BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Hal Tentang Luka Modric: Sempat Menjadi Transfer Terburuk La Liga pada 2012

27-05-2020 14:43 | Asad Arifin

Gelandang Real Madrid, Luka Modric (c) AP Photo Gelandang Real Madrid, Luka Modric (c) AP Photo

Bola.net - Luka Modric tidak diragukan lagi akan dikenang sebagai legenda bagi Real Madrid. Namun, siapa sangka pada musim pertamanya di Real Madrid dia dianggap pembelian terburuk tim La Liga.

Luka Modric mencuat saat tampil bagus di klub Dinamo Zagreb. Luka Modric lantas dibeli Tottenham pada 2008 dengan harga 21 juta euro. Luka Modric meraih tiga gelar juara Liga Kroasia bersama Dinamo Zagreb.

Empat musim bermain untuk Tottenham, Luka Modric dilirik Real Madrid. Agustus 2018, Real Madrid membayar 30 juta euro untuk membeli Luka Modric. Sang pemain mengganti uang tersebut dengan empat gelar Liga Champions.

Luka Modric juga punya karir apik di timnas Kroasia. Luka Modric punya 127 caps bersama timnas dan membawa Kroasia menjadi finalis Piala Dunia 2018. Luka Modric punya tujuh gelar Pemain Terbaik Kroasia dalam karirnya.

2018 menjadi puncak karir Luka Modric. Sebab, dia membawa Real Madrid juara Liga Champions dan Kroasia ke final Piala Dunia. Luka Modric kemudian juga mendapatkan Ballon d'Or 2012.

Di balik karir gemilang pemain 34 tahun, ada banyak cerita unik baik soal karir atau kehidupan pribadinya. Simak lima hal tentang Luka Modric di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Tumbuh Sebagai Pengungsi

Luka Modric (c) AFP Luka Modric (c) AFP

Tumbuh selama Perang Yugoslavia pada awal 1990-an, ia secara tragis kehilangan kakeknya akibat konflik dan menjadi pengungsi dengan keluarganya yang terpaksa meninggalkan kota asal mereka.

Dia tumbuh di hotel - sebagian besar di Hotel Kolovare, di Zadar - dan pertama kali belajar bermain sepak bola di ruang parkir hotel.

2 dari 5 halaman

Dibidik Barcelona pada 2008

Gelandang Real Madrid, Luka Modric, usai mencetak gol ke gawang Valencia di Supercopa de Espana (9/1/2020). (c) AP Photo Gelandang Real Madrid, Luka Modric, usai mencetak gol ke gawang Valencia di Supercopa de Espana (9/1/2020). (c) AP Photo

Pada tahun 2008 silam ia digadang-gadangkan akan bergabung dengan raksasa Catalonia tersebut.

Ia bahkan memberikan wawancara kepada sebuah koran Spanyol Mundo Deportivo dan ia menyebutkan bahwa ia ingin bermain bagi Barca, bahkan berpose dengan seragam klub tersebut, meskipun akhirnya Modric meninggalkan Dinamo Zagreb menuju Tottenham pada musim panas tahun 2008, dan akhirnya bergabung bersama Real Madrid tahun 2012.

3 dari 5 halaman

Debutnya di Real Madrid

Andres Iniesta vs Luka Modric (c) AFP Andres Iniesta vs Luka Modric (c) AFP

Setelah datang dari Tottenham pada bursa transfer musim panas 2012, gelandang tersebut melakukan penampilan perdananya di leg kedua Piala Super Spanyol melawan Barcelona di Bernabeu.

Dengan skor agregat sama kuat 4-4 saat ia menggantikan Mesut Ozil pada babak kedua, ia mengatur lini tengah selama waktu yang tersisa untuk memastikan hasil imbang dan membuat Real Madrid meraih gelar pembuka.

4 dari 5 halaman

Transfer Terburuk 2012

Luka Modric (c) PA Luka Modric (c) PA

Meskipun ia meraih gelar pertama pada debutnya bersama Real Madrid, Modric menghadapi awal yang rumit bagi klub ibukota tersebut.

Pertengahan musim 2012/13, ia bahkan didapuk sebagai pembelian terburuk LaLiga pada musim panas 2012, gelar yang cukup kasar mengingat ia telah melewatkan hampir semua pra-musim.

Sejak itu, ia telah menegaskan reputasinya sebagai salah satu pesepak bola terbaik serta telah membuktikan sebaliknya kepada orang yang meragukannya dengan memenangkan trofi demi trofi dan Ballon d’Or 2018.

5 dari 5 halaman

Momen Indah Piala Dunia 2018

Luka Modric (c) AFP Luka Modric (c) AFP

Luka Modric membawa Kroasia menuju final yang tak terduga melawan Prancis dan memenangkan Bola Emas sebagai pemain terbaik dalam turnamen tersebut.

Dengan tiga pertandingan babak gugur Kroasia mencapai babak tambahan (melawan Denmark, Rusia, dan Inggris) dan Modric selalu berada di lapangan, ia mengumpulkan waktu 694 menit di lapangan selama turnamen, melebihi pemain lainnya.

Sumber: La Liga

KOMENTAR