BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Fakta yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Tentang Arturo Vidal: Nyaris Jadi Korban Kebakaran

14-08-2020 13:00 | Richard Andreas

Arturo Vidal usai mencetak gol ke gawang Real Valladolid pada pekan ke-36 La Liga 2019/2020 (c) AP Photo Arturo Vidal usai mencetak gol ke gawang Real Valladolid pada pekan ke-36 La Liga 2019/2020 (c) AP Photo

Bola.net - Arturo Vidal merupakan salah satu gelandang andalan Barcelona musim ini. Dia selalu bisa diandalkan pada laga-laga sulit melawan tim besar.

Vidal punya gaya bermain yang berbeda dari pakem Barca, tapi justru itulah yang membuatnya spesial. Terkadang, pemain perusak ritme seperti Vidal memang dibutuhkan, bahkan oleh Barcelona dengan gaya bermain yang khas.

Vidal tiba di Barca tahun 2018 dan langsung jadi andalan Ernesto Valvede. Kini, di bawah Quique Setien, dia pun kembali jadi senjata rahasia yang bisa mengejutkan lawan-lawan Barca.

Gelandang berdarah Chile ini tak lagi muda, sudah 33 tahun. Namun, VIdal boleh berbangga diri saat mengenok kariernya ke belakang, dia pernah menjadi juara beruntun bersama Juventus, Bayern Munchen, dan kini Barcelona.

Selain itu, ada beberapa cerita menarik soal kehidupan Vidal pribadi dan kariernya. Penasaran seperti apa? Yuk scroll ke bawah, Bolaneters!

1 dari 5 halaman

1. Delapan gelar beruntun

Vidal memenangi gelar liga di setiap negara tempatnya bermain: tiga bersama Colo-Colo di Chili; empat gelar Serie A bersama Juventus; tiga gelar Bundesliga bersama Bayern Munich; dan LaLiga Santander 2018/19 bersama Barcelona.

Dalam kurun 2011-2019, ia memenangi delapan gelar beruntun di liga Italia, Jerman, dan Spanyol.

2 dari 5 halaman

2. Disukai Pep Guardiola

Arturo Vidal (c) AFPArturo Vidal (c) AFP

Vidal pernah berada dibawah asuhan Pep ketika bermain di Bayern Munich, dan Pep sangat menyukai gaya bermain Vidal.

Meskipun beberapa pihak tak melihat kecocokan antara gaya bermain Vidal dengan sistem bermain Pep, Vidal membuktikan bahwa opini mereka salah, dan Pep sering memuji kemampuan taktikal Vidal.

Guardiola juga menyukai determinasi Vidal: “Jika saya pergi berperang, saya ingin Vidal mendampingi saya,” kata Pep.

3 dari 5 halaman

3. Nyaris meninggal ketika masih kecil

Ketika Arturo masih kecil, ibunya, Jacqueline Pardo, menyelamatkan Vidal dan saudara-saudaranya dari kebakaran.

Vidal selalu memuji ibunya, bukan hanya karena ibunya menyelamatkannya dari kebakaran – Vidal juga sering berbicara bagaimana ibunya bekerja keras membersihkan lantai untuk membesarkan ia dan saudara-saudaranya.

4 dari 5 halaman

4. Rambut mohawk

Arturo Vidal. (c) AP PhotoArturo Vidal. (c) AP Photo

Vidal terkenal karena gaya rambut mohawknya, sebuah gaya rambut unik di dunia sepak bola.

Ia mengungkapkan bahwa ia terinspirasi dari mantan bintang Bayern Munich dan timnas Jerman, Christian Ziege, yang menggunakan gaya rambut tersebut di tahun 1990an dan memiliki gaya bermain agresif seperti Vidal.

Vidal berkata bahwa ia ingin meniru gaya tersebut, tapi juga memberikan sentuhan pribadinya dalam prosesnya.

5 dari 5 halaman

5. Sangat menyukai kuda

Selain sepak bola, Vidal juga sangat suka berkuda. Ketika masih kecil, ia mendapatkan uang jajan dari membersihkan kandang kuda.

Sekarang dia memiliki kandang kuda sendiri di Chile, dan memiliki hampir 50 ekor kuda balap di Club Hipico de Santiago, sebuah arena balap kuda di ibukota Chile.

Sumber: La Liga

KOMENTAR