BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Fakta yang Bikin Kamu Bangga Jadi Fans Real Madrid

31-03-2020 14:00 | Richard Andreas

Cristiano Ronaldo (c) AFP Cristiano Ronaldo (c) AFP

Bola.net - Real Madrid akan selalu jadi salah satu klub terbaik di dunia. Hanya segelintir klub besar yang bisa mencapai level sama dengan Los Blancos, khususnya soal koleksi trofi Eropa.

Madrid dibentuk pada 6 Maret 1902 dan sudah mengenakan kostum khas berwarna putih sejak awal. Madrid merupakan salah satu dari tiga klub penemu La Liga, mereka juga tidak pernah terdegradasi, bersama Athletic Bilbao dan Barcelona.

Madrid memulai kejayaan mereka pada tahun 1950 di Spanyol dan di Eropa. Mereka menjuarai Piala Eropa lima kali beruntun dan mencapai final dalam tujuh kesempatan. Kesuksesan ini berlanjut di La Liga dengan lima trofi dalam tujuh tahun.

Saat itu skuad Madrid dianggap legendaris, yang diisi oleh nama-nama besar seperti Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas, Francisco Gento, dan Raymond Kopa. Bahkan dua dari nama-nama tersebut (Puskas dan Kopa) disahkan jadi nama penghargaan gol terbaik dan pemain muda terbaik sampai saat ini.

Selain itu, setidaknya ada 5 hal penting yang bisa membuat fans Madrid bangga atas klub kesayangan mereka. Apa saja? Yuk baca selengkapnya di bawah ini, Bolaneters!

1 dari 5 halaman

Trofi Liga Champions Terbanyak

Real Madrid (c) AFPReal Madrid (c) AFP

Real Madrid masih jadi Raja Eropa yang sulit digulingkan rival-rival mereka. Los Blancos mulai bertakhta di pertengahan abad 20, yang kembali jadi raja di awal abad 21.

Sejauh ini Madrid mendominasi dengan 13 trofi kompetisi tertinggi Eropa, dahulu disebut European Champion Clubs' Cup, sekarang dikenal dengan nama Liga Champions.

Torehan itu masih yang paling banyak, unggul jauh dari rival-rival mereka. Terdekat ada AC Milan dengan koleksi 7 trofi, yang masih cukup jauh dari pencapaian Los Blancos.

Secara rinci, Madrid jadi juara Eropa pada musim: 1955-56, 1956-57, 1957-58, 1958-59, 1959-60, 1965-66, 1997-98
1999-00, 2001-02, 2013-14, 2015-16 2016-17, 2017-18.

2 dari 5 halaman

Juara Liga Champions 3 Musim Beruntun

Zinedine Zidane (c) UEFAZinedine Zidane (c) UEFA

Status Raja Eropa itu ditegaskan Madrid saat menjuarai Liga Champions dalam tiga musim beruntun. Pertama pada musim 2015/16, lalu 2016/17, dan 2017/18.

Sang raja yang paripurna. Bahkan Liverpool yang disebut tim terbaik Eropa dua musim terakhir gagal menyamai prestasi Madrid.

Ada nama Zinedine Zidane yang akan selalu dikenal atas keberhasilan itu. Zidane terbukti mampu memimpin skuad Madrid, mengelola skuad yang dipenuhi pemain top.

Sampai saat ini, belum ada yang bisa menyamai torehan Madrid menjuarai Liga Champions dalam tiga musim beruntun.

3 dari 5 halaman

Gelar Juara La Liga Terbanyak (33)

 (c) Real Madrid (c) Real Madrid

Los Blancos boleh jadi kesulitan bersaing dengan Barcelona di kompetisi domestik dalam 10-15 tahun terakhir. Namun, sampai saat ini Madrid masih berada di puncak koleksi trofi terbanyak.

Tercatat, sejak kompetisi La Liga resmi bergulir, Madrid telah mengoleksi 33 trofi, paling banyak dari tim mana pun. Torehan itu dilengkapi dengan catatan juara beruntun terbanyak.

Biar begitu, Madrid tidak boleh lengah. Barcelona terus mengejar, mulai mendekat. Zidane harus bisa membawa timnya jadi juara La Liga musim ini.

4 dari 5 halaman

Kemenangan Terbanyak dalam semusim (32)

Skuad Real Madrid merayakan kemenangan 4-0 atas Real Zaragoza di Copa del Rey. (c) twitter.com/realmadridSkuad Real Madrid merayakan kemenangan 4-0 atas Real Zaragoza di Copa del Rey. (c) twitter.com/realmadrid

Musim 2011/12, Madrid pernah mencapai level terbaiknya. Di bawah bimbingan Jose Mourinho, Madrid menyuguhkan sepak bola serangan balik yang memukau dan menyulitkan tim mana pun.

Mereka memecahkan sejumlah rekor pada musim itu, yang sebagian besar bertahan sampai saat in. Yakni kemenangan terbanyak dalam semusim (32), yang kemudian disamai Barca semusim berikutnya (2012/13).

Lalu ada catatan kemenangan tandang terbanyak dalam semusim (16), Jumlah poin terbanyak (100) -- juga disamai Barca, poin tandang terbanyak (50), lalu jumlah gol terbanyak dalam semusim liga (121).

5 dari 5 halaman

Pemain Top

Cristiano Ronaldo (c) AFPCristiano Ronaldo (c) AFP

Real Madrid punya hubungan istimewa dengan pemain-pemain top. Ada banyak nama hebat yang pernah dan masih membela Los Blancos, selalu berhubungan erat.

Sebut saja Alfredo Di Stefano, Paco Gento, Ferenc Puskas, Ronaldo Nazario, Roberto Carlos, Iker Casillas, Raul, Zinedine Zidane, Cristiano Ronaldo, Kaka, Sergio Ramos, dan kini Eden Hazard.

Tidak ada pemain yang lebih besar dari klub, benar, tapi Madrid selalu menemukan pemain-pemain top yang mau memberikan segalanya demi lambang di dada.

Sumber: Wikipedia

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Christopher Nkunku