BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Kekalahan dalam 26 Pertandingan, Barcelona 'Patahkan Rekor' 16 Tahun

04-03-2020 13:40 | Richard Andreas

Gelandang Barcelona Sergio Busquets (tengah) dalam pertandingan melawan Real Madrd di Santiago Bernabeu, Senin, (2/2/20) dini hari WIB. (c) AP Photo Gelandang Barcelona Sergio Busquets (tengah) dalam pertandingan melawan Real Madrd di Santiago Bernabeu, Senin, (2/2/20) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Tidaklah wajar bagi Barcelona untuk menelan lima kekalahan di La Liga hanya dalam 26 pertandingan. Catatan buruk itu tercipta musim 2019/20 ini setelah 16 tahun tidak pernah terjadi.

Inkonsistensi jadi masalah utama Barca sejak awal musim, yang berujung pada pemecatan Ernesto Valverde. Di La Liga, Lionel Messi dkk. telah merangkai 17 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 5 kekalahan.

Catatan itu sebenarnya tidak terlalu buruk. Barca masih bisa menduduki peringkat kedua klasemen sementara dengan 55 poin, hanya tertinggal satu poin dari Real Madrid di puncak.

Namun, jika bicara soal riwayat klub, torehan 5 kekalahan itu terbilang negatif. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

16 Tahun Berlalu

Menukil Sport, terakhir kali Barca menelan 5 kekalahan hanya dalam 26 pertandingan terjadi pada musim 2003/04 lalu, dengan Frank Rijkaard di kursi pelatih. Faktanya, musim itu mereka menderita enam kekalahan secara keseluruhan.

Di bawah Pep Guardiola, Tito Vilanova, Tata Martino, Luis Enrique, dan dua musim Ernesto Valverde, angka buruk itu tidak pernah tercipta. Barca tidak pernah kalah sebanyak itu dalam satu musim La Liga.

Sayangnya, musim ini di bawah Valverde dan Quique Setien, Barca sudah lima kali takluk. Dimulai dari kekalahan di San Mames kontra Athletic Bilbao (0-1), di Granada (0-2), Levante (1-3), Valencia (0-2), dan Real Madrid (1-2).

Sebagai perbandingan, musim lalu setelah menempuh 26 pertandingan, Barca hanya dua kali merasakan kekalahan.

2 dari 2 halaman

Masih Lebih Buruk Lagi

Lima kekalahan itu masih bisa lebih buruk lagi jika menghitung kekalahan dari Atletico Madrid (2-3) di Supercopa de Espana dengan Valverde sebagai pelatih. Lalu, kekalahan 0-1 dari Athletic Bilbao di Copa del Rey bersama Quique Setien.

Setelah 26 pertandingan, 5 kekalahan, ini merupakan catatan terburuk Barca sejak era Rijkaard lalu dalam satu musim La Liga. Barca bisa jadi sedang memasuki perubahan era.

Terbukti, musim-musim lalu Barca masih begitu kuat. Pada musim 2017/18 saja mereka nyaris melaju tidak terkalahkan, yang sayangnya harus menodai rekor tersebut karena meneelan kekalahan di laga terakhir ketika gelar juara sudah dipastikan.

Sumber: Sport

KOMENTAR