma Dua Tembakan di Babak Pertama

Francisco Trincao (kiri) di laga Barcelona vs Elche (c) AP Photo Francisco Trincao (kiri) di laga Barcelona vs Elche (c) AP Photo

Di babak pertama, Barcelona mendominasi penguasaan bola mencapai 67%. Namun, Barcelona seolah lupa caranya menyerang.

Pasalnya, dengan penguasaan bola sebesar itu, Barcelona hanya bisa menembak dua kali. Dua tembakan Barcelona di babak pertama itu semuanya dilepaskan oleh Trincao, yakni menit 1 dan 19.

Dua tembakan Trincao itu tepat mengarah ke gawang, tapi semuanya bisa dinetralisir oleh kiper Edgar Badia.

2 dari 5 halaman

Berubah di Babak Kedua

Barcelona vs Elche (c) AP Photo Barcelona vs Elche (c) AP Photo

Barcelona berubah setelah jeda. Barcelona tetap dominan dalam hal penguasaan bola, tapi serangan mereka jadi lebih berbahaya.

Serangan-serangan Barcelona juga lebih efektif di babak kedua. Barcelona menembak tujuh kali di babak kedua. Tiga di antaranya tepat sasaran, dan ketiga-tiganya bersarang di gawang lawan.

Lionel Messi memborong dua gol, sedangkan Jordi Alba menyarangkan satu gol. Martin Braithwaite menyumbang dua assist, sementara Frenkie de Jong merancang satu assist.

Barcelona akhirnya menang tiga gol tanpa balas.

3 dari 5 halaman

Messi yang Rajin Mencetak Gol

Lionel Messi (c) AP Photo Lionel Messi (c) AP Photo

Lionel Messi pun tercatat selalu mencetak gol dan/atau assist dalam empat penampilan terakhirnya untuk Barcelona di semua kompetisi.

Ketika Barcelona menang 5-1 menjamu Deportivo Alaves (14/2/2021), Messi menyumbang dua gol dan satu assist.

Ketika kalah 1-4 menjamu PSG di leg pertama babak 16 besar Liga Champions (17/2/2021), satu-satunya gol Barcelona dicetak oleh Messi.

Ketika ditahan imbang Cadiz 1-1 di Camp Nou (21/2/2021), satu-satunya gol Barcelona juga dicetak oleh Messi.

Kali ini, Messi melanjutkan goalscoring streaks itu dengan dua gol ke gawang Elche.

4 dari 5 halaman

Messi Memimpin Daftar Top Skor

Lionel Messi (c) AP Photo Lionel Messi (c) AP Photo

Lionel Messi sudah mencetak 18 gol dalam 22 penampilan untuk Barcelona di La Liga musim ini. Selain 18 gol, dia juga telah menyumbang tiga assist.

Messi pun kini memimpin daftar top skor sementara La Liga 2020/21.

Messi sementara unggul dua gol atas Luis Suarez (Atletico Madrid), empat gol atas Gerard Moreno (Villarreal), dan lima gol atas Youssef En-Nesyri (Sevilla). Sementara itu, Karim Benzema (Real Madrid) dan Alexander Isak (Real Sociedad) berbagi tempat di posisi lima dengan torehan masing-masing 12 gol.

5 dari 5 halaman

Alihkan Fokus ke Dua Laga Beruntun vs Sevilla

Barcelona (c) AP Photo Barcelona (c) AP Photo

Dalam dua laga sebelum ini, yang juga digelar di Camp Nou, Barcelona dihajar PSG 1-4 dan ditahan Cadiz 1-1. Dua hasil minor itu membuat Barcelona dibanjiri kritikan.

Andai menjamu Elche mereka juga gagal menang, apalagi sampai kalah, atmosfer di skuad Barcelona mungkin jadi lebih berantakan. Namun, itu tidak terjadi. Elche sukses mereka kalahkan.

Memang ini cuma Elche, tapi bagi Barcelona yang sangat membutuhkan kemenangan, hasil tersebut membuat mereka bisa bernapas lega. Tekanan pun sedikit berkurang.

Dengan demikian, Barcelona bisa lebih percaya diri menatap dua laga berikutnya melawan satu tim yang sama, yakni Sevilla.

Barcelona akan main tandang kontra Sevilla dalam lanjutan kompetisi La Liga (27/2/2021). Setelah itu, Barcelona akan menjamu Sevilla dalam duel leg kedua babak semifinal Copa del Rey (4/3/2021). Barcelona sudah kalah 0-2 di leg pertama.

KOMENTAR